Sukses

Jelang Hari Berkabung Nasional, George HW Bush Disemayamkan di Kongres AS

Jenazah mantan presiden Amerika Serikat George HW Bush akan disemayamkan di Rotunda Kongres AS di Washington DC.

Liputan6.com, Washington DC - Jenazah mantan presiden Amerika Serikat George HW Bush akan disemayamkan di Rotunda Kongres AS (US Capitol Rotunda) di Washington DC pada Senin 3 Desember 2018 waktu setempat, jelang upacara dan hari berkabung nasional yang akan diselenggarakan untuknya pada Rabu 5 Desember 2018 mendatang.

Upacara kedatangan jenazah Bush senior akan digelar pada Senin malam. Setelah itu, masyarakat dibolehkan hadir ke Rotunda Kongres AS untuk memberikan penghormatan terakhir, demikian seperti dikutip dari BBC, Senin (3/12/2018).

Usai dari Rotunda Kongres AS, seremoni persemayaman dan doa terakhir juga akan digelar di National Cathedral di Washington DC.

Usai disemayamkan, Bush senior akan dimakamkan pada Kamis 6 Desember 2018 di negara bagian tanah kelahirannya, Texas, tepatnya di George HW Bush Presidential Library and Museum. Istri Bush, Barbara, yang tutup usia lebih dulu pada delapan bulan lalu, juga dimakamkan di sana.

Pada akhir hayatnya, Bush senior telah menerima pengobatan untuk bentuk penyakit Parkinson dan telah dirawat di rumah sakit dengan infeksi darah pada bulan April.

Dia meninggal di usia 94 tahun di Houston, Texas, pada 30 November 2018 malam waktu setempat.

Pesawat kepresidenan AS akan diterbangkan ke Houston untuk membawa jasad mantan presiden Bush senior ke Washington DC.

Jenazahnya akan disemayamkan di Rotunda Kongres AS hingga pukul 07.00 EST Rabu 5 Desember 2018 waktu setempat.

Sebuah pernyataan dari satuan tugas militer gabungan yang mendukung berbagai peristiwa di seputar pemakaman kenegaraan menjanjikan akan memberikan "sebuah penghormatan kelas satu" kepada almarhum Bush.

Mantan Presiden AS George HW Bush didorong oleh Mantan Presiden AS George Bush Junior saat menghadiri pemakaman mantan ibu negara, ibu sekaligus istri bagi keluarga Bush sabtu 21 April 2018 (AP Photo/David J. Phillip, File)

Sementara itu, Gedung Putih mengatakan bahwa Presiden Donald Trump dan Ibu Negara Melania Trump akan hadir pada pemakaman George HW Bush di Texas, meskipun sebelumnya tidak hadir di pemakaman mantan Ibu Negara, Barbara Bush. Puluhan pemimpin dunia lainnya juga diharapkan hadir.

Trump juga telah menyatakan bahwa Rabu 5 Desember, merupakan hari berkabung nasional. The New York Stock Exchange dan Nasdaq juga akan ditutup pada hari itu untuk menghormatinya.

Berbicara dalam kunjungannya ke Buenos Aires untuk menghadiri KTT G20, Presiden Trump menyebut Bush sebagai "pria berkualitas tinggi."

"Dia orang yang hebat dan dia akan dirindukan. Dia menjalani hidup yang penuh, dan kehidupan yang sangat teladani juga," katanya kepada wartawan.

Juru bicara kantor kepresidenan AS, Sarah Sanders, mengumumkan bahwa bendera-bendera di Gedung Putih telah diturunkan ke setengah tiang untuk menghormati George HW Bush, ayah dari mantan presiden ke-43 George W Bush.

Upacara pemakaman kenegaraan biasanya diadakan bagi presiden atau mantan presiden atau para pejabat lain yang ditetapkan oleh presiden.

Pemakaman kenegaraan merupakan acara yang berlangsung antara tujuh sampai sepuluh hari dan mencakup tiga tahapan: upacara-upacara di negara bagian di mana pejabat itu tinggal, di Washington, DC, dan di negara bagian di mana individu itu telah memilih untuk dikebumikan.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Trump Mengenang Sosok George HW Bush

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan First Lady, Melania Trump menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya mantan Presiden AS, George HW Bush.

Pernyataan ini disampaikan oleh Donald Trump di tengah kunjungannya ke Argentina untuk menghadiri KTT G-20.

Lewat akun resmi Twitter-nya, Presiden AS ke-45 tersebut menilai jika George HW Bush sosok yang pemimpin yang kuat. Trump memuji cara pikir dan kepemimpinan hebat yang dilakukan oleh Bush semasa menjabat.

Berikut ini petikannya:

 

Melania dan saya serta seluruh warga negara turut berduka atas kepergian mantan Presiden AS George HW Bush yang meninggal tadi malam.

Sosoknya yang cerdas, serta komitmennya yang teguh terhadap iman, keluarga dan negara, Presiden Bush mengilhami banyak generasi untuk melayani publik.

Presiden Bush selalu menemukan cara untuk menetapkan standar yang lebih tinggi. Sewaktu muda, ia pernah menjadi kapten tim bisbol Yale dan kemudian melanjutkan pelayanan sebagai penerbang termuda di Angkatan Laut Amerika Serikat selama Perang Dunia II. Di kemudian hari, ia naik menuju puncak politik Amerika Serikat sebagai anggota Kongres dari Texas, utusan ke China, Direktur Intelijen Pusat, Wakil Presiden mendampingi Presiden Ronald Reagan, dan akhirnya menjadi Presiden Amerika Serikat.

Dengan penilaian yang baik, akal sehat dan kepemimpinannya tak tergoyahkan, Presiden Bush membimbing bangsa kita dan dunia menuju akhir Perang Dingin yang damai dan penuh kemenangan. Sebagai Presiden, ia mengatur panggung kemakmuran selama puluhan tahun. Lewat pencapaian ini, ia tetap rendah hati, mengikuti panggilan hati dan memberikan layanan yang jelas.

Segala pelayanannya kepada negara akan terus diingat. Terutama pengabdiannya kepada keluarga, termasuk cinta dalam hidupnya yaitu Barbara. Teladannya akan terus hidup dan mampu menggerakkan orang Amerika Serikat di masa depan.

Hati kami sakit dan kehilangan. Kami rakyat Amerika Serikat mengirimkan doa kepada kelurga Bush. Kami akan selalu menghormati warisannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.