Tak Hanya Jalan Gubeng Surabaya, Ini 7 Insiden Sinkhole di Sejumlah Negara

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 19 Des 2018, 12:05 WIB
Jalan Gubeng Amblas

Liputan6.com, Surabaya - Jalan Gubeng Kota Surabaya, Jawa Timur tepatnya di sekitar RS Siloam atau dekat BNI Gubeng arah Jalan Sumatera, Selasa malam, mendadak ambles sedalam sekitar 8-20 meter dengan panjang 25-100 meter.

Kejadian ini dibenarkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Kota Surabaya Eddy Christijanto di Surabaya yang mengatakan bahwa benar ada jalan ambles di sekitar RS Siloam.

Namun, pihaknya memastikan tidak ada korban jiwa atas amblesnya Jalan Gubeng.

Eddy mengaku belum bisa memastikan penyebab amblesnya Jalan Gubeng tersebut.

Namun demikian, lanjut dia, pihaknya menduga amblesnya jalan itu dikarenakan adanya pembangunan di dekat jalan tersebut.

Kejadian tanah ambles atau juga dikenal dengan istilah sinkhole bukan kali pertama terjadi. Sejumlah wilayah di dunia pernah mengalami hal serupa dengan ukuran lubang berbeda-beda.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, Rabu (19/12/2018), berikut 7 peristiwa sinkhole seperti tanah ambles di jalan Gubeng Surabaya:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 of 8

1. Sinkhole Guatemala

Sinkhole paling tersohor berada di Ibu Kota Guatemala City, Guatemala. Peristiwa yang terjadi pada 30 Mei 2010 ini menyebabkan sebuah gedung tertelan ke dalam lubang selebar 18,2 meter dengan kedalaman 100 meter (AP)
Sinkhole paling tersohor berada di Ibu Kota Guatemala City, Guatemala. Peristiwa yang terjadi pada 30 Mei 2010 ini menyebabkan sebuah gedung tertelan ke dalam lubang selebar 18,2 meter dengan kedalaman 100 meter (AP)

Pada Februari 2007, penduduk Guatemala City ketakutan mendengar suara yang mirip dengan ledakan bom, sementara beberapa orang mulai berteriak, "Gardu listrik jatuh ke bawah!"

Alasannya? Tanah di bawah lingkungan kota mulai tenggelam, dan belasan rumah jatuh ke dalam lubang besar dengan kedalaman 100 meter.

Tiga jasad ditemukan di dalam lubang dan di sungai limbah yang berdekatan dengan lokasi lubang itu.

Pihak berwenang harus mengevakuasi 1.000 orang dari lokasi, mengingat kemungkinan bahwa tanah akan terus runtuh. Diperkirakan penyebab tenggelamnya ini adalah kombinasi dari hujan yang terjadi saat itu.

Ditambah lagi dengan pecahnya pipa saluran pembuangan di bawah tanah.

3 of 8

2. Sinkhole di Trotoar China

Lubang dalam terbentuk setelah sebuah trotoar amblas di China, Minggu, 7 Oktober 2018 (AFP)
Lubang dalam terbentuk setelah sebuah trotoar amblas di China, Minggu, 7 Oktober 2018 (AFP)

Pada Minggu 7 Oktober 2018 sekitar pukul 14.30 waktu setempat, trotoar di depan Rumah Sakit Dazhou Kota Jimin, China, tiba-tiba runtuh. Rekaman video amatir menunjukkan empat orang jatuh ke dalam sinkhole yang terbentuk setelah trotoar tersebut amblas.

Sebanyak empat orang dikabarkan menjadi korban sinkhole tersebut, di mana dua di antaranya tewas dan dua lainnya masih belum ditemukan, demikian sebagaimana dikutip dari AsiaOne.

Dua orang berhasil ditarik keluar tetapi meninggal kemudian, dan dua sisanya masih hilang hingga pencarian pada hari Senin 8 Oktober 2018 lalu.

Sekelompok regu penyelamat telah bekerja belasan jam untuk membersihkan sebuah lubang, yang terbentuk setelah peristiwa amblasnya trotoar di Kota Dazhou, Provinsi Sichuan, China.

 

4 of 8

3. Pengendara Motor Tersedot Sinkhole

Pengendara motor melaju ke arah sinkhole di jalanan Kota Behai, Guangxi, China.
Pengendara motor melaju ke arah sinkhole di jalanan Kota Behai, Guangxi, China.

Seorang pengendara motor tersedot ke dalam sinkhole raksasa yang tiba-tiba terbentuk di tengah jalan.

Pada Agustus 2017, ia terekam kamera CCTV yang berada tidak jauh dari tempat kejadian. Rekaman itu menunjukkan lubang besar muncul dalam beberapa detik di sebuah jalanan China, sehingga si pengendara tak memiliki waktu untuk menghindar.

