Sukses

Murah dan Berkhasiat, Coba 8 Keistimewaan Alpukat untuk Kecantikan

Inilah deretan manfaat alpukat yang bisa diaplikasikan pada kulit tubuh dan wajah.

Liputan6.com, Chicago - Sejumlah orang di dunia umumnya mengonsumsi alpukat dengan cara dijus, diolah menjadi salad, atau dihidangkan sebagai pendamping menu utama.

Namun, tak jarang pula mereka yang memanfaatkan buah dengan nama Latin Persea americana ini untuk kecantikan, mulai dari masker wajah hingga beragam produk sabun.

Alpukat sudah dikenal sejak zaman dahulu kala. Biji alpukat pertama kali ditemukan di makam kuno pada tahun 750-an SM (Sebelum Masehi). Buah berwarna hijau tersebut dilukiskan pada gua yang dibuat lebih dari 12.000 tahun yang lalu. 

Selain itu, alpukat juga pernah masuk dalam Guinness Book of Records pada 25 September 1998 sebagai buah paling bergizi di dunia. Avokad mengandung banyak protein dan merupakan pengganti daging bagi kelompok vegetarian: 100 gram alpukat mengandung lebih dari 200 kilo kalori (kkal).

Lalu, di samping menyehatkan tubuh, khasiat apa lagi yang bisa diperoleh dari alpukat jika diaplikasikan untuk kulit badan dan wajah? Berikut 8 di antaranya, seperti dikutip dari Bright Side, Senin (31/12/2018).

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Krim Pencukur

Krim cukur yang dibeli di toko, biasanya, mengandung begitu banyak bahan kimia. Tapi Anda bisa membuatnya sendiri di rumah hanya dengan sebutir alpukat.

Untuk diketahui, buah yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah ini kaya akan vitamin A dan E yang menyehatkan dan melembutkan kulit.

Resep: Ambil 1 buah alpukat yang sudah benar-benar matang, kupas, dan belah menjadi dua. Buang bijinya. Blender hingga menjadi seperti bubur kertas, tidak terlalu halus. Sebelum bercukur, oleskan krim ini ke kulit Anda seperti biasa. Setelah selesai, simpan sisanya di lemari es.

3 dari 9 halaman

2. Pelembab Bibir

Kulit bibir adalah bagian tubuh yang sangat tipis, sehingga kerutan mudah terbentu di sana. Untuk mengatasinya, pakailah alpukat karena buah bertekstur lembut ini mengandung asam oleat yang dapat membuat bibir menjadi lembut dan terasa penuh.

Resep: Campur 1/2 alpukat matang dan 1 sdt minyak zaitun. Oleskan adonan ini ke daerah sekitar bibir dan biarkan selama 25 menit. Bilas dengan air hangat. Ulangi prosedur tersebut dua kali dalam sepekan.

4 dari 9 halaman

3. Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi menurut KBBI adalah pelepasan lapisan luar, seperti pelepasan epidermis dari kulit. Ini meliputi pengelupasan sel-sel mati yang membantu menjaga kecantikan dan keremajaan kulit.

Alpukat adalah salah satu bahan terbaik untuk eksfoliasi karena adanya kandungan asam nikotinat (salah satu anggota vitamin B kompleks atau niasin) dan vitamin E.

Resep: Haluskan 1 buah alpukat. Campurkan dengan 2 sendok makan oatmeal dan 1 sendok makan madu mentah. Kemudian aplikasikan ke seluruh wajah (kecuali mata dan mulut), pijat dengan gerakan memutar. Setelah itu, diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air hangat. Ulangi prosedur ini setiap seminggu sekali.

 
 
