Awas, 5 Makanan Ini Berbahaya Jika Disantap dalam Kondisi Mentah

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 11 Des 2018, 19:05 WIB
Diperbarui 11 Des 2018, 19:05 WIB
Kulit sehat
Perbesar
Ilustrasi kulit sehat karena makanan (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Sushi dan sashimi adalah makanan khas Jepang yang biasanya disajikan dan dimakan dalam kondisi mentah. Meski awalnya dianggap aneh, terutama orang Barat, hidangan tersebut kini jadi tren dan jadi kegemaran orang dari latar belakang berbagai bangsa. 

Pada hakikatnya, sushi adalah makanan yang boleh dimakan dalam kondisi daging ikan atau hewan laut lain masih mentah. Namun, hal yang perlu diingat adalah daging ikan itu harus segar dan bersih serta bebas dari bakteri.

Meski begitu, tak semua makanan boleh dimakan secara mentah. Ada beberapa bahan makanan yang sama sekali tidak boleh dimakan secara mentah sama sekali.

Sebab, hal ini bisa memicu sejumlah efek mulai dari keracunan hingga kematian. Seperti dikutip dari laman Health.howstuffworks.com, Selasa (11/12/2018) berikut 5 makanan yang tak boleh dikonsumsi secara mentah:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

2 dari 6 halaman

1. Kacang Merah

5 Khasiat Ajaib Kacang Merah
Perbesar
5 Khasiat Ajaib Kacang Merah

Kacang merah mengandung protein yang disebut sebagai lektin. Hal ini sangat bermanfaat bagi tubuh, apabila kacang merah tersebut dimasak terlebih dahulu.

Namun, apabila kacang merah tersebut tidak dimasak terlebih dahulu akan membahayakan tubuh. Sebab, kacang yang tidak dimasak mengandung phytohemagglutinin.

Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, maka kacang merah mentah akan mengganggu masalah pencernaan, memicu mual dan muntah.

Apabila sudah terlalu parah maka Anda bisa keracunan dan harus dibawa ke rumah sakit.

3 dari 6 halaman

2. Kacang Almond

Minyak Almond
Perbesar
Ilustrasi Minyak Almond (iStockphoto)​

Kacang almond memang enak untuk dikonsumsi. Apalagi ditambahkan ke kue atau es krim. Namun, kelezatan kacang almond dapat dirasakan apabila kacang itu telah dimasak sebelumnya.

Sebab, kacang almond yang masih mentah mengandung kadar hidrogen sianida yang berbahaya. Anak-anak yang menelan beberapa almond pahit atau mentah dapat menimbulkan kematian.

Orang dewasa yang mengonsumsi almond mentah mungkin tak berisiko meninggal, tetapi bisa keracunan.

4 dari 6 halaman

3. Kentang

Ilustrasi kentang (AFP)
Perbesar
Ilustrasi kentang (AFP)

Kebanyakan dari Anda tentu pernah mengonsumsi kentang. Mau itu digoreng atau direbus. Di sejumlah negara, kentang dianggap sebagai pengganti nasi.

Kentang juga baik bagi tubuh apabila dikonsumsi dalam keadaan matang. Jika dimakan secara mentah, maka kebalikannya.

Kentang mentah berpotensi beracun karena senyawa yang disebut solanin. Biasannya, kentang yang berpotensi beracun adalah kentang jenis hijau.

 

5 dari 6 halaman

4. Singkong

Ilustrasi Singkong
Perbesar
Singkong punya segudang manfaat untuk tubuh (Ilustrasi: Information Nigeria)

Singkong memiliki banyak nama. Mulai dari ubi kayu, tapioka, hingga kasava. Tanaman asli Amerika Selatan ini mudah tumbuh di iklim yang lembab.

Makan singkong rebus atau goreng sangat mengenyangkan. Oleh karenanya, singkomg ini jadi makanan pokok di sejumlah wilayah untuk memenuhi kebutuhan.

Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah jangan pernah makan singkong dalam kondisi mentah. Toksit beracun dalam singkong mentah adalah sekelompok senyawa yang berubah menjadi hidrogen sianida apabila sudah masuk dalam tubuh.

Jika dimakan, Anda bisa muntah-muntah atau pingsan.

6 dari 6 halaman

5. Daging Babi

Ilustrasi bayi babi mutan. (AP)
Perbesar
Ilustrasi bayi babi mutan. (AP)

Sebagian dari Anda mungkin pernah mendengar tentang trichinosis sebelumnya. Ini adalah parasit yang bisa menyerang dang tinggal di usus kecil Anda apabila mengomsusi daging babi yang masih mentah.

Babi bukan satu-satunya hewan yang dapat menyebabkan parasit itu menyerang tubuh. Daging beruang, serigala, rubah dan walrus yang mentah juga bisa membuat potensi yang sama.

Lanjutkan Membaca ↓