Seperti dikutip dari ABC.net.au, rekaman tersebut diambil dari gedung di dekat sinkhole terbentuk. Rekaman itu memperlihatkan jalan di Kota Beihai, Guangxi, China, tiba-tiba amblas ke dalam tanah dan menyedot si pengendara motor ke dalamnya.

Pria pengendara motor yang tengah sibuk menerima telepon itu pun menghilang ke dalam celah tanah, sementara pengendara motor lainnya yang berada di dekat lokasi sinkhole berlarian untuk menolongnya.

Beruntung, pria pengendara motor itu berhasil memanjat keluar dari lubang. Ia dilaporkan tak terluka.

 

5 of 8

4. Sinkhole Telan 105 Orang

Ilustrasi Garis Polisi (AFP)
Ilustrasi Garis Polisi (AFP)

Pada Agustus 2013 silam, vila mewah Summer Bay Resort dekat distrik wisata Orlando, Florida, tiba-tiba terbentuk sinkhole. Bangunan besar itu pun hancur, menyebabkan 105 pengunjung harus dievakuasi. Tak ada laporan korban jiwa atau pun luka.

Seperti dimuat News.com.au, insiden terjadi pada Senin 12 Agustus 2013 pagi, sekitar pukul 10.30 waktu setempat. Petugas keamanan Richard Shanley mengaku baru saja masuk kerja di tempat tersebut. Lalu tiba-tiba terjadilah sinkhole.

Salah satu penghuni vila, Amy Jedele menuturkan dirinya ketakutan saat sinkhole terjadi. Ia langsung berlari bersama tunangannya, Darren Gade ke luar vila.

6 of 8

5. Sinkhole Raksasa di Krimea

Sinkhole Raksasa Muncul di Tengah Jalan Crimea
Rekaman video menunjukkan mobil yang hancur di dekat dasar sinkhole.

Tanpa tanda-tanda peringatan, sinkhole raksasa terbentuk di tengah jalan di wilayah Krimea. Enam nyawa jd korban.

Empat orang dewasa dan 2 anak tewas setelah mobil yang mereka naiki jatuh ke lubang runtuhan yang menganga di tengah jalan utama dekat Simferopol, ibu kota Krimea -- yang baru-baru ini memisahkan diri dari Ukraina.

Rekaman video menunjukkan mobil yang hancur di dekat dasar sinkhole. Sesaat setelah kejadian terdengar suara menyayat hati, tangisan anak-anak yang tak berdaya mengharapkan bantuan.

 

7 of 8

6. Sinkhole Sedalam 15 Meter

20161108-Lubang Menganga Tiba-tiba Muncul di Jalanan Jepang-Jepang
Sejumlah petugas mengamankan lokasi munculnya sebuah lubang raksasa atau yang biasa disebut sinkhole di persimpangan dekat Stasiun Hakata, Fukuoka, Jepang, Selasa (8/11). Jalanan itu tiba-tiba runtuh hingga menciptakan lubang besar. (STR/JIJI PRESS/AFP)

Sebuah sinkhole besar menganga di jalan utama di pusat kota Fukuoka, Jepang, pada 8 November 2016 pagi waktu setempat. Terbentuknya lubang pembuangan jumbo itu mengganggu lalu lintas, pasokan listrik dan sistem perbankan.

Pemerintah setempat kemudian mengevakuasi orang-orang yang berada di daerah terdekat, khawatir sinkhole akan membesar dan menelan korban jiwa.

Polisi dan kantor wali kota mengatakan mereka belum menerima laporan korban cedera atas insiden tersebut.

Lokasi sinkhole itu berada di sekitar area pekerjaan konstruksi untuk memperpanjang sistem kereta bawah tanah kota, Nanakuma Line.

 

8 of 8

7. Sinkhole di Dekat Rumah Mantan PM Australia

Sinkhole Sedalam 10 Meter Menganga di Dekat Rumah PM Australia
Sinkhole Sedalam 10 Meter Menganga di Dekat Rumah PM Australia

Sinkhole terlihat pada pukul 7.00 waktu setempat pada Rabu 8 Februari 2017 di Wentworth St, Point Pipper, Australia. Diawali dengan kebocoran gas dan kemudian sebuah lubang pun menganga.

Ternyata, sinkhole itu berada di dekat rumah mantan Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull yang terletak di kawasan elite setempat.

Polisi memerintahkan evakuasi terhadap empat rumah yang terdampak sinkhole. Dua diantaranya berpenghuni.

Juru bicara Woollahra Council mengatakan tim teknik geoetika telah memeriksa sinkhole itu serta melakukan investigasi terhadap kestabilan lubang yang menganga.

Sinkhole itu hanya 500 meter dari rumah PM Australia. Dipercaya terjadi karena hujan badai yang kemudian menggenai saluran air. Ukurannya hampir sebesar kolam renang pribadi atau sekitar 15mx10 meter. Ada pun kedalamannya mencapai 10 meter.

Lanjutkan Membaca ↓