Ini Negara dengan Bahasa Tersulit, Dua di Antaranya dari Asia

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 21 Nov 2018, 18:35 WIB
Diperbarui 21 Nov 2018, 18:35 WIB
Ilustrasi kamus (Pixabay)
Perbesar
Ilustrasi kamus (Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Mempelajari bahasa asing adalah salah satu upaya untuk terhubung dengan masyarakat dari seluruh dunia. Saat kita berinteraksi dan berkomunikasi untuk menyampaikan suatu maksud, maka Anda butuh bahasa sebagai media penyampainya.

Apalagi saat Anda hendak ke sebuah negara asing. Setidaknya, penguasaan kalimat-kalimat dasar menjadi sangat penting untuk berkomunikasi.

Namun, tak semua bahasa asing mudah untuk dipelajari. Sejumlah bahasa di beberapa negara kabarnya sangat sulit dipelajari.

Kendati demikian Bahasa Inggris dijadikan bahasa global yang banyak digunakan. 

Seperti dikutip dari laman bestlifeonline.com, Rabu (21/11/2018), berikut 5 bahasa yang dikenal sangat sulit untuk dipelajari:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 6 halaman

1. Bahasa Finlandia

Ilustrasi Finlandia (iStock)
Perbesar
Ilustrasi Finlandia (iStock)

Bahasa Finlandia memiliki reputasi sebagai alat komunikasi yang paling sulit untuk dipelajari. Sebab, Bahasa Finlandia merupakan keluarga dalam bahasa Finno-Urgic yang sama sekali tidak memiliki pengaruh dari Latin atau Jerman.

Meski berdekatan dengan sejumlah negara di Eropa, Bahasa Finlandia sama sekali tidak ada mirip-miripnya dengan bahasa Prancis, Jerman atau Belanda sekalipun.

Salah satu hal yang membuatnya sedikit terlihat mudah karena tiap kata ditulis dengan huruf alfabet yang sama bunyinya dengan bahasa Inggris.

3 dari 6 halaman

2. Bahasa Mandarin

Bendera China
Perbesar
Ilustrasi (iStock)

Mandarin adalah salah satu dari banyak bahasa yang dikeluhkan sangat sulit untuk dipelajari, terutama bagi penutur yang di negaranya menggunakan bahasa Inggris.

Hal yang membuat Mandarin sulit dipelajari karena banyak karakter yang sangat rumit, ada banyak idiom dan nada bahasa.

Mempelajari Bahasa Mandarin tak asal bunyi saja. Ada nada yang diatur. Ada sejumlah kata yang dibaca dengan nada berbeda. Jika berbeda nada, maka akan berbeda artinya.

4 dari 6 halaman

3. Bahasa Rusia

Ilustrasi Rusia dan Bendera Rusia (AP PHOTO/Alexander Zemlianichenko)
Perbesar
Ilustrasi Rusia dan Bendera Rusia (AP PHOTO/Alexander Zemlianichenko)

Selanjutnya ada Bahasa Rusia. Dikatakan sulit, karena para pemula akan menghadapi sejumlah rintangan dalam mempelajari Bahasa Rusia.

Bagi mereka yang sudah terbiasa bicara dalam Bahasa Inggris, bunyi dalam bahasa ini sangatlah asing. Belum lagi bentuk alfabet yang terlihat sulit untuk diingat.

Dalam belajar Bahasa Rusia, seseorang harus mengucapkan setiap kata dengan lugas dan jelas, meski bagi orang asing itu terdengar seperti kumur-kumur.

 

5 dari 6 halaman

4. Bahasa Georgia

Ilustrasi Georgia (Pixabay)
Perbesar
Ilustrasi Georgia (Pixabay)

Georgia adalah negara yang terletak di benua Eropa. Negara pecahan Uni Soviet ini rupanya juga memiliki bahasa yang sulit untuk dipelajari.

Sama seperti Mandarin dan Rusia, bahasa Georgia memiliki sistem tulisan tersendiri. Misalnya penggunaan huruf, ვ, კ, პ, ჰ, ყ, ფ, გ, dan ც.

Huruf-huruf di atas memiliki pengucapan yang berbeda-beda meski kita orang awam menganggapnya sama.

6 dari 6 halaman

5. Bahasa Thailand

Ilustrasi Thailand (iStock)
Perbesar
Ilustrasi Thailand (iStock)

Negara Asia lain yang ternyata memiliki bahasa sulit adalah Thailand. Negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara ini juga memiliki alfabet tersendiri.

Orang Thailand sendiri menyebutnya dengan Bahasa Thai. Jangankan orang Amerika hingga Eropa, mereka yang tinggal di satu kawasan Asia Tenggara juga mengalami kesulitan untuk mempelajari bahasa ini.

Sebab, Bahasa Thailand memiliki 44 konsonan dan 32 vokal.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait