Mau Hemat Uang Saat Belanja Online, Coba Terapkan 5 Trik Rahasia Ini

Oleh Afra Augesti pada 10 Jan 2019, 20:10 WIB
Ilustrasi uang ringgit Malaysia (AFP Photo)

Liputan6.com, California - Toko daring atau akrab dikenal sebagai online shop kian menjamur di era digital saat ini. Berbelanja via internet pun makin digandrungi orang-orang yang hidup di kota-kota besar di dunia.

Dengan adanya teknologi semacam ini, mereka tak perlu mengeluarkan tenaga, uang tunai, hingga waktu berlebih saat membeli segala sesuatunya. Sebab, transaksi bisa dilakukan melalui internet dan aplikasi perbankan yang bisa diunduh gratis di ponsel pintar.

Namun, sebagian besar dari kita beberapa kali membeli barang yang tidak dibutuhkan atau harganya tidak pas dengan "kantong". Dengan banyaknya opsi yang disediakan oleh online shop yang ada di banyak platform, kita kerap kurang teliti dalam merencanakan uang yang kita keluarkan.

Sebelum Anda membeli sesuatu yang baru secara online, ada baiknya Anda meperhatikan 5 trik rahasia berikut ini agar uang yang Anda gelontorkan untuk berbelanja tak sia-sia.

Berikut di antaranya, seperti dikutip dari Bright Side, Kamis (10/1/2019).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 of 6

1. Belanja di Antara Hari Selasa, Rabu, atau Kamis

Ilustrasi belanja Online
Ilustrasi belanja Online (iStockphoto)​

Cara terbaik untuk mendapatkan penawaran yang bagus adalah dengan mengetahui waktu dan tempat Anda harus belanja. Studi menunjukkan bahwa dari hari Selasa hingga Kamis adalah saat terbaik untuk berbelanja, sedangkan hari Minggu adalah hari yang "diharamkan".

Selain itu, November adalah bulan yang banyak penjualan besar-besaran, diikuti oleh penjualan pasca-Natal pada Januari. Merek yang tidak terkenal dan baru, lebih cenderung memberikan diskon lebih baik pada merek ternama.

3 of 6

2. Lebih Aman Bayar Pakai Kartu Kredit Dibandingkan Kartu Debit

Kartu Kredit
Ilustrasi Foto Kartu Kredit (iStockphoto)

Tahukah Anda bahwa pembayaran di online shop via kartu kredit jauh lebih aman daripada kartu debit? Pelapak biasanya mengembalikan uang melalui metode pembayaran yang Anda gunakan. Jika terjadi keterlambatan pengiriman atau jika produk berbeda dari yang Anda pesan, uang akan dikembalikan lebih cepat dari kartu debit.

Pastikan situs web di mana Anda bertransaksi adalah situs yang aman dan simpan bukti pembayaran (order invoice) dengan melakukan tangkapan layar (screenshot), untuk berjaga-jaga seandainya bank Anda perlu bukti.

4 of 6

3. Gunakan Opsi Obrolan Langsung untuk Minta Diskon

Orang belanja online
Ilustrasi Orang belanja online (iStockPhoto)

Opsi obrolan langsung atau live chat jarang menjadi prioritas kita saat menjelajahi situs web online shop. Namun, Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan keterampilan tawar-menawar Anda.

Mulailah percakapan dengan mengatakan bahwa Anda akan membeli produk pelapak dalam jumlah sekian dan mintalah potongan harga karena Anda telah memborong.

Sebagian besar pedagang, menurut sebuah riset, umumnya akan meberikan diskon cuma-cuma atau menggratiskan salah satu barang belanjaan Anda.

5 of 6

4. Cari Tahu dengan Detil Merek Barang yang Hendak Dibeli

Ilustrasi Belanja Online
Ilustrasi Belanja Online (Foto: Pixabay.com)

Pastikan Anda mengikuti merek favorit Anda di media sosial agar tetap mendapat informasi terbaru tentang diskon dan penawaran terbaik mereka. Namun, pastikan Anda mengikuti akun yang terverifikasi supaya tidak jatuh ppada perangkap pelapak bodong.

Selain itu, Anda juga bisa mengikuti akun influencer dan blogger. Keduanya memainkan peran besar dalam menggiring pelanggan ke sebuah merek.

Selain ulasan yang jujur tentang sebuah produk, mereka juga bisa membagikan kupon diskon dari merek tertentu, yang biasanya tidak Anda temukan di situs web pelapak tersebut.

6 of 6

5. Lihat Ulasan dan Komentar di Bawah Deskripsi Produk

Orang belanja online
Ilustrasi Orang belanja online (iStockPhoto)

Belanja secara online bisa menjadi kegiatan yang amat berisiko, terutama ketika Anda membeli perkakas elektronik atau mempercayai situs web baru.

Ada cara cepat untuk mempelajari tentang produk dan ukuran sebenarnya dengan menelusuri ulasan dan komentar yang biasanya dituliskan oleh pembeli lain di bawah deskripsi produk.

Situs web seperti Shein.com dan Amazon.com juga memungkinkan pelanggannya memposting gambar produk yang sesungguhnya untuk memberikan gambaran asli dari sebuah barang yang dibeli oleh pelanggan tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