Sukses

5 Makanan Ini Dianggap Membawa Keberuntungan Jika Disantap di Malam Tahun Baru

Masyarakat di sejumlah wilayah dunia ini percaya jika makanan yang mereka makan di malam Tahun Baru akan membawa keberuntungan di tahun selanjutnya.

Liputan6.com, Jakarta - Malam pergantian Tahun Baru memang selalu ditunggu oleh banyak penduduk dunia. Biasanya, ada yang memilih untuk berkumpul bersama teman atau keluarga guna merayakan momen spesial ini.

Uniknya, di sejumlah negara ada keyakinan yang akan dilakukan saat malam Tahun Baru. Hal unik itu terletak pada sesuatu yang mereka makan.

Masyarakat di sejumlah wilayah dunia ini percaya jika makanan yang mereka makan di malam Tahun Baru akan membawa keberuntungan di tahun selanjutnya.

Tak ada yang bisa memastikan apakah itu benar, namun kebiasaan ini telah dilakukan secara turun menurut.

Seperti dikutip dari laman Dish.allrecipes.com, Selasa (1/1/2018), berikut 5 makanan yang diyakini membawa keberuntungan saat dikonsumsi pada malam Tahun Baru:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kacang Kedelai Hitam, Hijau dan Roti Jagung

Kacang kedelei hitam, hijau atau roti jagung dianggap sebagai makanan yang bisa membawa keberuntungan bagi masyarakat di Amerika Selatan.

Biasanya, sajian ini akan tersedia di malam Baru. Masyarakat percaya jika dengan mengonsumsi makanan ini akan membawa hal baik selama tahun 2019.

 

3 dari 6 halaman

2. Moncong Babi

Makanan selanjutya dianggap mampu membawa keberuntungan adalah moncong babi. Bukan hanya satu , namun ada banyak negara di dunia yang menilai makan moncong babi di malam pergantian tahun akan berpengaruh pada rezeki.

Masyarakat menganggap moncong babi yang maju ke depan akan membuat kehidupan manusia akan terus melangkah ke depan.

Baik bagi urusan jodoh, rezeki hingga penghasilan. Itu karenanya, makan daging babi di beberapa negara jadi tradisi yang tidak bisa dilepaskan.

 

4 dari 6 halaman

3. Anggur

Menjelang malam pergantian tahun, kerumunan orang pasti akan menghitung waktu secara mundur sebelum berteriak "Happy New Year".

Di Spanyol, mereka juga melakukan hitung mundur. Namun, bukan dengan mengucap tiga, dua, satu melainkan makan anggur.

Warga setempat menyebutnya dengan sebutan makan anggur secara cepat. Dimulai dari angka 12, mereka akan menghitung tiap detik dengan makan anggur secara cepat.

Jadi tiap 12 detik sebelum Tahun Baru mereka akan menyediakan 12 buah anggur. Ini dianggap sebagai tradisi membawa keberuntungan.

 

5 dari 6 halaman

4. Buah Delima

Di Yunani, masyarakatnya percaya memecahkan buah delima ke lantai teras saat tahun baru bisa membawa keberuntungan.

Pecahan biji delima disimbolkan sebagai bening yang membawa kesejahteraan dan keberuntungan yang baik.

Setelah mendapatkan biji buah delima, maka mereka akan memakannya pada saat malam pergantian tahun.

 

6 dari 6 halaman

5. Ikan

Ada begitu banyak ikan di laut. Itu sebabnya, masyarakat dunia menganggap makan ikan di malam tahun baru bisa membawa keberuntungan. Sebab, ikan yang melimpah di laut menggambarkan hal itu.

Tak hanya masyarakat di Asia yang menganggap hal ini. Mereka yang ada di Eropa juga melakukan hal serupa.

Pada malam pergantian tahun, mereka biasanya mengonsumsi ikan cod, herring dan karper.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.