Sukses

Indonesia hingga Jepang, Ini 8 Gempa Bumi Paling Mematikan di Asia

Berikut ini daftar gempa bumi mematikan yang pernah terjadi dalam sejarah Asia versi Time.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi di dekat gunung berapi Anak Krakatau pada Sabtu 22 Desember 2018 malam diduga kuat berkontribusi terhadap tsunami dahsyat di Selat Sunda, yang datang tiba-tiba tanpa peringatan.

Guncangan gempa sebelum tsunami menerjang pesisir pantai Selat Sunda dilaporkan terdeteksi oleh Pusat Penelitian Geosains Jerman (GFZ). Lembaga tersebut mendeteksi ada lindu bermagnitudo 5,1 sekitar 25 kilometer sebelah timur Anak Krakatau pada Sabtu 22 Desember pukul 20.55 waktu setempat.

Sementara Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi letusan dari gunung berapi pada pukul 21.03, dan stasiun pengukur pasang surut di Banten dan Lampung mendeteksi tsunami antara pukul 21.27 hingga 21.53 malam.

Menurut artikel dari www.gfz-potsdam.de yang dikutip Senin 24 Desember 2018, ditemukan ada bukti bahwa gempa bumi besar dapat memicu atau meredam aktivitas gunung berapi. Sebuah rilis dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) juga menyebutkan bahwa lindu kemungkinan memperkuat letusan Anak Krakatau.

Kendati demikian, baik pihak PVMBG maupun BMKG menyatakan masih butuh penyelidikan lapangan terkait penyebab tsunami Selat Sunda.

Sementara itu sebelumnya, gempa bermagnitudo 6,9 yang mengguncang Lombok menewaskan sedikitnya 319 orang, melukai lebih dari 160.000 orang, menghancurkan puluhan ribu rumah, dan mengubur penduduk desa di bawah puing-puing masjid dan bangunan lainnya.

Meskipun merusak, gempa bumi ini tercatat tak begitu mematikan ketimbang yang pernah terjadi di belahan Bumi Asia lainnya.

Berikut ulasan delapan gempa paling mematikan dalam sejarah yang pernah terjadi di Asia, yang Liputan6.com rangkum dari Time.com, Minggu (30/12/2018):

1. Gempa Bumi Shaanxi 1556, China

Lebih dari 830.000 orang meninggal setelah 23 Januari 1556, ketika Tiongkok tengah dilanda gempa paling mematikan yang pernah tercatat sejarah.

Dengan pusat gempa di Lembah Sungai Wei, gempa bermagnitudo 8 itu terasa hingga ke 10 provinsi - bahkan merusak bangunan di kota-kota yang jauhnya ratusan mil. Menewaskan sekitar 60% dari populasi di beberapa negara yang paling parah dilanda.

Jumlah korban jiwa sebagian besar disebabkan oleh runtuhnya beberapa tebing di Loess Plateau, di mana banyak orang tinggal di gua-gua yang disebut yaodongs. Tempat itu  hancur menjadi debu ketika gunung-gunung berguncang. Tanah longsor menyapu seluruh pemukiman.

Musibah ini dikenal sebagai "Gempa Besar Jiajing," sebuah referensi kepada kaisar eponymous dari Dinasti Ming yang memerintah pada saat itu.

Gempa bumi dahsyat lainnya menghantam provinsi tetangga, Ningxia pada 1920, menewaskan lebih dari 200.000 orang dan menjadikannya salah satu bencana paling mematikan di Tiongkok.

2. Gempa Nepal-Bihar 1934

Sekitar enam mil di selatan Gunung Everest, bumi mulai bergemuruh pada sore hari 15 Januari 1934. Hanya sedikit yang tersisa setelah lindu terburuk yang tercatat di Nepal bermagnitudo 8,1 itu meratakan sebagian besar dari tiga kota besar di Lembah Kathmandu dan sebagian di India Utara dan Timur Laut.

Diperkirakan 10.700 hingga 12.000 orang terbunuh oleh gempa bumi yang menghancurkan ratusan kilometer dari Bihar hingga Assam.

Dikelilingi oleh puing-puing di dekat ibu kota Nepal, satu struktur tetap sangat utuh: Kuil Pashupati, dewa penjaga bangsa, dilaporkan tidak terdampak.

Di tempat lain, pasir dan air naik dari celah-celah di tanah, melunakkan hamparan 186 mil. Beberapa orang menggambarkan bangunan tenggelam ke dalam lumpur dan mengambang menjauh dari fondasinya.

