Sukses

Pencari Lowongan Kerja, 30 Skill Ini Paling Dicari oleh Perusahaan di Tahun 2019

Ini dia 30 keterampilan yang paling banyak diminati oleh perusahaan di tahun 2019, persiapkan diri Anda untuk meraih lowongan kerja impian.

Liputan6.com, Jakarta - Jangan abaikan bagian "keterampilan" ketika Anda memperbarui resume untuk mencari lowongan kerja di tahun 2019. Jika Anda sudah memiliki riwayat pekerjaan yang mumpuni, "keterampilan" dan "kemampuan" yang dicantumkan di dalam resume dapat membantu Anda untuk menjadikan Anda sebagai kandidat yang kompetitif.

Namun, yang perlu Anda ketahui adalah "keterampilan" yang dibutuhkan oleh masing-masing perusahaan terus berubah dari tahun ke tahun.

LinkedIn Learning baru-baru ini menunjukkan data yang menunjukkan 30 "keterampilan" yang paling diminati dan dicari pada 2019 oleh sejumlah perusahaan besar yang sedang membuka lowongan kerja di dunia. Di situs tersebut ada 50.000 "keterampilan" yang terdaftar.

Daftar keterampilan kerja dibagi menjadi dua bagian: soft skill dan hard skill. Soft skill adalah jenis kemampuan yang tidak dapat dibuktikan dengan sertifikat atau gelar, seperti kolaborasi, kreativitas, dan persuasif.

Meskipun Anda mungkin bisa lolos dengan melebih-lebihkan beberapa soft skill Anda di resume, namun hard skill lebih sulit untuk dipalsukan.

Di bagian itulah, perusahaan akan menilai keterampilan teknologi seperti cloud computing, produksi video, dan desain UX. Keterampilan berbasis bahasa dan penulisan, seperti jurnalisme dan terjemahan, juga masuk dalam hard skill.

Para pencari lowongan kerja dapat melihat 30 daftar lengkapnya di bawah ini, seperti dikutip dari Mental Floss, Rabu (9/1/2019).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Soft Skill

1. Kreativitas

2. Persuasi

3. Kolaborasi

4. Kemampuan beradaptasi

5. Manajemen waktu

3 dari 3 halaman

2. Hard Skill

1. Cloud computing

2. Kecerdasan buatan

3. Penalaran analitis (analytical reasoning)

4. Manajemen publik (people management)

5. Desain UX

6. Pengembangan aplikasi mobile

7. Produksi video

8. Kepemimpinan penjualan (sales leadership)

9. Terjemahan

10. Produksi audio

11. Pemrosesan bahasa alami (natural language processing)

12. Komputasi ilmiah (scientific computing)

13. Pengembangan gim (game development)

14. Pemasaran media sosial

15. Animasi

16. Analisis bisnis

17. Jurnalisme

18. Pemasaran digital

19. Desain industri

20. Strategi kompetitif

21. Sistem layanan pelanggan

22. Pengujian perangkat lunak

23. Ilmu data

24. Grafik komputer

25. Komunikasi perusahaan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.