Farrokh Bulsara jadi Freddie Mercury... Ini 10 Nama Asli Selebritas Dunia Sebelum Tersohor

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 21 Nov 2018, 19:40 WIB
Diperbarui 23 Nov 2018, 12:13 WIB
Freddie Mercury (AFP)

Liputan6.com, New York - Panggung hiburan identik dengan orang-orang kreatif, dan untuk menjadi terkenal bukanlah perkara mudah. Sejumlah selebritas bahkan harus melewati masa sulit dan melakukan berbagai cara untuk menjadi populer.

Penggunaan nama panggung (meski tak semua dilakukan oleh selebritas) kerap dilakukan, demi melancarkan upaya mereka menuju puncak popularitas dan mencuri perhatian publik.

Sejumlah selebritas bahkan menggunakan nama yang amat berbeda dengan aslinya.

Seperti dikutip dari laman Brighside.me, Rabu (21/11/2018), berikut 10 selebritas yang menggunakan nama panggung sangat berbeda dengan aslinya. Mungkin Anda tak akan menduganya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 of 11

1. Stevie Wonder - Stevland Hardaway Morris

Madonna dan Stevie Wonder
Madonnadan Stevie Wonder kenang Prince di panggung Billboard Music Awards (22/5/2016)

Stevie Wonder adalah seorang penyanyi, penulis lagu, produser rekaman, dan aktivis sosial dari Amerika Serikat.

Ia telah merekam lebih dari 30 lagu hits yang masuk dalam jajaran top 10, juga memenangi 21 Penghargaan Grammy (sebuah rekor untuk artis solo).

Rupanya, penyanyi terbaik yang pernah dimiliki oleh Amerika Serikat ini memiliki nama asli dan berbeda jauh dengan nama panggungnya.

Nama asli dari Stevie Wonder adalah Stevland Hardaway Morris.

 

3 of 11

2. Lady Gaga - Stefani Joanne Angelina Germanotta

Lady Gaga
Lady Gaga berbalut gaun perak dengan ekor panjang saat tampil mempromosikan filmnya A Star Is Born. Ia menyempurnakan penampilan dengan makeup nuansa perak. (dok. Instagram @ladygaga/Asnida Riani)

Wanita yang kerap tampil nyentrik dalam setiap penampilannya ini juga menggunakan nama panggung, yaitu Lady Gaga.

Di balik kepopulerannya, rupanya publik kerap lupa bahwa Lady Gaga itu bukanlah nama aslinya. Nama asli dari wanita berjuluk 'Mother Monster' tersebut adalah Stefani Joanne Angelina Germanotta.

 

4 of 11

3. Nicholas Cage - Nicholas Kim Coppola

Nicholas Cage
Nicholas Cage

Nicolas Cage adalah aktor terkenal di Hollywood. Sejumlah judul film pun pernah ia bintangi. Ia juga menggunakan nama panggung selama berkarier di Hollywood.

Salah satu alasan mengapa ia menggunakan nama panggung lantaran banyak orang yang sukar membedakan antara namanya dan nama sang paman.

Nama asli dari Nicolas Cage ada Nicholas Kim Coppola.

5 of 11

4. Tom Cruise - Thomas Cruise Mapother IV

Tom Cruise
Aktor ganteng, Tom Cruise berpose setibanya di World premiere film terbarunya, Mission: Impossible Fallout di Paris, Kamis (12/7). Mission: Impossible 6 tersebut merupakan sekuel salah satu film yang paling dinantikan tahun ini. (AP/Thibault Camus)

Aktor berparas tampan ini menggunakan nama panggung yang akhirnya melambungkan namanya. Lewat sejumlah film layar lebar, Tom Cruise menjelma sebagai ikon ketampanan di eranya.

Rupanya, nama asli dari pria ini adalah Thomas Cruise Mapother IV. Salah satu alasan ia ingin mempersingkat namanya, lantaran nama aslinya ia anggap aneh.

6 of 11

5. Freddie Mercury - Farrokh Bulsara

Freddie Mercury
Freddie Mercury

Sosok yang satu ini tengah ramai diperbincangkan. Meski sudah lama meninggal, namanya kembali jadi bahan omongan karena film Bohemian Rhapsody yang jadi Box Office.

