Sukses

Gempa Magnitudo 7,5 di Kaledonia Baru Picu Peringatan Dini Tsunami

Gempa magnitudo 7,5 mengguncang Kaledonia Baru, Samudra Pasifik. Hal itu memicu pengaktifan peringatan dini tsunami.

Liputan6.com, Noumea - Gempa bermagnitudo 7,5 melanda kawasan pantai Kaledonia Baru, Samudra Pasifik. Pemerintah setempat telah mengeluarkan peringatan tsunami untuk wilayah di kawasan pantai sejauh radius 1.000 km (620 mil).

Otoritas memperkirakan, ketinggian gelombang tsunami bisa mencapai 3 meter dan mampu menghantam hingga Vanuatu.

"Berdasarkan parameter awal gempa, gelombang tsunami berbahaya mungkin akan mencapai pantai yang terletak di 1.000 km dari pusat gempa," kata Pacific Tsunami Warning Center (PTWC), yang dikutip dari The Guardian, Rabu (5/12/2018).

Sementara itu, menurut laporan USGS atau Survei Geologi AS, pusat gempa berada pada kedalaman sekitar 10 km dan terjadi pada pukul 04.18 GMT. Episentrumnya tercatat berada di 168 km timur tenggara Tadine --sebuah kota yang berada di Pulau Loyalty.

USGS juga mencatat gempa susulan berkekuatan 5,9 terjadi pada pukul 04.30 GMT.

Kaledonia Baru merupakan wilayah yang termasuk dalam "cincin api" Pasifik atau biasa disebut Ring of Fire, sehingga gempa adalah 'makanan sehari-hari' warga di sana.

Di negara kepulauan ini, terdapat penduduk dengan jumlah 268.767 orang, berdasarkan sensus yang dilakukan pada 2014.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.