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

China - India

3. Gempa Tangshan 1976, China

Sebagian besar penduduk Tangshan tengah tertidur lelap ketika bangunan di sekitar mereka runtuh pada 28 Juli 1976 pukul 03.43 dini hari. Kota industri di timur laut Provinsi Hebei China itu dilanda gempa bermagnitudo 7,6 yang menghancurkan lebih dari sepertiga dari seluruh penduduknya.

Korban tewas resmi diperkirakan sekitar 242.000, meskipun dengan beberapa perkiraan kematian mungkin mencapai 655.000, menurut Survei Geologi A.S.

Jalur kereta api, jembatan, dan jalan raya tidak bisa dilewati, dan para penyintas terjebak di bawah tumpukan batu bata yang menunggu untuk diselamatkan.

Sekitar 80% bangunan di seluruh kota rata atau rusak parah; tingkat kerusakan sebagian besar disebabkan oleh ketidaksiapan Tangshan untuk bencana meskipun dibangun langsung di atas garis patahan aktif yang diketahui.

Gempa Tangshan adalah subjek novel 2006 karya Zhang Ling yang diberi tajuk Aftershock, yang kemudian diadaptasi ke layar perak oleh sutradara Feng Xiaogang. Narasi film nya direvisi mengikuti kehidupan tokoh utama beberapa dekade kemudian, ketika gempa dahsyat lain menghantam Provinsi Sichuan di China tengah.

4. Gempa Gujarat 2001, India

Gujarat sebenarnya sudah beberapa kali diguncang lindu sebelumnya, tetapi yang terjadi tahun 1819 dan 1956 tak begitu kuat jika dibandingkan dengan guncangan magnitudo 7,6 yang pada 26 Januari 2001. Setidaknya 20.000 orang diyakini telah tewas, dan ratusan ribu bangunan hancur dalam gempa terkuat yang menghantam negara bagian paling barat India dalam kurun waktu hampir seabad.

Distrik Bhuj yang paling parah terkena dampaknya, sekitar 12 mil dari pusat gempa. Desa-desa di sekitarnya yang berdekatan dilaporkan benar-benar rata, dan beberapa percaya angka kematian lebih tinggi dari perkiraan resmi karena itu karena banyak penduduk desa miskin yang tak secara resmi diakui oleh pemerintah; tidak ada akta kelahiran, tidak ada kartu identitas.

5. Gempa Bumi dan Tsunami Samudra Hindia 2004, Sumatra, Indonesia

19 mil di bawah permukaan laut pada awal 26 Desember 2004, gempa bumi bermagnitudo 9,1 mengguncang laut di dekat pantai Sumatra, di bagian barat laut kepulauan Indonesia. Tsunami kemudian menghantam garis pantai sejauh Afrika Selatan, sekitar 5.300 mil jauhnya.

Nelayan yang mengangkut perahu mereka di perairan dekat Indonesia, Thailand, Malaysia, Sri Lanka, dan di tempat lain melihat gelombang pasang tersedot ke laut. Tidak lama kemudian, ombak setinggi 100 kaki datang ke arah garis pantai, mengubah kota menjadi rawa-rawa penuh dengan jasad manusia dan puing-puing yang basah kuyup.

Lebih dari 227.000 orang dinyatakan tewas atau hilang dalam tragedi yang menimpa 14 negara di dua benua.

Satu minggu setelah tsunami melanda, ketika orang-orang yang selamat di pantai memeriksa puing-puing, seorang nelayan bernama Bustami dari desa Bosun di Sumatra menggambarkan peristiwa itu kepada TIME:

"Tidak ada tsunami lain dalam sejarah yang tercatat yang mematikan, dengan korban dari seluruh dunia termasuk di antara korban. Ombak menghancurkan desa, kota, tempat liburan mewah, sekolah, dan rumah sakit. Para korban bertahan berpegangan pada pohon-pohon palem ketika air menyapu melewati kaca, bagian-bagian mobil dan jasad manusia," katanya.

"Ketika air melambat dan surut, para penyintas dan penyelamat berjalan dengan susah payah melewati reruntuhan yang tergenang air. kadang-kadang mereka berdiri di atas jasad manusia. Hutan bakau, terumbu karang, dan kehidupan laut hancur, meninggalkan tanda abadi pada lingkungan dan ekonomi regional."

 Pemerintah di seluruh dunia mengumpulkan sekitar $ 14 miliar untuk membantu daerah yang terkena dampak. Garis pantai kemudian dibangun kembali pada tahun-tahun berikutnya dengan tanda-tanda peringatan, tanda-tanda yang menunjuk ke jalur menuju dataran yang lebih tinggi, dan Sistem Peringatan Tsunami Samudra Hindia mulai daring pada tahun 2006.

