Sukses

Eks Ipar Manohara hingga Beristri Miss Moskow, 6 Fakta Raja Malaysia yang Turun Takhta

Berikut fakta seputar Muhammad V, Raja Malaysia yang baru-baru ini turun takhta.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Yang di-Pertuan Agong Malaysia, Sultan Muhammad V, turun takhta pada 6 Januari 2019. Ia turun takhta lebih cepat dari yang seharusnya.

Muhammad V duduk di singgasana sekitar 2 tahun 30 hari, sejak ia dilantik menjadi Yang di-Pertuan Agong pada 13 Desember 2016.

Menurut tradisi Monarki Negeri Jiran, seharusnya Sultan Muhammad V baru akan turn takhta jika ia telah memegang jabatan selama lima tahun --atau tepatnya pada Januari 2021-- untuk kemudian dirotasi dengan sultan dari negara bagian lain.

Sebelumnya, tidak ada raja Malaysia yang memutuskan mundur dini sejak negara itu memperolah kemerdekaan dari Inggris, lebih dari 60 tahun lalu.

Istana Nasional tidak memberikan alasan terkait pengunduran diri sang raja, namun mengatakan bahwa hal itu segera diumumkan ke publik.

Turunnya Sultan Muhammad V dari singgasana Kesultanan Malaysia disinyalir berkaitan dengan kabar kehidupan pribadinya yang sempat mencuat beberapa waktu lalu. Yakni, ketika muncul pemberitaan singkat bahwa dia menikahi seorang ratu kecantikan asal Rusia pada 2018.

Berikut fakta seputar Sultan Muhammad V, Raja Malaysia yang baru-baru ini turun takhta, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (7/1/2019).

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Mantan Sultan Kelantan

Lahir di Kota Baru sebagai Tengku Muhammad Faris Petra ibni Sultan Ismail Petra, Muhammad V adalah Putra Mahkota Kelantan sebelum ia menjadi Sultan negara bagian itu pada tahun 2010, demikian seperti dikutip dari Asia One.

 

2. Salah Satu Raja Malaysia yang Termuda

Muhammad V adalah salah satu raja termuda di negara itu untuk naik takhta. Pada usia 47, ia berusia setengah dari pendahulunya, Sultan Abdul Halim Mu'adzam Shah, yang pada usia 89, adalah raja tertua di negara itu, lapor BBC.

Beberapa sultan lainnya dilaporkan berusia 40-an ketika mereka dilantik sebagai raja.

 

3 dari 4 halaman

3. Saat Dilantik, Muhammad V Belum Punya Ratu

Muhammad V adalah Yang-Pertuan Agong pertama dalam sejarah yang memerintah tanpa permaisuri ratu atau Raja Permaisuri Agong dalam bahasa Melayu.

Tetapi dia bukannya tanpa teman di rumah - dia memelihara kuda, kucing, ayam dan burung sebagai hewan peliharaan, lapor The New Straits Times, yang menunjukkan sifatnya yang lembut.

 

4. Kemudian Dikabarkan Menikah denga Miss Moskow pada 2018

Muhammad V dikabarkan telah menikah dengan pemenang kontes kecantikan Miss Moscow 2015, Oksana Voevodina, pada 23 November 2018.

Pernikahan kerajaan, yang menggabungkan tradisi Melayu dan Rusia, diadakan di Barvikha Concert Hall di Moskow, Rusia, demikian seperti dikutip dari outlet media gaya hidup Malaysia, Hype.my.

4 dari 4 halaman

5. Mantan Kakak Ipar Manohara

Muhammad V merupakan anak pertama dari empat bersaudara yang lahir dari pasangan Sultan Ismail Petra ibni al-Marhum Sultan Yahya Petra dan Tengku Anis binti Tengku Abdul Hamid.

Ia mempunyai dua adik laki-laki, Tengku Muhammad Fakhry Petra dan Tengku Muhammad Faiz Petra, serta seorang adik perempuan bernama Tengku Amalin A’ishah Putri.

Sebagaimana diketahui, Tengku Muhammad Fakhry Petra merupakan mantan suami model Indonesia, Manohara Odelia Pinot. Keduanya menikah pada 26 Agustus 2008 dan bercerai pada 2009.

 

6. Cerai dari Istri Pertama

Sebelum menjadi Yang di-Pertuan Agong, Muhammad V pernah menikah dengan Kangsadal Pipitpakdee of Yamu (bangsawan Pattani, Thailand) yang kemudian berganti nama menjadi Tengku Zubaidah Tengku Norudin setelah resmi dipersunting, pada 2004. Muhammad V bercerai dengan Tengku Zubaidah pada 2008.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.