Donald Trump Kenang Sosok George HW Bush di Sela KTT G20

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 01 Des 2018, 14:47 WIB
Diperbarui 02 Des 2018, 15:15 WIB
Presiden Trump Ampuni Kalkun di Hari Thanksgiving

Liputan6.com, Washington DC - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan First Lady, Melania Trump menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya mantan Presiden AS, George HW Bush.

Pernyataan ini disampaikan oleh Donald Trump di tengah kunjungannya ke Argentina untuk menghadiri KTT G-20.

Lewat akun resmi Twitter-nya, Presiden AS ke-45 tersebut menilai jika George HW Bush sosok yang pemimpin yang kuat. Trump memuji cara pikir dan kepemimpinan hebat yang dilakukan oleh Bush semasa menjabat.

"Melania dan saya serta seluruh warga negara turut berduka atas kepergian mantan Presiden AS George HW Bush yang meninggal tadi malam.

Sosoknya yang cerdas, serta komitmennya yang teguh terhadap iman, keluarga dan negara, Presiden Bush mengilhami banyak generasi untuk melayani publik.

Presiden Bush selalu menemukan cara untuk menetapkan standar yang lebih tinggi. Sewaktu muda, ia pernah menjadi kapten tim bisbol Yale dan kemudian melanjutkan pelayanan sebagai penerbang termuda di Angkatan Laut Amerika Serikat selama Perang Dunia II. Di kemudian hari, ia naik menuju puncak politik Amerika Serikat sebagai anggota Kongres dari Texas, utusan ke China, Direktur Intelijen Pusat, Wakil Presiden mendampingi Presiden Ronald Reagan, dan akhirnya menjadi Presiden Amerika Serikat.

Dengan penilaian yang baik, akal sehat dan kepemimpinannya tak tergoyahkan, Presiden Bush membimbing bangsa kita dan dunia menuju akhir Perang Dingin yang damai dan penuh kemenangan. Sebagai Presiden, ia mengatur panggung kemakmuran selama puluhan tahun. Lewat pencapaian ini, ia tetap rendah hati, mengikuti panggilan hati dan memberikan layanan yang jelas.

Segala pelayanannya kepada negara akan terus diingat. Terutama pengabdiannya kepada keluarga, termasuk cinta dalam hidupnya yaitu Barbara. Teladannya akan terus hidup dan mampu menggerakkan orang Amerika Serikat di masa depan.

Hati kami sakit dan kehilangan. Kami rakyat Amerika Serikat mengirimkan doa kepada kelurga Bush. Kami akan selalu menghormati warisannya."

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Ungkapan Belasungkawa dari Militer Amerika Serikat

Presiden ke-41 Amerika Serikat, George HW Bush
Presiden ke-41 Amerika Serikat, George HW Bush. (Public Domain)

Melalui akun resmi Twitter-nya, Tentara Nasional Amerika Serikat atau US Army menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Mantan Presiden AS George HW Bush.

"Beristirahat dengan damai"

"Presiden Amerika Serikat ke-41, sekaligus Veteran Perang Dunia II George HW Bush meninggal dunia pada usia 94 tahun pada 30 November 2018."

"Segala kenangan dan warisan yang beliau tinggalkan tidak akan pernah terlupakan. Belasungkawa kami yang terdalam untuk keluarga Bush," demikian ditulis dalam akun @USArmy.

Sebelum menduduki jabatan sebagai orang nomor satu di Negeri Paman Sam, ayah dari mantan Presiden AS ke-43 George W Bush itu pernah bergabung dengan Angkatan Laut Amerika Serikat dan langsung menjadi penerbang di AL setelah lulus dari Phillips Academy di Massachusetts pada tahun 1942.

Keputusannya bergabung dengan Angkatan Laut Amerika Serikat terjadi usai serangan Pearl Harbor pada tahun 1941.

Ia bertugas untuk menjaga di area Pasifik. George HW Bush menikah dengan Barbara Pierce pada tanggal 6 Januari 1945, hanya beberapa minggu setelah ia kembali dari zona tempur Pasifik.

Lanjutkan Membaca ↓