 
View this post on Instagram

Have a leftover avocado? How many times have you thrown away half an avocado because it goes bad in like.... an hour? 🥑 Make the most of your superfood and nourish your skin with this Multigreens avocado facemask! . . When applied to the skin, avocados are deeply nourishing. Avocados are full of vitamins A and E and antioxidants that fight off free radicals which can damage your skin. Their high fat content hydrates dry skin, keeps it soft, and helps maintain moisture. The omega-fatty acids help soothe inflammation and irritation. Avocados are also good source of biotin, which improves dry skin and supports hair and nails! . . Multigreens is a combination of spirulina, bee pollen, barley grass juice concentrate, alfalfa extract, kelp, an amino acid complex, and essential oils like Rosemary, Lemon, Lemongrass, and Melissa. The benefits of these ingredients work synergistically with the vitamins and antioxidants in the avocado to support healthy-looking skin. . . Mirah Cleansing oil has oils like babassu, watermelon, marula, Jojoba seed, and Argan oil to nourish and cleanse the skin. Argan oil has a high percentage of fatty acids and antioxidants and supports healthy-looking skin. . . Ingredients needed: •½ of an avocado or less •2 opened Mulitgreens capsules •1 tsp. Mirah Cleansing oil or Vitamin E oil . . Directions: •Mix all ingredients in a bowl. •Apply the mask to clean skin with your fingers. •Leave the mask on for 15-20 minutes and remove with warm water. •Dry skin and apply toner and moisturizer. . . My skin was so soft and dewy after! Tag a friend you want to do this mask with! . . . #yleo #younglivingessentialoils #younglivingeo #essentialoils #avocadomask #multigreens #youngliving

A post shared by Haley Jensen (@haleyjwellness) on

5 dari 9 halaman

4. Krim Anti Stretch Mark

Jika stretch mark yang ada pada kulit Anda dirasa mengganggu, Anda bisa mencoba menghilangkannya dengan krim alpukat. Buah ini mengandung vitamin C dan E yang mampu mengencangkan kulit dan mengurangi munculnya stretch mark.

Resep: Haluskan satu alpukat matang. Campurkan dengan 2 sendok makan minyak almond. Kemudian oleskan krim ini di area yang terdampak stretch mark dan pijat dengan lembut. Diamkan selama 35 menit, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi proses tersebut sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

6 dari 9 halaman

5. Perawatan Area Bawah Mata

Lingkaran dan kantung di bawah mata muncul karena sirkulasi darah yang buruk dan munculnya peradangan ringan di mata. Vitamin A, D, C, dan B-3 dalam komposisi alpukat dapat membantu mengurangi masalah ini.

Resep: Campurkan 1/2 alpukat dan 4 iris mentimun (bentuk lingkaran), lalu haluskan. Dinginkan adonan ini dalam kulkas selama 1 jam. Kemudian oleskan ke area sekitar mata, diamkan selama 25 menit. Untuk hasil maksimal, Anda dapat mengulangi prosedur ini setiap pagi.

7 dari 9 halaman

6. Sabun

Anda bahkan dapat membuat sabun batangan dengan alpukat. Bahan alami ini akan melembabkan kulit saat dan setelah mandi.

Resep: Campurkan 45 ml air dan 65 ml larutan alkali. Di tempat berbeda, panaskan 150 ml minyak alpukat dalam wajan, 130 ml minyak kelapa, 130 ml minyak zaitun, 30 ml minyak almond, 45 ml air, dan 170 gram krim alpukat.

Setelah larutan menyatu, dinginkan hingga sama seperti suhu ruangan. Kemudian, gabungkan kedua bahan tadi dengan seksama. Tambahkan 4 tetes minyak esensial mint.

Tuang campuran ke dalam cetakan dan dinginkan selama 24 hingga 48 jam. Lihat sendiri hasilnya.

8 dari 9 halaman

7. Scrub Kaki

Jika Anda sudah lama mencari cara untuk menghaluskan tumit kaki yang pecah-pecah, buatlah scrub alpukat.

Resep: Campurkan 1 sendok makan garam, 1 sendok makan gula, 2 tetes minyak atsiri jeruk, dan setengah alpukat yang telah dihaluskan. Setelah mandi, pijat tumit Anda dengan scrub itu dan diamkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat dan kenakan kaus kaki. Anda dapat mengulangi prosedur ini 2 kali seminggu.

9 dari 9 halaman

8. Penghapus Riasan

Campuran minyak alpukat dan bubur alpukat adalah alternatif yang bagus untuk menghapus riasan. Adonan ini tidak hanya menghilangkan sisa make-up, tetapi juga memberi nutrisi pada kulit dengan vitamin dan asam lemak yang bermanfaat.

Resep: Campurkan 1 sendok makan minyak alpukat dan 1 sdt bubur alpukat. Oleskan secara merata di seluruh wajah dan pijat dengan lembut selama 5 menit. Kemudian bilas dengan air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.