Sukses

Cerca Kinerja Mantan Menhan AS Jim Mattis, Donald Trump: Saya Pecat Dia

Presiden Amerika Serikat Donald Trump, pada Rabu 2 Januari 2019, mengkritik mantan Menteri Pertahanan Jim Mattis.

Liputan6.com, Washington DC - Presiden Amerika Serikat Donald Trump, pada Rabu 2 Januari 2019, mengkritik mantan Menteri Pertahanan Jim Mattis, menyebutnya "memiliki kinerja buruk terkait Afghanistan".

Trump mempertanyakan seberapa baik Mattis menjabat sebagai kepala Pentagon dan menunjukkan bahwa pensiunan jenderal Marinir itu pernah juga diberhentikan lebih cepat dari posisi terakhirnya sebagai kepala Komando Sentral AS (US Central Command, komando militer AS di Timur Tengah) atas ketidaksepakatan kebijakan dengan pemerintahan Presiden Barack Obama.

"Apa yang dia lakukan untuk saya? Bagaimana tugasnya di Afghanistan? Tidak terlalu bagus. Tidak terlalu baik," kata Trump selama pertemuan kabinet, dengan pelaksana tugas Menhan AS Patrick Shanahan duduk di sebelah kirinya.

"Aku tidak senang dengan apa yang dia (Mattis) lakukan di Afghanistan, dan aku seharusnya tidak bahagia," lanjut Trump.

Donald Trump menambahkan: "Seperti yang Anda tahu, Presiden Obama memecatnya, dan pada dasarnya saya juga," demikian seperti dikutip dari Chicago Tribune, Kamis (3/1/2019).

Baik Mattis maupun Shanahan tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar. Pentagon tidak menanggapi pertanyaan tentang pernyataan Trump.

Mattis, yang dicintai oleh banyak orang di militer, mengumumkan pengunduran dirinya pada 20 Desember 2018, dengan alasan ketidaksepakatan kebijakan dengan presiden.

Jim Mattis mengatakan dia akan tetap tinggal sampai akhir Februari 2019 untuk memberikan kesinambungan selama transisi ke Menhan baru, tetapi Donald Trump tiba-tiba memaksanya keluar beberapa hari kemudian. Shanahan mengambil alih hari Selasa 1 Januari 2019.

 

Simak video pilihan berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memperumit Peran AS di Afghanistan dan Suriah

Komentar Trump dalam pertemuan tentang Suriah dan Afghanistan memperumit diskusi tentang rencana AS di negara-negara tersebut.

Mengenai Afghanistan, di mana sekitar 14.000 tentara AS dikerahkan, Trump mempertanyakan mengapa Pakistan, India dan Rusia - yang terakhir adalah musuh AS - tidak lebih terlibat, dan mengapa militer AS menyerang ISIS dan Taliban di daerah-daerah di mana kelompok-kelompok itu berperang satu sama lain.

"Aku berkata, 'Biarkan mereka bertarung! Mereka berdua adalah musuh kita! Biarkan mereka bertarung!'", kata Trump.

"Dan kemudian mereka masuk dan akhirnya bertarung dengan mereka berdua. Itu hal paling gila yang pernah kulihat."

Mengenai Suriah, presiden mengatakan bahwa Iran dapat "melakukan apa yang mereka inginkan di sana, terus terang," bertentangan dengan peringatan dari pejabat senior AS dan sekutu termasuk Israel, yang telah memperingatkan selama bertahun-tahun bahwa Iran ingin membangun kehadiran militer di Suriah.

Sekitar dua minggu lalu, Trump memerintahkan semua 2.000 pasukan AS keluar dari Suriah dan rencana penarikan yang diarahkan disusun untuk sekitar separuh pasukan di Afghanistan.

Trump awalnya ingin semua pasukan AS keluar dari Suriah dalam waktu 30 hari, memicu pengunduran diri Mattis dan kekhawatiran dari Partai Republik dan Demokrat bahwa keputusan itu akan menciptakan kekacauan baru di wilayah tersebut. Presiden, dalam sebuah video yang diposting di akun Twitter-nya 19 Desember, mengatakan bahwa pasukan AS "semua kembali" dari Suriah dan bahwa "mereka akan kembali sekarang."

Presiden sejak itu melunakkan pendekatan itu dan mengatakan pada hari Rabu bahwa militer AS akan keluar dari Suriah "selama periode waktu tertentu." Dia telah setuju untuk memberi militer sekitar empat bulan untuk sepenuhnya meninggalkan Suriah, menurut tiga pejabat AS, yang berbicara dengan syarat anonimitas untuk membahas diskusi kebijakan internal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.