George HW Bush Wafat, Militer Amerika Serikat Sampaikan Belasungkawa

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 01 Des 2018, 14:00 WIB
Diperbarui 03 Des 2018, 10:13 WIB
Presiden ke-41 Amerika Serikat, George HW Bush

Liputan6.com, New York - Melalui akun resmi Twitter-nya, Tentara Nasional Amerika Serikat atau US Army menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Mantan Presiden AS George HW Bush.

"Beristirahat dengan damai"

"Presiden Amerika Serikat ke-41, sekaligus Veteran Perang Dunia II George HW Bush meninggal dunia pada usia 94 tahun pada 30 November 2018."

"Segala kenangan dan warisan yang beliau tinggalkan tidak akan pernah terlupakan. Belasungkawa kami yang terdalam untuk keluarga Bush," demikian ditulis dalam akun @USArmy.

Sebelum menduduki jabatan sebagai orang nomor satu di Negeri Paman Sam, ayah dari mantan Presiden AS ke-43 George W Bush itu pernah bergabung dengan Angkatan Laut Amerika Serikat dan langsung menjadi penerbang di AL setelah lulus dari Phillips Academy di Massachusetts pada tahun 1942.

Keputusannya bergabung dengan Angkatan Laut Amerika Serikat terjadi usai serangan Pearl Harbor pada tahun 1941.

Ia bertugas untuk menjaga di area Pasifik. George HW Bush menikah dengan Barbara Pierce pada tanggal 6 Januari 1945, hanya beberapa minggu setelah ia kembali dari zona tempur Pasifik.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Menyusul Kepergian Sang Istri

Barbara Bush
Barbara Bush (AP Photo/Doug Mills, File)

Sebelumnya, pada April 2018, istri dari George HW Bush yaitu Barbara Pierce Bush, meninggal dunia pada usia 92 tahun.

Seperti dikutip dari The Guardian, kesehatan Barbara memang sedang menurun waktu itu. Ia dilaporkan menderita gagal jantung kongestif.

"Setelah serangkaian perawatan di rumah sakit baru-baru ini, dan setelah berkonsultasi dengan keluarga dan dokter, Nyonya Bush memutuskan untuk tidak mencari perawatan medis tambahan dan akan fokus pada perawatan yang membuatnya nyaman," demikian ungkap juru bicara keluarga, Jim McGrath, dalam sebuah pernyataan 15 April 2018.

Lahir di New York pada 1925, Barbara menikahi George HW Bush pada 6 Januari 1945. Mereka memiliki enam anak, termasuk mantan Presiden George W Bush dan mantan Gubernur Florida, Jeb Bush.

Anaknya yang lain adalah Neil dan Marvin dan Doro Bush Koch. Sementara seorang anak perempuannya, Robin, meninggal saat berusia tiga tahun.

Lanjutkan Membaca ↓