Sukses

6-1-1919: Presiden Ke-26 AS Theodore Roosevelt Tutup Usia

Presiden ke-26 Amerika Serikat, Theodore Roosevelt, mangkat pada 6 Januari 1919.

Liputan6.com, Washington D.C. - Hari itu, 6 Januari 1919, menjadi hari berduka bagi warga Amerika Serikat. Theodore Roosevelt, Presiden ke-26 AS meninggal dunia pada usia 61 tahun. Ia tutup usia di kediamannya di kawasan Bukit Sagamore, New York.

Roosevelt wafat karena penyakit tropis yang diidapnya (penyakit tropis adalah penyakit yang lazim terjadi di daerah tropis dan subtropis. Istilah ini juga sering mengacu pada penyakit yang berkembang di wilayah panas berkondisi lembab, seperti malaria, demam berdarah dan kusta).

Seperti dimuat dalam History.com, semasa hidupnya, Roosevelt dikenal sebagai pemimpin yang berhasil menciptakan sistem pemerintahan modern. Ia juga dikenal sebagai pemimpin ya mereformasi Partai Republik.

Sebelum menjadi presiden, Roosevelt pernah menduduki jabatan penting. Pada tahun 1898, ia menjabat sebagai asisten Panglima Angkatan Laut AS yang punya andil dalam sikap militer untuk berperang dengan Spanyol.

Roosevelt juga dikenang telah berhasil membawa pasukan militer "Rough Riders" menang dalam pertempuran di Bukit San Juan, Kuba.

Dengan kepopulerannya sebagai tokoh militer, Roosevelt berhasil menang pemilu dan meraih posisi sebagai Gubernur New York pada 1898. Kemudian pada 1900, ia menjabat sebagai Wakil Presiden AS Williman McKinley. Setahun kemudian, pria kelahiran 27 Oktober 1858 itu jadi Presiden Amerika Serikat, menggantikan McKinley yang tewas terbunuh.

Kala itu, Roosevelt menjadi presiden termuda sepanjang sejarah AS, karena usianya baru 43 tahun. Semasa kepemimpinannya, Theodore Roosevelt berhasil menjalankan program pemerintah dengan baik dan rakyat puas dengan kinerjanya.

Ia dikenal selalu membela kepentingan Amerika Serikat dengan berusaha menyeimbangkan kepentingan petani, pekerja, dan bisnis rumahan. Sehingga ia terpilih kembali sebagai presiden untuk masa jabatan yang kedua.

Pada tahun 1906, Roosevelt mendapat penghargaan Nobel Perdamaian atas perannya dalam melakukan mediasi dan negosiasi untuk mengakhiri Perang Rusia-Jepang.

Di masa tuanya, Roosevelt tetap aktif di dunia politik pemerintahan. Ia sempat mencalonkan presiden kembali untuk masa jabatan ketiga, meski pada akhirnya tak berhasil. Ia kemudian menjadi diplomat pendukung AS yang vokal dalam Perang Dunia I. Dan setelah perang, Roosevelt juga aktif dalam menyuarakan pendapatnya di Liga Bangsa-Bangsa.

Sejarah lain mencatat pada 6 Januari 1942, maskapai Pan American Airlines menorehkan sejarah dengan menjadi maskapai komersial pertama yang melayani rute mengelilingi Bumi.

Sementara pada 6 Januari 2009, Israel melakukan serangan pertamanya di Jalur Gaza.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.