Rupanya, Freddie Mercury hanyalah nama panggung. Nama asli dari pria ini adalah Farrokh Bulsara.

Farrokh Bulsara memiliki arti, Farrokh bermakna 'bahagia' atau 'indah'. Sedangkan Bulsara itu adalah nama sebuah kota kecil dekat Mumbai, India.

7 of 11

6. Vin Diesel - Mark Sinclair

Vin Diesel-Avengers Infinity War
Aktor Vin Diesel berpose saat menghadiri pemutaran film Disney dan Marvel 'Avengers: Infinity War' di Los Angeles, California (23/4). Vin Diesel tampil mengenakan jaket bomber putih dengan ranting seperti karakter Groot. (AFP Photo/Neilson Barnard)

Aktor berkepala plontos yang dikenal lewat film Fast & Furious ini memang mampu menghipnotis semua penggemar lewat akting yang ia perankan.

Pria bernama asli Mark Sinclair ini sempat mengalami kehidupan sulit. Pada usia 17 tahun ia pernah bekerja sebagai tukang pukul di sebuah klub malam bernama The Tunnel, karena memiliki tubuh yang besar.

Saat menjadi tukang pukul itulah ia mengubah namanya menjadi Vin Diesel dan mencukur rambut sampai botak agar terlihat sangar.

8 of 11

7. Whoopi Goldberg - Caryn Elaine Johnson

Whoopi Goldberg (AFP)
Whoopi Goldberg (AFP)

Aktris senior Whoopi Goldberg menambah daftar selebritas yang sukses di dunia seni peran berkat pergantian nama aslinya.

Caryn Elaine Johnson adalah nama asli dari wanita berambut gimbal tersebut. Sewatu kecil, Caryn kerap dipanggil Whoopi oleh teman-temannya. Oleh sebabnya, nama sapaan itu menjadi nama panggung kala ia jadi artis.

 

9 of 11

8. Miley Cyrus - Destiny Hope Cyrus

Miley Cyrus di Met Gala 2018
Penyanyi dan artis Hollywood, Miley Cyrus menghadiri ajang Met Gala 2018 di Metropolitan Museum of Art New York, Senin (7/5). Pada kesempatan itu, Liam Hemsworth tampak tak mendampingi Miley Cyrus di Met Gala 2018. (Evan Agostini/Invision/AP)

Sempat dijadikan panutan oleh anak-anak remaja lantaran perannya yang menginsprasi, Miley Cyrus tiba-tiba menjelma jadi sosok 'berandalan' dengan perubahan gaya yang sangat mengejutkan.

Memotong rambut hingga cepak, serta menggunakan tindik di sejumlah bagian tubuhnya. Perubahan ini disebut-sebut lantaran Miley Cyrus merasa patah hati.

Namun secara perlahan sosoknya sudah kembali seperti sedia kala dengan meninggalkan gaya punk tersebut. Nama aslinya bukan Miley Cyrus, melainkan Destiny Hope Cyrus.

 

10 of 11

9. Ben Kingsley - Krishna Pandit Bhanji

ben-kingsley-140220b.jpg
ben-kingsley-140220b.jpg

Artis senior Ben Kingsley juga memilih menggunakan nama panggung agar bisa sukses di dunia hiburan. Nama aslinya adalah Krishna Pandit Bhanji.

Pada akhir tahun 1970-an, ia memutuskan untuk mengganti nama menjadi Ben Kingsley karena nama aslinya kurang menjual.

11 of 11

10. Dita von Teese - Heather Renée Sweet

Dita Von Teese
Dita Von Teese

Pada tahun 1991, Heather Renée Sweet mengubah namanya menjadi Dita untuk menghormati aktris populer Jerman kebanggaannya Dita Parlo.

Sementara nama belakangnya dibuat pada akhir tahun 1990-an. Majalah Playboy memintanya untuk memilih nama dari nama keluarga. Terpilihlah von Treese. Namun, majalah dewasa itu melakukan kesalahan dalam penulisan nama dan menjadi Dita von Teese.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait