Sukses

Konflik Afghanistan Bikin Messi Si Kantong Kresek Mengungsi

Bocah Afghanistan yang merupakan fan Lionel Messi harus mengungsi akibat konflik berkepanjangan di kampung halamannya.

Liputan6.com, Kabul - Seorang anak laki-laki asal Afghanistan, yang menjadi viral di internet setelah difoto memakai kaos dari kantong plastik dengan warna seragam tokoh pemain sepak bola idolanya Lionel Messi, dipaksa meninggalkan rumahnya menyusul serangan Taliban.

Murtaza Ahmadi, yang kini berusia 7 tahun, dua tahun lalu menjadi sorotan utama dunia ketika saudaranya memberinya kemeja dari kantong plastik bergaris biru dan putih, dengan nama Messi dan nomor dada 10.

Ketenarannya yang tiba-tiba itu telah membuka jalan baginya untuk bertemu dengan bintang si kulit bundar asal Argentina, Lionel Messi, tetapi hal itu justru menyebabkan masalah bagi keluarganya yang merupakan anggota minoritas etnis Hazara dari distrik Jaghori di provinsi tengah Ghazni, Aghanistan.

"Murtaza menjadi terkenal di seluruh dunia dan kami tidak dapat berjalan bebas dan pergi kemana pun. Murtaza dan anak-anak saya yang lain tidak dapat pergi ke sekolah," kata ibunya, Shafiqah Ahmadi dari Kabul, tempat keluarga itu tinggal, seperti dikutip dari ABC Indonesia, Senin (10/12/2018).

"Pada malam itu orang-orang yang dicurigai berjalan di dekat rumah kami dan ketika Taliban menyerang desa kami, kami memutuskan untuk pergi."

Seorang anak laki-laki Afghanistan, Murtaza Ahmadi berkaos kantong kresek timnas Argentina milik Lionel Messi terlihat bermain bola di  kabupaten Jaghori, provinsi Ghazni, 29 Januari 2016. Sebelumnya, foto Murtaza itu menyebar luas di dunia maya (STR/AFP)

Ghazni, sekitar dua jam perjalanan ke selatan ibukota Kabul, Afghanistan telah menjadi tempat pertempuran sengit sepanjang tahun ini.

Taliban dalam waktu singkat menyerbu kota Ghazni pada bulan Agustus lalu dan terjadi pertempuran sengit di Jaghori, yabg memaksa ribuan orang melarikan diri.

"Situasi keamanan tidak baik dan saya takut untuk pergi keluar," kata Murtaza.

"Saya ingin menjadi pemain sepakbola seperti Messi dan saya ingin bisa pergi ke sekolah."

 

Simak video pilihan berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Bertemu Langsung dengan Messi

Murtaza Ahmadi masih 5 tahun saat fotonya mendunia. Aksi kocaknya mengenakan plastik kresek yang dibuat mirip kostum Argentina bernomor 10 bertuliskan Messi membuatnya terkenal. Foto itu juga yang mengantarnya bertemu sang idola, Lionel Messi.

Sejak fotonya pertama kali muncul media sosial, Messi 'kantong keresek' langsung membuat kehebohan di internet. Setelah kemunculan yang menghebohkan tersebut, keberadaan Messi 'kantong keresek' langsung banyak diburu.

Foto bocah tersebut tak lama langsung menjadi viral. Bahkan bintang Barcelona, Messi ingin bertemu dengan penggemar mudanya itu untuk memberikan jersey yang layak kepada Murtaza.

Mereka bersua di Doha, Qatar, 2016. Dalam pertemuan tersebut La Pulga juga memberikan kenang-kenangan berupa bola dan kostum bertanda tangan kepada Murtaza.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.