Sukses

4 Teknik Memasak Agar Terhindar dari Keracunan Makanan

Ada sejumlah faktor penyebab mengapa seseorang bisa keracuanan makanan. Kebanyakan, itu semua berasal dari teknik memasak dan kualitas bahan baku yang buruk.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam beberapa kasus, kerap kali kita mendengar adanya pemberitaan soal keracunan makanann. Bukan satu atau dua orang. Dampaknya bahkan pernah menyebabkan ratusan orang pingsan.

Ada sejumlah faktor penyebab mengapa seseorang bisa keracunan makanan. Kebanyakan, itu semua berasal dari teknik memasak dan kualitas bahan baku yang buruk.

Itu sebabnya, Anda harus memperhatikan bahan makanan dan kebersihan lingkungan saat memasak. Sehingga orang lain yang mengonsumsinya tidak akan keracunan.

Seperti dikutip dari laman Mentalfloss.com, Jumat (28/12/2018), berikut empat teknik memasak agar konsumen tidak keracunan makanan:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Jauhkan Daging dengan Bahan Makanan Lain

Sebenarnya, keracunan bahan makanan yang diduga berasal dari daging tak sepenuhnya berawal dari daging itu sendiri.

Ada kemungkinan jika daging terkontaminasi saat berada di dapur atau lemari es Anda. Itu sebabnya, dianjurkan untuk memisahkan bagian daging dengan sayuran.

Bisa jadi bakteri di sayuran yang belum dibersihkan akan pindah ke daging yang lebih lembut dan lembab. Selain itu, Anda juga disarankan untuk memisahkan antara memotong sayur di talenan dengan memotong daging.

 

3 dari 5 halaman

2. Cuci Tangan dan Bersihkan Area Memasak

Kuman yang menempel di tangan juga punya peran besar untuk membuat seseorang keracunan makanan. Oleh karenanya, sebelum memasak kita harus mencuci tangan hingga bersih.

Selain itu, area tempat Anda memasak juga harus dibersihkan. Mulai dari talenan, area kompor dan meja tempat memasak.

Sebab, kuman-kuman pada saat Anda memasak sebelumnya akan menempel dan masuk ke bahan makanan.

4 dari 5 halaman

3. Masak Bahan Makanan dengan Benar

Poin penting agar orang yang mengonsumsi makanan Anda tidak keracunan terletak pada proses memasak. Saat Anda memasak makanan sampai matang dan dengan benar makan bakteri serta kuman akan terbunuh.

Tak hanya saat menggoreng atau merebus, jika Anda memanggang makanan juga harus dengan benar. Pastikan sayuran atau daging dimasak hingga benar-benar matang.

5 dari 5 halaman

4. Cairkan Daging Beku dengan Benar

Kerap kali kita membeli atau menyimpan daging beku. Ketika hendak di masak, maka daging ini akan sulit untuk dimasak karena masih beku.

Untuk membuat daging itu tidak beku, kerap kali kita meletakkannya di atas meja sampai mencair. Namun, cara ini salah dan mampu membuat daging dimasuki bakteri dan kuman.

Cara terbaik yaitu rendam daging dengan air biasa atau langsung memasukkannya ke dalam microwave.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.