Sukses

Kisah Ahli yang Pernah Kontak dengan Suku Sentinel: Mereka Cinta Damai, tapi...

Tak banyak orang yang tahu banyak tentang Suku Sentinel yang mengisolasi diri ketimbang antropolog India, T N Pandit. Ini kisah pengalamannya.

Liputan6.com, Andaman dan Nikobar - Tak banyak orang yang tahu banyak tentang Suku Sentinel yang mengisolasi diri di Pulau Sentinel Utara, Kepulauan Andaman dan Nikobar, ketimbang antropolog India, T N Pandit.

Sebagai Kepala Dinas untuk Kementerian Urusan Kesukuan India di wilayah Andaman dan Nikobar, Pandit memulai kunjungan ke komunitas pulau terpencil itu beberapa tahun lalu dan berusaha menjalin kontak untuk beberapa dekade.

Suku Sentinel, yang hidup dalam isolasi total selama puluhan ribu tahun, menjadi perhatian global pekan lalu setelah mereka dilaporkan membunuh seorang misionaris warga negara Amerika Serikat, John Allen Chau (27) yang mencoba melakukan kontak dengan mereka.

Para pejabat mengatakan Chau, yang terbunuh pekan lalu, tidak mendapatkan izin resmi untuk perjalanannya.

Dia malah dikatakan telah membayar nelayan lokal sebesar 25.000 rupee untuk membawanya ke pulau secara ilegal dengan harapan mengubah suku itu untuk memeluk Kristen.

Sebuah upaya sekarang sedang dilakukan untuk mencoba dan mengambil kembali jasad pemuda AS itu --sesuatu yang disarankan oleh Pandit dapat dimungkinkan dengan pendekatan tentatif oleh para pejabat.

'Cinta Damai'

Namun Pandit (84), mengatakan dari pengalamannya, kelompok itu sebagian besar "cinta damai" dan menilai bahwa reputasi menakutkan yang dialamatkan oleh berbagai pihak tentang mereka sungguh tidak adil.

"Selama interaksi kami, mereka mengancam kami tetapi tidak pernah mencapai titik di mana mereka akan membunuh atau melukai. Setiap kali mereka gelisah kami mundur," katanya kepada BBC World Service, dikutip pada Selasa (27/11/2018).

John Allen Chau, warga negara Amerika Serikat yang tewas dipanah oleh Suku Sentinel di Pulau Sentinel Utara, Andaman dan Nikobar, India pada 16 November 2018 (AP PHOTO)

"Aku merasa sangat sedih atas kematian pemuda ini (Chau) yang datang jauh-jauh dari AS. Tapi dia melakukan kesalahan. Dia punya cukup kesempatan untuk menyelamatkan dirinya sendiri. Tapi dia bertahan dan membayar dengan nyawanya."

Pandit pertama kali berangkat untuk mengunjungi Pulau Sentinel Utara, yang eksklusif dihuni oleh Suku Sentinel, pada tahun 1967 sebagai bagian dari kelompok ekspedisi.

Awalnya orang Sentinel bersembunyi di hutan dari pengunjung mereka, dan kemudian pada perjalanan selanjutnya menembak mereka dengan panah.

Dia mengatakan antropolog akan membawa beragam barang bersama mereka dalam ekspedisi selanjutnya untuk mencoba dan menarik kontak.

"Kami telah membawa hadiah panci dan wajan, sejumlah besar kelapa, alat-alat besi seperti palu dan pisau panjang. Kami juga membawa bersama kami tiga orang Onge (suku lokal lain) untuk membantu kami menafsirkan kata-kata dan perilaku orang Sentinel", kenangnya dalam sebuah esai yang memetakan kunjungannya.

"Tetapi prajurit Sentinel menghadapi kami dengan wajah marah dan merengut, bersenjata lengkap dengan busur dan panah panjang mereka, semuanya siap untuk mempertahankan tanah mereka."

Tampak indah, North Sentinel Island ternyata dihuni oleh suku sentinelese yang kejam (Sumber foto: forbes)

Meskipun sedikit berhasil, mereka akan meninggalkan hadiah di belakang untuk mencoba dan membangun hubungan dengan komunitas misterius.

