Sukses

Gigi Bungsu Tumbuh? Coba 11 Cara Efektif Ini Untuk Mengusir Rasa Ngilunya

11 cara efektif yang bisa Anda lakukan di rumah saat gigi bungsu tumbuh.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda mengalami saat di mana gigi bungsu tumbuh dan seketika, rahang terasa nyeri? Jika iya, Anda harus segera mencari pertolongan pertama untuk mengatasi rasa sakit di sekitar mulut.

Umumnya, saat gigi ini muncul, rahang akan terasa sangat pegal dan ngilu. Namun, ada beberapa orang yang tidak harus merasakan sakit karena tumbuh gigi bungsu.

Gigi bungsu adalah gigi geraham ketiga yang muncul pada usia sekitar 18 hingga 30 tahun. Untuk mengatasi rasa ngilu akibat pertumbuhan gigi bungsu, sontek 11 cara efektif berikut untuk meredakan nyerinya, sebagaimana dikutip dari Bright Side, Kamis (3/1/2019).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Air Hangat Campur Garam

Garam adalah disinfektan alami. Campur garam dengan segelas air hangat (200 ml) dan kumur-kumurkan ke mulut Anda. Larutan ini memberikan bantuan instan untuk meredakan sakit gigi.

Dokter biasanya menyarankan pasiennya untuk menggunakan obat ini sebagai pertolongan pertama.

Anda hanya perlu berkumur selama beberapa menit dan mengulangi prosesnya 4-5 kali dalam sehari.

3 dari 12 halaman

2. Pasta Soda Kue

Saat gigi bungsu tumbuh, biasanya disertai pembengkakan hebat di gusi belakang. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan soda kue yang diubah menjadi pasta, layaknya odol.

Cukup tambahkan sedikit soda kue ke pasta gigi yang biasa Anda gunakan sehari-hari (saat Anda akan sikat gigi) dan oleskan langsung ke area di mana gigi bungsu dirasa akan tumbuh.

Adonan ini akan meringankan Anda dari rasa sakit hanya dalam beberapa menit.

4 dari 12 halaman

3. Es Batu

Gunakan kompres berisi es batu dan tempelkan di pipi yang dekat dengan lokasi tumbuhnya gigi bungsu. Letakkan pada area tersebut selama 15 menit dan lepaskan, lalu diamkan selama 15 menit.

Ulangi beberapa kali setiap kali Anda merasakan sakit akut. Metode ini berguna untuk mencegah peradangan dan pembengkakan.

5 dari 12 halaman

4. Ekstrak Vanila

Jika Anda berpikir bahwa vanila hanya dapat digunakan untuk membuat kue dan menjadikan adonannya lezat, Anda salah. Ekstrak vanila sebenarnya sangat membantu untuk mengatasi rasa sakit akibat pertumbuhan gigi bungsu.

Cukup tuangkan beberapa tetes ekstrak vanila ke kapas dan gigit kapas tersebut di antara gigi yang sakit selama sekitar 15 menit.

6 dari 12 halaman

5. Benzocaine

Banyak dokter meresepkan benzocaine untuk gigi yang sakit. Salep berbasis gel ini harus dioleskan langsung ke gigi yang sakit. Disarankan juga untuk membersihkan area di sekitar gigi bungsu sebelum mengoleskan benzocaine.

Namun, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya kepada anak di bawah usia 2 tahun.

7 dari 12 halaman

6. Sekantong Teh

Berbagai macam kantong teh bisa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh gigi bungsu. Teh hitam (black tea) umumnya diresepkan untuk membantu mengurangi ngilu di rahang.

Kantong teh yang diletakkan langsung pada gigi yang sakit disebut bisa mengurangi rasa nyeri. Asam tannic yang terkandung di dalam teh membantu mengurangi peradangan.

8 dari 12 halaman

7. Cengkeh

Pada zaman dahulu kala, konon, leluhur manusia menggunakan cengkeh sebagai obat tradisional penyembuh sakit gigi. Sifat anestesi yang terkandung dalam tanaman ini membantu mematikan rasa nyeri di area yang terkena, sedangkan zat antibakteri dan antiseptiknya mampu mencegah daerah tersebut tidak terinfeksi.

Cukup letakkan beberapa bulir cengkih tepat di atas gigi yang sakit, termasuk gigi bungsu. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan minyak cengkeh yang diteteskan pada kapas. Jika rasa cengkeh terlalu kuat, Anda bisa mencairkannya dengan minyak zaitun.

9 dari 12 halaman

8. Kunyit

Kunyit dikenal karena sifat antiseptiknya. Bahan masakan ini juga bisa menyembuhkan, menjadi analgesik (obat untuk meredakan rasa nyeri tanpa mengakibatkan hilangnya kesadaran), dan antibakteri. 

Anda dapat menambahkan beberapa jumput kunyit bubuk ke dalam air hangat dan menggunakannya sebagai obat kumur.

10 dari 12 halaman

9. Peppermint

Peppermint biasanya disarankan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Tidak hanya memberikan bantuan instan terhadap rasa sakit, tetapi aromanya yang manis membuat Anda melupakan masalah yang timbul akibat nyeri dari tumbuhnya gigi bungsu.

Siapkan beberapa lembar daun peppermint dan gigit di gigi yang sakit selama 15-20 menit. Selain itu, minyak peppermint juga bisa diaplikasikan langsung ke gigi untuk menimbulkan efek yang sama.

11 dari 12 halaman

10. Mentimun Dingin

Mentimun yang dingin akan langsung menghilangkan rasa sakit di gigi. Anda dapat memotong mentimun menjadi irisan kecil, yang sesuai dengan area yang nyeri.

Dinginnya mentimun dapat mematikan rasa sakit pada gigi. Anda juga dapat membuat parutan mentimun dan menempelkannya pada gigi bungsu.

12 dari 12 halaman

11. Bawang Merah

Meski aroma bawang merah dibilang cukup menyengat, namun khasiat yang terkandung di dalamnya dapat membantu menyembuhkan sakit gigi, selayaknya dokter profesional.

Cukup iris tipis bawang merah sesuai dengan area yang hendak diobati. Letakkan di sana dan tunggu reaksi cepatnya beberapa menit.

Bawang merah memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang membantu menghilangkan bakteri dari mulut dan meminimalkan rasa sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.