Sukses

Polisi: Ada Cukup Bukti untuk Mendakwa PM Israel atas Kasus Korupsi

Polisi Israel mengatakan, ada cukup bukti untuk mendakwa Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dalam penyelidikan korupsi ketiga.

Liputan6.com, Tel Aviv - Polisi Israel mengatakan pada Minggu, 2 Desember 2018 bahwa ada cukup bukti untuk mendakwa Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dalam penyelidikan korupsi ketiga.

Menurut pernyataan polisi, pihak berwenang menemukan bukti penipuan, penyuapan, dan pelanggaran kepercayaan, demikian seperti dikutip dari CNN, Senin (3/12/2018).

Polisi juga mengatakan ada cukup bukti untuk menuntut istri Netanyahu, Sara Netanyahu, dengan pidana penipuan, menerima suap, dan mengganggu penyelidikan.

Kasus itu adalah salah satu yang terbesar yang dihadapi pemimpin Israel dan lingkaran orang terdekatnya dalamnya. Ini berkaitan dengan hubungan antara Kementerian Komunikasi--di bawah kepemimpinan Netanyahu--dan perusahaan telekomunikasi Israel Bezeq.

Penyelidik mengatakan, Benjamin Netanyahu memberi suap senilai hingga 1 miliar shekel (sekitar US$ 280 juta) kepada Shaul Elovitch, pemegang saham pengendali Bezeq, dan teman Netanyahu. Sebagai gantinya, jaksa mengatakan Elovitch memberi Netanyahu liputan berita yang menguntungkan di situs berita online Walla! News, yang dimiliki oleh Elovitch.

Polisi mengatakan ada cukup bukti untuk menuntut Elovitch karena menerima suap, mengganggu penyelidikan, dan kejahatan keuangan.

Baik Netanyahu dan Elovitch telah membantah melakukan pelanggaran hukum.

Menanggapi pernyataan polisi, Benjamin Netanyahu mengatakan, "Rekomendasi polisi terhadap saya dan istri saya tidak mengejutkan siapa pun. Rekomendasi ini diputuskan dan dibocorkan sebelum penyelidikan dimulai. Rekomendasi polisi tidak memiliki kedudukan hukum."

"Tidak akan ada apa-apa karena memang tidak ada apa-apa," dia menyimpulkan.

 

Simak video pilihan berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dua Kasus Lainnya

Sebelumnya, polisi Israel telah mengatakan ada cukup bukti untuk mendakwa Netanyahu atas tuduhan penipuan, penyuapan, dan pelanggaran kepercayaan dalam dua kasus terpisah sebelumnya. Keputusan akhir apakah akan mengadili kebohongan dengan Jaksa Agung Israel.

Dalam Kasus 1000, Netanyahu diduga telah menerima hadiah dari pengusaha luar negeri sebesar 1 juta shekel (sekitar US$ 280.000), termasuk cerutu, sampanye, perhiasan dan banyak lagi, dari tahun 2007 hingga 2016.

Kasus kedua, yang disebut Case 2000, melibatkan percakapan yang dilakukan Netanyahu dengan Arnon Mozes, pemilik salah satu surat kabar terkemuka Israel, Yedioth Ahronoth, yang secara teratur mengkritik perdana menteri.

Dalam percakapan, yang menjadi publik melalui transkrip yang bocor di media Israel, Netanyahu diduga membahas pembatasan peredaran persaingan terbesar Yedioth Ahronot yang mendukung cakupan yang lebih menguntungkan.

Baik Netanyahu dan Mozes mengatakan bahwa mereka tidak diskusi serius. Sebaliknya, mereka masing-masing mengklaim bahwa mereka mencoba untuk mengekspos ketidakpercayaan orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.