Dalam satu contoh, Pandit mengatakan Suku Sentinel menganggap babi hidup yang ditawari anggota ekspedisi sebagai binatang yang tidak mereka suka. Mereka dengan cepat menombak hewan itu hingga mati dan menguburnya di pasir.

Setelah beberapa ekspedisi mencoba untuk menjalin kontak, terobosan nyata pertama mereka datang pada tahun 1991 ketika suku itu keluar secara damai mendekati tim ekspedisi India di lautan.

"Kami bingung mengapa mereka mengizinkan kami," kata Pandit. "Itu adalah keputusan mereka untuk menemui kami dan pertemuan itu terjadi dengan persyaratan mereka."

"Kami melompat keluar dari perahu dan berdiri di air setinggi leher, membagikan kelapa dan hadiah lainnya. Tapi kami tidak diizinkan untuk melangkah ke pulau mereka."

Pandit mengatakan dia tidak terlalu khawatir tentang diserang, tetapi selalu berhati-hati ketika dia berada di dekat mereka.

Dia mengatakan anggota tim mereka mencoba berkomunikasi dalam bahasa isyarat dengan Suku Sentinel, tetapi tidak berhasil karena mereka sebagian besar sudah sibuk dengan hadiah yang ditawarkan.

"Mereka berbicara di antara mereka sendiri, tetapi kami tidak bisa memahami bahasa mereka. Kedengarannya mirip dengan bahasa yang diucapkan oleh kelompok suku etnik lainnya di daerah itu (kawasan Andaman dan Nikobar)," kata Pandit.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Biarkan Mereka Seperti Apa Adanya...

Dalam satu kali tatap muka yang mengesankan pada ekspedisinya ke Pulau Sentinel Utara, seorang anggota muda dari Suku Sentinel mengancam T N Pandit.

"Ketika saya membagikan kelapa, saya sedikit terpisah dari anggota tim saya dan mulai mendekati pantai," katanya kepada BBC.

"Seorang anak laki-laki Sentinel muda membuat wajah lucu, mengambil pisaunya dan memberi isyarat kepada saya bahwa dia akan memotong kepala saya. Saya segera memanggil perahu dan mengundurkan diri dengan cepat,"

"Sikap anak laki-laki itu penting. Dia menjelaskannya bahwa aku tidak diterima."

Pemerintah India sejak itu telah meninggalkan ekspedisi pemberian hadiah, dan orang luar dilarang untuk mendekati pulau itu.

Isolasi total selama puluhan ribu tahun membuat setiap kontak yang dilakukan oleh Suku Sentinel dengan orang luar dapat menempatkan mereka pada risiko penyakit yang mematikan karena mereka cenderung tidak memiliki kekebalan terhadap penyakit, bahkan yang umum sekalipun, seperti flu dan campak.

Pandit mengatakan, anggota kelompoknya selalu ditinjau jelang keberangkatan untuk menekan kemungkinan menularkan penyakit dan hanya mereka yang sehat yang diizinkan untuk melakukan perjalanan ke Sentinel Utara.

Meskipun punya pengalaman tentang kontak yang menegangkan dengan Suku Sentinel, T N Pandit menolak melabel sikap mereka sebagai bermusuhan.

"Itu cara yang salah untuk melihatnya. Sebaliknya, kita (orang luar) adalah agresor mereka," katanya kepada Indian Express. "Kami adalah orang-orang yang mencoba memasuki wilayah mereka."

"Orang-orang Sentinel adalah orang-orang yang cinta damai. Mereka tidak berusaha menyerang orang. Mereka tidak mengunjungi daerah-daerah terdekat dan menimbulkan masalah," katanya kepada BBC.

Pandit mengatakan dia mendukung pembentukan kembali misi pemberian hadiah ramah-tamah dengan Suku Sentinel, tetapi mengatakan mereka tidak boleh diganggu.

"Kami harus menghormati keinginan mereka untuk dibiarkan sendiri," katanya.

Pandangan itu dibagi oleh kelompok-kelompok konservasi seperti Survival International, yang telah memohon pejabat lokal untuk meninggalkan upaya untuk mengevakuasi kembali jasad John Allen Chau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.