Sukses

Misteri Penyebab Ledakan Restoran di Sapporo Jepang

Sebuah restoran meledak di Jepang pada Minggu 16 Desember 2018 malam, melukai 42 orang.

Liputan6.com, Sapporo - Sebanyak 42 orang dilaporkan mengalami luka dalam sebuah ledakan yang terjadi di salah satu restoran di pusat Kota Sapporo, Pulau Hokkaido, Jepang.

Insiden yang terjadi pada Minggu, 16 Desember 2018 malam itu juga menyebabkan beberapa kerusakan kecil di apartemen dan beberapa bangunan di sekitarnya.

Dikutip dari Abc.net.au pada Senin (17/12/2018), mayoritas korban mengalami luka ringan, meskipun satu orang dilaporkan mengalami pendarahan cukup serius di bagian kepalanya. Mereka semua dilarikan ke rumah sakit untuk perawatan intensif. 

Polisi menyebut tidak ada korban jiwa dalam insiden yang menggegerkan warga Sapporo itu. 

Penyebab ledakan itu, yang terjadi di sebuah restoran dua lantai di distrik Toyohira di Sapporo, sedang diselidiki. Polisi menambahkan bahwa mereka belum memiliki rincian lebih lanjut.

Rekaman video CCTV yang menangkap detik-detik ledakan saat layanan makan malam itu tersebar dengan cepat di media sosial. Api dilaporkan berkobar bersama dengan kepulan asap hitam ke langit.

Orang-orang di sekitarnya terlihat panik berebut menyelamatkan diri keluar dari lokasi ledakan yang dipenuhi puing dan pecahan kaca.

Polisi dan petugas pemadam kebakaran bekerja untuk mengendalikan situasi di lokasi ledakan, sekaligus berupaya mengendalikan api dan asap agar tidak meluas lebih jauh.

Aparat terkait juga mengimbau warga setempat untuk waspada terhadap kemungkinan ledakan lain, yang sejauh ini diduga berasal dari kebocoran pipa gas.

"Kami akan segera menemukan penyebab ledakan, warga harap tidak panik dan selalu waspada," imbau juru bicara polisi setempat.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangunan Restoran Hampir Roboh

Sementara itu, beberapa saksi mata melaporkan mereka mencium bau gas di sekitar lokasi ledakan beberapa saat setelah insiden terjadi sekitar pukul 20.30 waktu setempat.

Laporan dari stasiun televisi NHK menunjukkan asap tebal mengepul dari atap dan celah bangunan restoran. Sementara di dekatnya, puluhan petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api, yang membuat struktur bangunan tersebut hangus dan hampir roboh.

Beberapa jendela gedung apartemen di sebelahnya juga dilaporkan rusak dan sebagian kendaraan yang diparkir di dekatnya tertimpa oleh puing-puing yang jatuh dari gedung restoran tersebut.

Pemerintah distrik setempat dikabarkan telah membuat penampungan sementara bagi warga sekitar lokasi ledakan, agar mereka terhindar dari kepungan asap yang mengganggu kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.