Konspirasi Adalah Suatu Rencana dan Contoh Kasusnya yang Menghebohkan Dunia

Oleh Liputan6.com pada 14 Jan 2019, 23:50 WIB
Flat earth (8)

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang saat mendengar atau melihat kata konspirasi, yang terlintas pertama kali adalah terkait dengan sebuah teori atau biasa yang disebut dengan teori konspirasi. Namun, terlepas dari kata-kata teori, sebenarnya apa maksud dari konspirasi itu sendri?

Dari beberapa sumber yang berhasil dirangkum, artikel ini akan membahas pengertian dari konspirasi dan kemunculannya sebagai sebuah teori yang menghebohkan publik. Berikut penjelasannya.

Dua Warga Palestina Tewas Ditembak Tentara Israel
2 of 5

Pengertian Konspirasi Dari Berbagai Sumber

Menurut Kamus Besar Bahasa Indoensia atau KBBI, kata konspirasi adalah persekongkolan atau komplotan. Konspirasi adalah persekongkolan sekelompok orang dalam merencanakan sebuah kejahatan yang dilakukan dengan rapi dan sangat dirahasiakan. Pelaku konspirasi disebut dengan konspirator.

“konspirasi/kon·spi·ra·si/ n komplotan; persekongkolan”

Konspirasi dikerjakan secara mulus dan rapi sehingga orang tidak mengetahuinya sedikit pun. Hal ini yang membuat sulit untuk membuktikan konspirasi. Orang-orang mungkin hanya mampu menebak dan menduga-duga saja apa yang akan terjadi selanjutnya. Oleh karena itu, munculah teori konspirasi.

Menurut kamus Oxford atau oxford Dictionary, pengertian konspirasi adalah suatu rencana yang sifatnya rahasia yang dilakukan oleh sekelompok orang tertentu dengan tujuan illegal atau merugikan pihak-pihak tertentu.

“conspiracy (noun): A secret plan by a group to do something unlawful or harmful.”

Jadi, pengertian konspirasi adalah tindakan yang berusaha menjelaskan bahwa penyebab tertinggi dari satu atau serangkaian peristiwa (pada umumnya peristiwa politik, sosial, tragedi kemanusiaan serta sejarah) adalah suatu rahasia, dan seringkali memperdayai/mengaburkan dari fakta, direncanakan dan dilaksanakan secara diam-diam oleh sekelompok rahasia orang-orang atau organisasi yang sangat berkuasa dan berpengaruh.

3 of 5

Jenis Konspirasi

Dalam konspirasi terdapat empat jenis konspirasi, antara lain:

1. Conspiracy (civil) yaitu sebuah perjanjian yang dilakukan orang untuk menipu, menyesatkan atau menipu orang lain dari hak-hak hokum mereka atau untuk mendapatkan keuntungan sepihak.

2. Conspiracy (criminal) yaitu perjanjian antara orang-orang untuk melanggar hokum di masa depan.

3. Conspiracy (political) yaitu kesepakatan antara orang-orang dengan tujuan mendapatkan kekuatan politik atau memenuhi tujuan politik.

4. Hub-and-spoke conspiracy yaitu sebuah konspirasi di mana terdapat satu atau lebih konspirator utama yang melakukan perjanjian serupa dengan orang lain yang keberhasilannya tergantung dari orang-orang yang ia ajak dalam perjanjian.

4 of 5

Tujuan dari Dibentuknya Konspirasi

Tujuan dari konspirasi dibentuk tidak selalu sama. Tergantung dari kelompok–kelompok yang memiliki kepentingan yang ingin dicapai. Secara umum konspirasi dilakukan untuk menyalahkan suatu pihak atau untuk membuat suatu alasan.

Konspirasi adalah keadaan yang bisa terjadi mulai dari tingkatan paling bawah seperti lingkungan desa sampai pada tingkatan yang lebih tinggi negara, kawasan regional dan dunia. Seperti yang sudah dijelaskan diawal bahwa konspirasi adalah bentuk persekongkolan yang tersusun secara rapi dan tersembunyi sehingga sulit untuk mencari kebenarannya sebagai sebuah bukti. Orang-orang hanya akan sanggup menebak apa yang terjadi sebingga muncullah istilah teori konspirasi.

5 of 5

Kemunculan Konspirasi Sebagai Teori Yang Menghebohkan Masyarakat Dunia

Conspiracy Theory atau teori konspirasi adalah teori yang berusaha menjelaskan rencana-rencana atau fakta kejahatan yang sebenarnya terjadi dibalik peristiwa. Terkadang, teori konspirasi dengan mudah dibantah dan dianggap sebagai paranoia. Memang benar, sebagian besar teori konspirasi dianggap sebagai angin lewat biasa.

Acuan Oxford English Dictionary menyebutkan teori konspirasi sebagai "suatu terori bahwa kejadian atau gejala timbul sebagai hasil konspirasi antara pihak-phak yang berkepentingan, khususnya adanya suatu badan (biasanya bermotivasi politis dengan tujuan memberangus) yang bertanggungjawab atas kejadian yang tak terjelaskan."

Beberapa teori konspirasi berhasil menghebohkan masyarakat dunia dengan benar terjadi namun beberapa teori konspirasi adalah omong kosong dan dianggap angin lalu. Contoh dari teori konspirasi yang benar terjadi hingga popular sepanjang masa, antara lain:

Pembunuhan John F. Kennedy yang meninggal akibat tembakan keempat yang berasal dari semak belukar.

Pendaratan manusia di bulan yang sebagain tidak percaya dan itu semua hanya rekayasa NASA

Bumi itu datar yang muncul awal abad 19 dan popular kembali pada tahun 2004

Serangan teroris 9/11 di Amerika Serikat yang dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat sendiri

Kematian Putri Diana yang sengaja diatur oleh Istana untuk menyelamatkan muka keluarga Kerajaan Inggris

Karya William Shakespeare yang dtulis oleh sahabatnya, bukan dirinya sendiri

Kematian Marilyn Monroe yang bukan akibat dari overdosis obat tidur melainkan dibunuh oleh pihak keluarga Kennedy untuk merahasiakan perselingkuhannya dengan John dan Bobby Kennedy

Michael Jackson dan Elvis palsukan kematian

Kurt Cobain Bunuh diri

Kebanyakan teori konspirasi cepat dibantah, tapi ada yang terus menyebar. Hadirnya internet dan jejaring sosial justru membuat orang lebih mudah menyebarkan teori konspirasi dan mengembangkan kelompok pengikut.Kecenderungannya adalah bahwa orang percaya saja apa yang dibaca di internet dan tidak menyempatkan diri meneliti dan menemukan kebenaran. Hal demikian semakin sering terjadi dan tentunya akan menyelewengkan kebenaran, .

Reporter: Loudia Mahartika

Lanjutkan Membaca ↓