"Saya tidak tahu apa itu tsunami ... tidak ada yang memberitahu," kata seorang yang selamat di Kota resor Thailand Khao Lak mengatakan kepada TIME sepuluh tahun kemudian. Hari ini, mereka sudah bisa mengetahuinya berkat pembaharuan tersebut.

3 dari 4 halaman

China - Jepang

6. Gempa Bumi Sichuan 2008, Tiongkok

Satu dekade kemudian, gempa bumi yang mengguncang Provinsi Sichuan China pada 12 Mei 2008, masih tampak besar dalam ingatan. Sementara gempa bermagnitudo 7,9 tak memecahkan rekor dalam hal kekuatannya, lindu itu meninggalkan dampak yang menghancurkan pada hilangnya nyawa manusia dan akibat yang berkepanjangan.

Lebih dari 87.000 orang dilaporkan tewas dan hilang, serta 4,8 juta orang kehilangan tempat tinggal akibat kehancuran pascagempa. Dalam hal kerugian ekonomi, lindu tersebut adalah yang tertinggi kedua dalam jumlah absolut dalam sejarah, dan merupakan salah satu dari beberapa contoh dalam sejarah baru-baru ini di mana China meminta bantuan dan bantuan internasional untuk membantu upaya pemulihan dengan perkiraan $ 137,5 miliar guna pembangunan kembali daerah yang terkena dampak.

7. Gempa Bumi dan Tsunami Tōhoku 2011, Jepang

Gempa bermagnitudo 9,0 melanda pantai timur laut Jepang dan wilayah Tohoku pada 11 Maret 2011, memicu tsunami dan mengakibatkan bencana. Itu adalah lindu terbesar kelima di dunia sejak tahun 1900, dan kekuatannya bahkan memengaruhi medan gravitasi bumi, menggetarkan satelit yang mengorbit di tepi luar atmosfer Bumi.

Gempa tersebut menyebabkan tsunami yang menghantam garis pantai Jepang dengan gelombang setinggi lebih dari 32 kaki, dan menempuh jarak 6,2 mil ke daratan. Hampir 20.000 orang dipastikan tewas dan 2.500 hilang dalam bencana tersebut.

Krisis ketiga meletus ketika tingkat tekanan di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima di wilayah itu mencapai jauh lebih tinggi dari biasanya karena kekuatan gelombang tsunami. Pada hari-hari setelah gempa, ledakan di pabrik menyebabkan pelepasan radiasi di daerah sekitarnya dan evakuasi massal.

Pada bulan April, krisis di Fukushima dinaikkan menjadi bencana tingkat 7 pada Skala Nuklir Internasional, bergabung hanya dengan satu peristiwa lain dalam kategori ini: bencana tahun 1986 di pembangkit nuklir Chernobyl di bekas Uni Soviet.

4 dari 4 halaman

8. Gempa Nepal 2015

Bukan rahasia lagi bahwa Nepal rentan terhadap bencana mematikan, dan gempa bermagnitudo 7,8 yang melanda dekat Distrik Lamjung pada 24 April 2015 menjadi salah satunya.

Selama sekitar 50 detik, tanah bergetar hebat dan memicu bangunan-bangunan runtuh di pedesaan Himalaya yang miskin dan jantung ibu kota.

Lalu datanglah gempa susulan. Gempa bermagnitudo 6,9 pada hari berikutnya yang memicu tanah longsor di Gunung Everest di dekatnya, menewaskan 21 orang dalam satu hari -- musibah paling mematikan di gunung tertinggi dunia.

Lebih dari 150 orang lainnya tewas ketika gempa bumi kedua menghantam garis patahan yang sama pada 12 Mei, sementara penyelamat masih berusaha memberikan bantuan kepada mereka yang terkena dampak guncangan awal.

Hampir 9.000 orang terbunuh dalam bencana itu, dan jutaan orang kehilangan tempat tinggal dalam sekejap. Lokasi-lokasi terpencil di daerah yang paling parah membuat operasi penyelamatan dan pertolongan menjadi sangat sulit, sementara sebagian besar dari mereka yang terkena dampak adalah penduduk desa yang miskin dengan sedikit layanan atau tanpa infrastruktur.

Upaya bantuan multinasional diluncurkan untuk membantu Nepal, salah satu negara termiskin di Asia, dengan tugas besar menemukan populasi yang terkena dampak dan memberikan bantuan medis dan air bersih karena risiko penyakit menular sangat besar. Total kerusakan diperkirakan mencapai 7 hingga 10 miliar dolar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Bumi

  • Asia