Sukses

5 Cara Agar Tetap Nyaman Saat Melakukan Penerbangan Jarak Jauh

Berikut cara yang bisa dilakukan seseorang agar tetap nyaman berada di dalam pesawat, saat ia melakukan penerbangan jarak jauh.

Liputan6.com, Jakarta - Penerbangan panjang dengan menggunakan pesawat untuk kelas ekonomi, dianggap melelahkan oleh banyak orang. Mereka mengaku bahwa mereka harus tetap duduk untuk waktu yang lama, tidur mereka jadi tidak berkualitas, dan jadwal makan hanya ditentukan oleh pramugari.

Namun, jika mereka benar-benar siap untuk melakukan penerbangan jarak jauh dengan pesawat kelas ekonomi, maka semua ketidaknyamanan kecil itu tidak akan membuat mereka merasa capek. 

Lalu, adakah cara agar penumpang pesawat tetap nyaman selama penerbangan jarak jauh? Berikut 5 triknya, seperti dikutip dari Bright Side, Jumat (11/1/2019).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Lakukan Yoga Ringan

Untuk melindungi kaki Anda dari pembengkakan dan mencegah sakit punggung, lakukan serangkaian gerakan yoga berikut, setidaknya setiap 2 jam selama penerbangan jarak jauh.

1. Kaitkan jari-jari Anda dan angkat kedua tangan Anda ke arah langit hingga lurus, lalu rentangkan tulang punggung Anda selama mungkin.

2. Pertahankan posisi ini, kemudian secara perlahan putar badan ke kanan, kembali ke tengah, dan putar ke sisi kiri. Ulangi 3-4 kali.

 

3 dari 6 halaman

2. Gunakan Alas Duduk

Jika Anda seorang penumpang pesawat yang berpengalaman, Anda mungkin tahu betapa pentingnya membawa bantal perjalanan (travel pillow) yang menopang leher Anda dan melindunginya dari cedera saat lepas landas atau turbulensi.

Namun, jika Anda ingin merasa sangat nyaman ketika terbang di kelas ekonomi, lebih baik Anda juga membawa serta alas duduk untuk digunakan ketika berada di dalam pesawat.

4 dari 6 halaman

3. Jaga Kebersihan Badan

Bahkan penerbangan yang Anda lakukan adalah jarak jauh, namun cobalah untuk tetap melakukan rutinitas harian Anda seperti menggosok gigi, cuci muka, dan jangan lupa untuk mengoleskan krim pelembab.

Semua kegiatan ini akan membuat Anda merasa lebih nyaman sebelum tidur, dan terbangun dengan wajah segar di pagi hari.

Perangkat penting pribadi Anda yang harus dibawa di kabin atas kursi Anda mencakup:

1. Sikat gigi dan odol

2. Pembersih tangan

3. Tisu sanitasi

4. Pelembab kulit dan bibir

5. Deodoran

Jangan memakai riasan apa pun selama penerbangan jarak jauh, agar kulit wajah Anda bebas dari sumbatan pori-pori atau jerawat.

5 dari 6 halaman

4. Bawa Botol Air Minum Kosong

Untuk mencegah sakit kepala dan kelelahan yang disebabkan oleh dehidrasi, Anda harus minum sekitar 8 ons air untuk setiap jam ketika berada di udara.

Meskipun Anda dapat meminta pramugari untuk membawakan Anda segelas air, namun Anda disarankan agar membawa botol kosong sendiri sebelum terbang.

Anda bisa mengisi botol ini di bandara atau ketika berada di pesawat.

6 dari 6 halaman

5. Buat Kaki Tetap Hangat

Anda tidak pernah tahu seperti apa suhu yang akan "menyambut" Anda selama berada di dalam pesawat. Suhu di beberapa burung besi bisa terlalu panas, namun ada juga yang terlalu dingin.

Agar mudah beradaptasi dengan perubahan suhu ini, selalu kenakan beberapa lapis pakaian. 

Setelah masuk ke dalam kabin, lepas sepatu Anda dan kenakan kaus kaki yang nyaman. Kedua benda ini akan menjaga kaki Anda hangat dan mencegah pembengkakan dengan memberi anggota tubuh ini ruang bernapas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.