Tua dan Sakit-sakitan, Kanguru Bertubuh Kekar Bak Binaragawan Mati

Oleh Liputan6.com pada 11 Des 2018, 11:32 WIB
Diperbarui 11 Des 2018, 12:16 WIB
Roger Si Kanguru Kekar

Liputan6.com, Queensland - Roger si kanguru perkasa, yang viral karena mampu meremukkan sebuah ember logam, dikabarkan telah mati dalam usia 12 tahun pada Senin 9 Desember 2018.

Hewan asli Australia itu dikenal karena mempunyai tubuh yang kekar, mirip dengan seorang binaraga. Ia dipelihara di penangkaran The Kangaroo Sanctuary, Alice Spring, Australia utara.

Sementara itu, pihak penangkaran mengatakan, Roger meninggal karena faktor usia. "Kami seperti kehilangan anak sendiri," kata pemiliknya, Chris Barns, seperti dikutip dari ABC Indonesia, Senin, 10 Desember 2018. "Dia telah menjalani kehidupannya panjang, indah, dan dicintai jutaan orang di seluruh dunia," tambahnya.

Selama lima tahun, Roger menjadi "bos" di The Kangaroo Sanctuary. Tapi, kata Barns, sejak 2016, Roger mulai menghadapi penyakit usia senja. Penglihatannya sudah tidak normal dan sempat dirawat akibat radang sendi.

Barns menggambarkan kanguru itu sebagai "teman terbaik" dan "putra" dia sendiri. Namun, ia cuma bisa mengusap-usap pundak Roger di hari ulang tahunnya yang ke-11.

"Dia sudah tua dan meskipun sangat besar dan terlihat kuat, dia sudah seperti orang tua. Orang tua tak lagi mampu melawan," ujar Barns dalam postingannya di media sosial.

Roger dikuburkan di penangkaran tersebut, di mana kanguru ini telah 10 tahun tinggal di sana setelah diselamatkan oleh Barns.

"Dia akan selalu berada di sini," pungkas Barns.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 of 2

Potret Roger Viral di Dunia Maya

Ilustrasi kanguru (iStock)
Ilustrasi kanguru (iStock)

Sebelumnya, seorang tukang kebun terkejut melihat kanguru yang penampilannya bak 'binaragawan'. Hewan berbobot 100 kg itu punya otot-otot biseps yang menonjol.

Jackson Vincent, nama tukang kebun itu, kemudian mengabadikan momen langka di Boodjidup Creek di Margaret River, Australia Barat itu.

Awalnya pria berusia 27 tahun itu tak percaya apa yang dilihatnya di dalam air. Kanguru bertubuh kekar, yang separuh badannya terendam itu, bahkan balas menatapnya.

Jackson pun sempat khawatir hewan berkantung itu tengah bersiap untuk menyerang anjing kesayangannya, Dharma.

Jackson dari Freemantle, Perth, tengah mengunjungi sang nenek di Margaret River saat melihat binatang raksasa itu sekitar pukul 11.30.

"Saya kerap ke sungai sejak kecil dan selalu ada kanguru di sana. Saat itu saya sedang berjalan-jalan bersama anjing dan melihat kanguru besar itu berdiri di air. Saya belum pernah melihat kanguru berdiri di air seperti itu, awalnya hanya terlihat kepalanya," ujar Jackson seperti dikutip dari News.com.au, Kamis 12 November 2017.

"Ketika saya berlari mengitarinya untuk memotret, kanguru itu mendekat. Dan saat itulah saya menyadari binatang itu sangat besar, yang terbesar yang pernah saya lihat."

"Tadinya saya yakin akan berhadapan langsung dengan kanguru itu. Tapi saat dia mulai keluar dari air, jantungku berdegup kencang sehingga saya memutuskan untuk mundur. Dia terlihat setinggi dua meter atau lebih, dengan berat minimal sekitar 100 kg".

"Dia memiliki tubuh yang sangat besar dan lebih tinggi dariku. Ada banyak kanguru di tempat nenekku, tapi aku belum pernah melihat yang berotot sebelumnya - dia seperti pria macho berbadan besar.

"Saya memutuskan untuk memulangkan Dharma dari sana, karena kami pikir kanguru akan terpikat untuk menenggelamkannya ke dalam air."

Setelah mengembalikan Kelpie Dharma kembali ke rumah sang nenek, ia kembali ke sungai untuk melihat kanguru itu lagi.

"Cakar-cakarnya sangat besar, sepanjang tanganku. Bagiku bahkan itu lebih menakutkan daripada ototnya, terlihat mengerikan," tutur Jackson. 

"Saya belum pernah melihat kanguru begitu defensif...," jelas Jackson.

Postingan foto di Facebook Jackson yang memperlihatkan gambar fisik kanguru bertubuh kekar itu kemudian viral dengan cepat. Gambar tersebut mendapat ribuan likes dan telah banyak dibagikan.

Para komentator online kemudian merespons cepat, mempertanyakan bagaimana hewan itu bisa memiliki otot bahu, bisep dan dada serta postur tubuh seperti binaragawan.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by