Sukses

Jangan Lakukan 5 Hal ini ke Anak, Atau Anda Akan Menyesal

Apa yang orangtua lakukan, sekecil apapun akan merefleksikan sikap dan perilaku anak di masa mendatang. Berikut ini beberapa contoh kasusnya.

Liputan6.com, Jakarta - Cara orangtua dalam mendidik anak memang berbeda-beda. Bahkan, perlakuan terhadap sang buah hati juga memiliki perbedaan. Namun, sebagai orangtua Anda tidak terlalu boleh bersikap keras.

Sebab, mental anak akan terguncang. Apa yang orangtua lakukan, sekecil apapun akan merefleksikan sikap dan perilakunya di masa mendatang.

Bahkan, sejumlah hal ini kerap membuat para orangtua menyesal lantaran tidak melakukan beberapa hal baik ini.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Jumat (11/1/2019), berikut 5 penyesalan yang dilakukan orangtua kepada anak:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Orangtua Tak Membangun Komunikasi Baik dengan Anak

Seorang anak kecil akan mampu tumbuh dan berkembang dengan baik apabila mereka diajak berkomunikasi dengan baik oleh lingkungan organisme terkecil dalam kehidupan sosial, yaitu keluarga.

Para orangtua harus selalu memiliki waktu luang untuk anak. Apakah itu ibu atau ayah.

Namun, kedekatan itu tak semestinya dilakukan hanya untuk formalitas saja. Meski fisik bertemu namum secara mental tak terhubung, maka itu artinya sama percuma saja.

3 dari 6 halaman

2. Jarang Memeluk Anak

Peneliti mengungkapkan jika aktivitas berpelukan baik bagi kesehatan, apalagi itu dilakukan oleh orangtua kepada anak.

Berpelukan atau aktivitas memeluk baik untuk kesehatan moral dan fisik. Ada banyak keuntungan yang diperoleh dari aktivitas ini.

Namun terkadang, para orangtua tidak melakukan hal ini karena alasan yang berbeda-beda.

4 dari 6 halaman

3. Tidak Menyimpan Foto Bersama

Tentu saja, tidak ada hal buruk yang akan terjadi jika Anda tidak mengambil foto. Namun, dengan tidak adanya foto yang diambil bersama, maka seseorang akan sulit mengingat momen di masa depan.

Banyak orangtua benar-benar menyesal tidak menggunakan kamera lebih dari yang seharusnya.

 

5 dari 6 halaman

4. Tidak Melakukan Permainan Kreatif

Meski dianggap sepele, melakukan permainan kreatif seperti menggambar atau mewarnai adalah hal yang penting untuk tumbuh kembang anak, terutama kreativitasnya.

Tentunya, permainan kreatif ini bisa mengasah kemampuan mereka agar lebih peka pada lingkungan.

Biasanya, anak-anak yang sudah dilatih kreativitasnya ini akan mudah untuk menetukan masa depannya. Mulai dari jurusan yang akan diambil, dan jenis pekerjaan yang mereka ingin lakoni.

 

6 dari 6 halaman

5. Terlalu Keras pada Anak

Terlalu keras mendidik anak dianggap tidak terlalu baik. Sebab, mental seorang anak belum terlalu baik untuk ditempa terlalu keras.

Apa yang orangtua lakukan kepada anak-anaknya ini akan memberikan efek jangka panjang. Ketika tumbuh dewasa mereka bahkan bisa memperlakukan Anda dengan tidak baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.