Sukses

Upaya Kudeta, Tentara Gabon Duduki Stasiun Radio Nasional

Tentara Gabon berupaya melakukan kudeta, mengumumkannya setelah mengambil alih stasiun radio nasional pada 7 Januari 2019.

Liputan6.com, Libreville - Tentara Gabon berupaya melakukan kudeta, mengumumkan pembentukan "dewan restorasi" setelah mengambil alih stasiun radio nasional pada 7 Januari 2019.

Tetapi, menteri komunikasi mengumumkan sebagian besar perwira militer pemberontak telah ditangkap dan situasinya terkendali. Namun, masih ada laporan tentang tembakan yang ditembakkan di ibu kota, Libreville, demikian seperti dilansir Al Jazeera, Senin (7/1/2019).

Membacakan pernyataan, para tentara mengutuk Presiden Ali Bongo Ondimba yang berbicara kepada rekan senegaranya pekan lalu dari Maroko untuk pertama kalinya sejak dilaporkan menderita stroke pada Oktober.

Pidato Tahun Baru oleh Bongo berbunyi, "Memperkuat keraguan tentang kemampuan presiden untuk terus melaksanakan tanggung jawab kantornya", demikian yang ditirukan oleh Letnan Kelly Ondo Obiang, pemimpin Gerakan Patriotik Pertahanan dan Pasukan Keamanan Gabon.

"Sekali lagi, satu kali terlalu banyak, pemegang kekuasaan secara terus-menerus memperdaya orang Ali Bongo Ondimba, seorang pasien yang tidak memiliki banyak kemampuan fisik dan mentalnya," kata Letnan Ondo Obiang.

Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, Letnan Ondo Obiang terlihat di sebuah studio radio mengenakan seragam militer dan baret hijau ketika ia membaca pernyataan itu. Dua tentara lain dengan senapan serbu berdiri di belakangnya.

Letnan Ondo Obiang mengatakan kudeta itu dilakukan terhadap "mereka yang, dengan cara pengecut, membunuh rekan-rekan muda kita pada malam 31 Agustus 2016" - referensi ke kekerasan mematikan yang meletus setelah Bongo dinyatakan sebagai pemenang pemilihan yang disengketakan.

Sebuah sumber yang dekat dengan pemerintah mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa komplotan itu tampaknya adalah sekelompok kecil tentara.

Situasinya tetap tidak jelas Senin sore. Juru bicara pemerintah Guy-Bertrand Mapangou mengatakan empat dari lima petugas yang mencoba kudeta telah ditangkap.

"Ketenangan sudah kembali, situasinya terkendali," katanya.

Tembakan di Ibu Kota

Suara tembakan terdengar di sekitar kantor-kantor televisi negara di pusat ibu kota sekitar pukul 05.30 GMT pagi, dan kendaraan militer memblokir akses ke situs tersebut.

Sebagian besar Libreville tetap tenang di kemudian hari, tetapi ada kehadiran polisi dan militer yang kuat di jalan-jalan dan helikopter berputar-putar di atas kepala.

Kerumunan sekitar 300 orang telah berkumpul di stasiun radio untuk mendukung upaya kudeta, tetapi tentara pro-pemerintah menembakkan gas air mata untuk membubarkan mereka.

Presiden Bongo, 59, dikatakan menderita stroke pada 24 Oktober saat mengunjungi Arab Saudi dan sejak itu dirawat di Maroko. Keluarganya telah memerintah negara Afrika tengah yang kaya minyak selama hampir setengah abad.

Presiden memposting pesan video yang direkam di Rabat dan didistribusikan melalui media sosial dan tradisional Senin lalu di mana dia mengakui dia "melalui masa sulit".

Tetapi dia menambahkan: "Hari ini, seperti yang Anda lihat, saya sedang bersiap untuk bertemu Anda lagi segera."

Juru bicara kepresidenan Gabon, Ike Ngouoni kemudian mengatakan kepada AFP: "Pidato ini adalah bukti bahwa Presiden Ali Bongo sudah pulih sepenuhnya. Masalah kesehatannya sekarang ada di belakangnya."

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ketidakmerataan Ekonomi

Gabon, sebuah negara kecil dengan populasi sekitar dua juta orang, diperkirakan menjadi negara terkaya keempat di Afrika.

Aly-Khan Satchu, seorang ekonom dan analis Afrika, mengatakan Gabon adalah "masyarakat yang sangat tidak setara" dan kemungkinan populasi dan faksi militer lainnya akan mendukung langkah tersebut, dan mencatat pemerintah belum "menjaga warganya".

"Kapten telah keluar dari negara itu selama beberapa bulan, ini adalah serangan pemenggalan kepala yang saya pikir akan sulit bagi keluarga untuk diusir," kata Satchu kepada Al Jazeera. "Akan sangat sulit bagi presiden untuk mendapatkan kembali kendali sementara dia duduk di Maroko."

Dia mengatakan masih harus dilihat apa yang terjadi selanjutnya, tetapi mencatat sekitar 900 tentara Prancis berada di negara itu, warisan dari masa kolonial.

"Apakah Prancis akan menyelamatkan rezim? Saya kira tidak," katanya, sambil menambahkan, "Saya kira orang-orang ini tidak bekerja sendiri. Belum terlihat."

Satchu mengatakan upaya kudeta mencerminkan kecenderungan ketidakpuasan yang lebih luas di Afrika atas para pemimpin yang telah lama berkuasa namun telah gagal untuk memperhatikan kebutuhan rakyat mereka.

"Apa yang kami tonton di seluruh benua ini - apakah itu Gabon, Sudan, atau Republik Demokratik Kongo - adalah semacam titik kritis," katanya.

Ada Kehadiran Amerika Serikat di Gabon

Militer AS telah mengerahkan tentara dan peralatan ke Gabon di tengah kekhawatiran protes keras di Republik Demokratik Kongo yang bertetangga setelah pemilihan presiden yang diperebutkan.

Presiden Donald Trump mengatakan kepada Kongres AS pada hari Jumat bahwa yang pertama dari sekitar 80 tentara tiba di Gabon Rabu lalu untuk melindungi warga negara Amerika dan fasilitas diplomatik jika kekerasan pecah di ibukota DRC, Kinshasa.

Bongo memenangkan pemilihan ulang pada tahun 2016 dengan kurang dari 6.000 suara, memicu bentrokan mematikan antara pengunjuk rasa dan polisi di mana parlemen dibakar.

Uni Eropa mengatakan pihaknya menemukan anomali selama pemilihan di provinsi kubu Bongo, Haut-Ogooue, di mana ia memenangkan 95 persen pada partisipasi 99,9 persen.

Ayahnya, Omar Bongo, memerintah Gabon selama 42 tahun sebelum kematiannya pada 2009 ketika Ali Bongo pertama kali berkuasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.