Sukses

Takut Terlihat 10 Tahun Lebih Tua? Jangan Konsumsi 5 Makanan dan Minuman Ini

Tiap orang pasti ingin terlihat lebih muda. Namun, mereka tidak mau menjaga pola hidup sehingga mudah terlihat lebih tua.

Liputan6.com, Jakarta - Siap orang pasti selalu ingin terlihat lebih muda. Berbagai cara akan ditempuh. Mulai dari pergi ke salon dan melakukan rangkaian perawatan, terutama kulit.

Namun, itu semua tak ada gunanya apabila Anda tidak menjaga pola hidup yang baik. Misalnya, tidur cukup, mengonsumsi air putih dan berolahraga.

Selain itu, ada hal penting lainnya agar Anda tidak terlihat lebih tua. Yaitu dengan menjaga makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Sejumlah makanan dan minuman ini mampu membuat kulit Anda tidak sehat dan terlihat tua. Oleh karenanya, Anda harus mengetahui hal itu sesegera mungkin.

Seperti dikutip dari laman lifegate.com, Rabu (19/12/2018), berikut 5 makanan dan minuman yang buat Anda jauh lebih tua:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Makanan Manis

Mengonsumsi makanan yang serba manis tak hanya berisiko diabetes. Namun, hal ini juga berdampak pada kesehatan kulit Anda.

Ketika seseorang sering mengonsumsi makanan manis, maka kelebihan gula akan menumpuk dalam tubuh. Alhasil, ini akan mempengaruhi kolagen kulit.

Anda akan tampak lebih tua dibanding orang di sekitar. Sebab, beberapa bagian pada wajah akan mulai keriput terutama area mata.

Selain masalah kulit, kerusakan gigi juga akan terjadi.

3 dari 6 halaman

2. Alkohol

Menurut Dr. Ostad, apabila hati manusia berfungsi dengan baik maka racun yang ada dalam tubuh dan yang berpotensi merusak kulit dapat dikeluarkan secara alami lewat saluran pembuangan.

Apabila hati Anda mengalami kerusakan, maka racun sulit diurai dan mempengaruhi kondisi kulit Anda. Biasanya, gagalnya proses peruraian racun ini disebabkan oleh konsumsi alkohol.

Maka tak heran, orang yang mengonsumsi alkohol kulitnya akan terlihat lebih kusam dan juga dipenuhi jerawat.

4 dari 6 halaman

3. Daging Mentah

Selain meningkatkan kolesterol dan meningkatkan risiko obesitas, makanan berlemak tinggi protein, seperti steak dapat menggangu pola tidur Anda.

Bukan hanya itu, akibat dipanggang daging akan mengandung hidrokarbon pro-inflamasi, yang dapat menyebabkan kolagen kulit Anda menjadi rusak.

Namun, itu semua terjadi apabila Anda rutin memakan daging panggang.

 

5 dari 6 halaman

4. Makanan Asin

Selain makanan manis, mengonsumsi makanan yang terlalu asin juga dapat menyebabkan kulit keriput dan tampak lebih tua dibanding usia normal.

Dokter juga menganjurkan untuk tidak menambahkan banyak garam ke dalam makanan yang sejatinya sudah asin. Misalnya kerang laut yang sudah kebih asin.

 

6 dari 6 halaman

5. Minuman Berenergi

Kerap kali kita menempuh cara cepat dengan minum minuman berenergi agar kondisi tubuh cepat pulih dan segar kembali.

Namun sejatinya, minuman berenergi punya efek samping. Penuaan dini akan terjadi sebab minuman ini punya efek langsung ke kulit.

Selain itu, mengonsumsi minuman berenergi juga akan merusak gigi kita. Oleh karenanya, usahakan meminumnya dengan sedotan guna membatasi kontak langsung dengan gigi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.