Sukses

Dukungan PM Kanada dan Masyarakat Dunia untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Usai musibah tsunami Selat Sunda, Indonesia mendapatkan dukungan dari pemimpin dunia dan tawaran bantuan internasional.

Liputan6.com, New York - Tiga hari usai tsunami menerjang Pantai Anyer dan sekitarnya, data sementara yang berhasil dihimpun oleh posko Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga Senin 24 Desember 2018, tercatat 281 orang meninggal dunia, 1.016 orang luka-luka, 57 orang masih dinyatakan hilang dan 11.687 orang mengungsi.

Kerusakan fisik meliputi 611 unit rumah, 69 unit hotel-vila, 60 warung-toko, dan 420 perahu-kapal milik nelayan. Korban dan kerusakan ini terdapat di 5 kabupaten terdampak yaitu Pandeglang, Serang, Lampung Selatan, Tanggamus dan Pesawaran.

"Jadi, wilayah di Provinsi Banten dan Lampung yang berada di Selat Sunda (terkena imbas tsunami). Daerah pesisir di Kabupaten Pandeglang adalah daerah yang paling banyak jumlah korban dan kerusakannya dibandingkan daerah lain. Kemungkinan data korban dan kerusakan masih akan bertambah," demikian menurut keterangan BNPB per Senin pagi pukul 07.00 WIB.

Di sisi lain, masyarakat internasional pun menyoroti bencana alam ini. Bahkan terdengar sampai telinga para pemimpin dunia.

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, menyampaikan duka cita mendalam kepada Indonesia. Juru bicaranya mengatakan, Guterres merasa sedih akan jatuhnya korban jiwa, luka-luka dan kerusakan yang disebabkan oleh tsunami di Selat Sunda.

Selain itu, sang juru bicara juga menyampaikan bahwa badan dunia itu siap untuk mendukung upaya penyelamatan dan pemulihan yang dipimpin pemerintah Indonesia.

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, juga memposting cuitan yang menyatakan keprihatinannya terhadap bencana alam yang melanda Tanah Air. Ia menambahkan bahwa pihaknya turut mendoakan agar Ibu Pertiwi lekas pulih dan menyatakan, "Amerika bersamamu."

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Robert Palladino, mengatakan dalam pernyataan pada hari Minggu, "Kami terus memonitor situasinya dengan cermat dan berkomunikasi secara kontinyu dengan pihak berwenang Indonesia."

Dia menambahkan, sejauh ini tidak ada warga negara AS yang terkena dampak tsunami Selat Sunda secara langsung, namun siap membantu apabila diperlukan.

 

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tawaran Lain

Dukungan juga disampaikan oleh Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, yang mengatakan, "Kanada mendoakan dan pemerintah kami siap menawarkan bantuan apabila diperlukan."

Dukungan juga disampaikan oleh Presiden Komisi Eropa, Jean-Claude Juncker, lewat suratnya kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.