Sukses

Meski Dilanda Krisis, Ini 7 Sisi Lain Venezuela yang Mengejutkan

Venezuela masih dilanda krisis. Negara yang berada di Amerika Selatan ini kian memanas. Tapi banyak sisi lain yang terlupakan atau bahkan tak diketahui.

Liputan6.com, Caracas - Media internasional masih ramai menyoroti krisis yang melanda Venezuela. Diawali hiperinflasi yang membuat nilai uang lebih rendah dibanding segulung tisu toilet, meningkatnya aksi protes yang diwarnai kekerasan, perekonomian yang lumpuh dan memicu krisis politik. 

Bahkan dilaporkan tidak ada pelancong yang berminat berkunjung ke negara tersebut. 

Padahal di sisi lain, Venezuela adalah negara yang memiliki pemandangan alam menakjubkan. Selain itu, negeri yang berada di Amerika Selatan ini mempunyai flora dan fauna liar yang spektakuler. Demikian seperti dikutip dari Telegraph.co.uk, Selasa (11/12/2018).

Christopher Columbus bahkan menyebutnya sebagai "surga Bumi". Lalu, apa saja yang fakta yang belum diketahui publik terkait Venezuela? Berikut adalah 7 fakta menarik lainnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Surganya Wanita Cantik

Negara kelima terbesar di Amerika Selatan ini telah 'melahirkan' enam pemenang Miss World, menempatkannya di depan Inggris (5), India (5), Amerika Serikat, Jamaika, dan Islandia (masing-masing 3).

Venezuela berkali-kali ikut berpartisipasi untuk mengirimkan perempuan-perempuan muda ke ajang kontes kecantikan dunia itu. Selain Miss World, sebanyak enam wanita asal Venezuela juga telah menjadi pemenang Miss Universe sepanjang sejarah berdirinya organisasi Ratu Kecantikan Sejagat ini, di antaranya yakni Maritza Sayalero( 1979), Irene Lailin Sáez Conde (1981), Yoseph Alicia Machado Fajardo (1996), Dayana Sabrina Mendoza Moncada (2008), Stefanía Fernández Krupij (2009) dan María Gabriela de Jesús Isler Morales (2013).

Irene Sáez adalah satu-satunya mantan Miss Universe dari Venezuela yang mencalonkan diri sebagai presiden negara tersebut pada 1998.

3 dari 8 halaman

2. Rumah Bagi Satwa Liar

Menurut Conservation International, hanya 17 negara yang dianggap sebagai "megadiverse". Ketujuh belas negara tersebut memiliki banyak spesies yang berbeda dan tidak ditemukan di tempat lain. Venezuela adalah salah satunya.

Sekitar 23 persen spesies reptil dan 50 persen spesies amfibi, menghuni negara itu sebagai spesies endemik. Beberapa wilayah bahkan dijadikan sebagai destinasi wisata alam liar oleh pemerintah Venezuela.

Daerah padang rumput yang luas, yang dilanda banjir musiman, adalah tanah harfiah dan simbolis dari Venezuela. Di sini, koboi dan zebu (Bos taurus indicus) hidup berdampingan bersama burung yang hinggap di punggung kaiman (keluarga aligator -- Caimaninae), hewan pengerat kapibara (Hydrochoerus hydrochaeris), trenggiling raksasa, puma dan anaconda.

Karena inilah, Venezuela menetapkan 53,9 persen wilayahnya sebagai kawasan yang dilindungi. Di Inggris, wilayah konservasinya hanya 28,4 persen, sedangkan rata-rata global hanya 14,8 persen.

4 dari 8 halaman

3. Tempat Berbahaya

Venezuela memiliki angka pembunuhan --terkait senjata api-- tertinggi kedua di dunia, yakni 59,13 per 100.000 penduduk per tahun), setelah Honduras. Sedangkan ibu kotanya, Caracas, memiliki tingkat pembunuhan mengejutkan: 119,87 per 100.000 penduduk per tahun --terburuk dari semua kota di Venezuela.

The Foreign Office menyarankan agar orang-orang tidak bepergian ke banyak negara bagian di Venezuela.

Hanya ada beberapa negara bagian yang saat ini dinyatakan relatif aman, yaitu Amazonas di bagian selatan dan timur, Delta Amacuro dan Bolívar, serta Taman Nasional Los Roques Archipelago di wilayah lepas pantai.

Otoritas menambahkan, "Ada ancaman tinggi dari kejahatan, seperti kekerasan dan penculikan di seluruh Venezuela. Berhati-hatilah setiap saat, termasuk ketika tiba di negara ini."

Belakangan, demonstrasi dan protes politik besar-besaran yang terus bergejolak di Caracas dan kota-kota lain sejak awal April 2017 hingga kini.

5 dari 8 halaman

4. Pikir 2 Kali Sebelum Sewa Mobil di Venezuela

Venezuela juga merupakan salah satu tempat paling mematikan di dunia untuk berkendara, menurut data dari World Health Organization (WHO), dengan 37,2 kematian jalan per 100.000 penduduk per tahun.

Hanya empat negara yang memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi: Eritrea, Republik Dominika, Libya, dan Thailand.

Bensin Sangat Murah

Awalnya BBM gratis di Venezuela, berkat kebijakan subsidi besar-besaran pemerintah. Namun pada akhirnya, presiden Venezuela, Nicolas Maduro, telah menaikkan harga BBM.

Harga bensin per liter hanya US$ 0,01 (Rp 146), menurut situs web analis bahan bakar globalpetrolprices.com per 2017. Negara kedua dengan harga BBM termurah adalah Arab Saudi, di mana per liter bensin dibanderol dengan harga US$ 0,24 (Rp 3.510).

6 dari 8 halaman

5. Burger McDonald Lebih Mahal dari BBM

Burger khas McDonald, Big Mac, harganya terbilang selangit di Venezuela. Anda harus merogoh kocek US$ 5,25 (Rp 76.700) untuk mendapatkannya.

Sementara itu, alkohol adalah minuman yang langka di Venezuela, meski beberapa penduduk lokal masih nekat mengonsumsi anggur. Tetapi, mereka harus berhati-hati saat menjelang pemilu, sebab penjualan alkohol dilarang hingga 21 jam sebelum pemungutan suara.

7 dari 8 halaman

6. Ada Petir Abadi

Venezuela adalah satu-satunya negara yang punya petir abadi. Fenomena ini terbentuk di atas mulut Sungai Catatumbo, ketika udara pegunungan dingin bertabrakan dengan panasnya Danau Maracaibo.

'Catatumbo lightning' masuk dalam Guinness Book of World Records pada tahun 2015 sebagai tempat di mana masyarakat bisa menyaksikan langsung petir abadi di planet ini. Kadang-kadang, ada lebih dari 100.000 kilatan guntur dalam satu malam.

8 dari 8 halaman

7. Pegunungan dan Gunung yang Indah

Gunung Roraima, di Taman Nasional Canaima, menginspirasi pengarang cerita fiksi terkenal berkebangsaan Inggris, Sir Arthur Conan Doyle, untuk membuat The Lost World (1912). Di sana, orang-orang bisa melihat burung endemik, katak, capung dan tarantula.

"Dikenal penduduk lokal sebagai tepui, Roraima adalah gunung tertinggi dan paling terkenal dari gugusan pegunungan yang berada di dataran tinggi terpencil, di tenggara Venezuela, di perbatasan Guyana dan Brasil," kata aktor Hollywood, Richard Madden.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.