Sukses

Bikin Heboh, Maskapai Ini Jual Tiket Pesawat Eropa - Hong Kong Kelas 1 Rp 20 Jutaan

Tiket kelas satu di Cathay Pacific Airways dari Portugal ke Hong Kong dijual seharga US $ 1.512 atau sekitar Rp 20 jutaan alih-alih US $ 16.000 berkisar Rp 220 juta pada Minggu 13 Januari 2019.

Liputan6.com, Hong Kong - Cathay Pacific Airways menjual tiket murah untuk penerbangan ke New York yang hanya sekitar Rp 8 juta. Momen yang memicu kehebohan itu ternyata terjadi akibat kesalahan pada sistem penjualannya.

Kurang dari dua pekan, peristiwa serupa berulang. Situs web operator penerbangan tersebut kembali menjual tiket pesawat dengan harga miring sehingga lagi-lagi memicu kehebohan. Kali ini dengan rute dari Benua Eropa ke Hong Kong.

Bagaimana tidak, tiket kelas satu di Cathay Pacific Airways dari Portugal ke Hong Kong dijual seharga US $ 1.512 atau sekitar Rp 20 jutaan alih-alih US$ 16.000 atau berkisar Rp 220 juta pada Minggu 13 Januari 2019.

Seperti diberitakan South China Morning Post yang dikutip pada Minggu (13/1/2018), Cathay Pacific Airways menawarkan penerbangan satu arah dengan maskapai mitra dari Lisbon ke London, Zurich atau Frankfurt, dengan menghubungkan penerbangan Cathay Pacific dari titik itu ke Hong Kong. Maskapai-maskapai itu tidak mengoperasikan rute langsung antara Portugal dan Hong Kong.

Tetapi, sementara beberapa tiket dijual dengan tarif normal, sejumlah di antaranya justru dibanderol dengan diskon besar.

Misalnya, penerbangan pagi hari dari Lisbon ke Frankfurt, diikuti dengan penerbangan tengah hari di kelas satu Cathay ke Hong Kong, biayanya seharga US$ 16.000. Tetapi penerbangan tengah hari dari Lisbon ke London, diikuti oleh penerbangan sore hari di kelas satu Cathay, harganya hanya US$ 1.512.

Penjualan tiket Cathay Pacific dengan harga miring itu masih berlangsung hingga Minggu 13 Januari 2019 pukul 11.30 waktu lokal.

"Kami mengetahui adanya kesalahan pada beberapa tarif dari Eropa di situs web kami karena masalah input. Penjualan tarif seperti itu segera dihentikan," ujar seorang juru bicara Cathay dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan kemudian.

"Kami sedang mencari penyebab utama insiden ini baik secara internal maupun eksternal dengan vendor kami. Untuk sejumlah kecil pelanggan yang telah membeli tiket ini, kami berharap bisa menyambut Anda di atas pesawat untuk menikmati layanan premium kami."

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menjadi Pemberitaan Utama

Cathay menjadi berita utama di seluruh dunia pada Tahun Baru gara-gara menjual tiket dari Vietnam ke berbagai tujuan di Amerika Utara hanya dengan US$ 870 (sekitar Rp 12,2 juta) di kelas satu dan US$ 670 (berkisar Rp 9,4 juta) untuk kelas bisnis.

Para pemburu tiket dan pelancong pun memanfaatkan situasi tersebut, sementara pihak maskapai butuh lebih dari satu hari untuk mengakui kesalahan itu.

Pihak Cathay kemudian memutuskan untuk menghormati para pembeli yang telah membeli tiket dengan harga miring itu. Kendati demikian mereka mengatakan eror akibat dugaan kesalahan manusia itu dianggap merugikan perusaahaan hingga jutaan dolar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.