5 Presiden Ini Pernah jadi Korban Pelemparan Sepatu

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 17 Nov 2018, 21:00 WIB
Diperbarui 17 Nov 2018, 21:00 WIB
Momen pelemparan sepatu ke arah Presiden George W Bush saat berada di Irak (AP)
Perbesar
Momen pelemparan sepatu ke arah Presiden George W Bush saat berada di Irak (AP)

Liputan6.com, Baghdad - Sejumlah presiden ini pernah menjadi korban serta sasaran pelemparan sepatu oleh pengunjuk rasa, jurnalis hingga warga sipil.

Kebanyakan dari mereka melakukan aksi nekat tersebut lantaran kecewa dengan sosok presiden atas kebijakan serta kinerjanya selama menjabat.

Bukan hanya terjadi di dalam negeri, ada beberapa presiden yang dilempar sepatu saat melakukan kujungan luar negeri.

Fakta menarik lainnya, ada tim keamanan presiden yang menggunakan jaring agar kepala sang pemimpin negara tak kena lemparan sepatu.

Seperti dikutip dari laman Pri.org, Sabtu (17/11/2018), berikut 5 presiden yang pernah jadi korban pelemparan sepatu:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

2 dari 6 halaman

1. George W. Bush - Mantan Presiden AS

Presiden Mesir Hosni Mubarak dan Presiden AS George W Bush
Perbesar
Presiden Mesir Hosni Mubarak dan Presiden AS George W Bush (Wikipedia/White House)

Pada tahun 2008, ada kejadian yang menimpa Bush ketika melakukan kunjungan ke Irak. Kala itu, Bush diterima dengan baik oleh Perdana Menteri Irak Nuri Kamal al-Maliki. Keduanya melakukan pertemuan untuk membicarakan stabilitas keamanan di Irak. Juga termasuk rencana penarikan seluruh tentara AS dari Irak pada akhir 2011.

Usai berdialog, Bush dan al-Maliki menggelar konferensi pers di Kantor Perdana Menteri di Baghdad. Keduanya mengungkapkan hasil perbincangan mereka ke publik.

Namun tak disangka, tiba-tiba sebuah sepatu meluncur ke arah Bush. Adalah wartawan Irak, Muntader al-Zaidi yang secara cepat berdiri dan melemparkan sepatu tersebut sambil mengucapkan sumpah serapah.

"Ini hadiah dari Irak. Ini ciuman perpisahan dari kami untuk Anda. Teriak koresponden al-Baghdadia tersebut, yang langsung melemparkan sepatunya ke Bush.

Seperti dimuat New York Times, untung Bush sigap menggeser badan untuk menghindari sepatu yang hampir menyosor ke wajahnya.

Belum puas sampai di situ, meski pengawal kepala negara sudah bersiap menangkapnya, jurnalis berusia 28 tahun tersebut mengulangi aksinya. Sambil mengucap kecaman. "Ini dari janda dan anak yatim tak berdosa yang tewas di Irak," ujar dia. Pelaku pun kembali melemparkan sepatu ke Bush.

Lemparan kedua juga meleset. PM al-Maliki mencoba menghadang sepatu. Bush juga berusaha menghindar.

Saat itu juga, al-Zaidi langsung dibekuk, ditendang dan dipukuli aparat keamanan. Jurnalis itu menangis. "Dia meraung sejadi-jadinya seperti wanita," kata Mohammed Taher, reporter media Afaq yang juga berada di lokasi.

PM Irak al-Maliki langsung mencoba menghangatkan kembali suasana dengan guyonan terkait sepatu tersebut. "Ukuran sepatu itu kira-kira 10 ya," ujar dia, yang direspons dengan gelak tawa oleh orang-orang di sekitar.

3 dari 6 halaman

2. Wen Jiabao - Mantan Presiden China

Mantan Presiden China Wen Jiabao (AFP)
Perbesar
Mantan Presiden China Wen Jiabao (AFP)

Seorang peneliti dari Cambridge University, Martin Jahnke tiba-tiba melempar sepatu di kaki kirinya ke arah Presiden Wen Jiabao, yang kala itu sedang memberi pidato di kampus tersebut pada 2 Februari 2009.

Sambil tegak berdiri, Jahnke berteriak, "Bagaimana bisa pihak universitas 'melacurkan' diri sendiri dengan kehadiran diktator ini?"

"Bagaimana bisa universitas mendengarkan kebohongan dari cerita yang ia sebutkan," tambah Jahnke.

Sepatu itu mendarat di area panggung, namun tak semoat mengenai Wen. Polisi lalu menangkap pria 27 tahun itu.

 

4 dari 6 halaman

3. Mahmoud Ahmadinejad - Mantan Presiden Iran

Mahmoud Ahmadinejad (© AFP 2011)
Perbesar
Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad dalam konferensi pers di Teheran, 7 Juni 2011. Ahmadinejad mencap FIFA sebagai "diktator dan penjajah". AFP PHOTO / BEHROUZ MEHRI

Mantan Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad menjadi target pelemparan sepatu kala dirinya melakukan kunjungan ke Kairo, Mesir pada 5 Februari 2013.

Dalam sebuah kondisi yang ricuh, seorang pria asal Suriah melemparan serta memukul presiden dengan sepatu. Ia kesal karena menganggap Mahmoud Ahmadinejad terlibat dalam pembunuhan saudara-saudaranya.

Iran adalah sekutu dari Presiden Suriah kala itu Bashar al-Assad dan secara finansial serta material membantu pemerintah Suriah selama perang saudara di negara tersebut berlangsung.

Sekitar 150 ribu nyawa hilang sejak 2011 akibat perang saudara di Suriah.

5 dari 6 halaman

4. Pervez Musharraf - Mantan Presiden Pakistan

musharraf
Perbesar
Pervez Musharraf

Dalam insiden ini, pemilik sepatu adalah anggota dari sekelompok 20 pengacara yang memprotes Presiden Pakistan Pervez Musharraf pada 29 Maret 2013.

Para pengunjuk rasa berteriak: "Ia adalah seorang diktator dan dia harus digantung."

Dalam aksi unjuk rasa itu, sang presiden dilempar sepatu oleh pengunjuk rasa.

 

6 dari 6 halaman

5. Ma Ying-Jeou - Mantan Presiden Taiwan

Presiden China dan Taiwan Bakal Gelar Pertemuan Bersejarah
Perbesar
Presiden China dan Taiwan Bakal Gelar Pertemuan Bersejarah. Xi Jinping dan Ma Ying-jeou (AFP)

Seorang pengunjuk rasa melemparkan sepatunya ke Presiden Taiwan kala itu, Ma Ying-Jeou pada 19 Oktober 2013.

Ini hanyalah salah satu dari banyak sepatu yang dilemparkan kepada presiden sejak kepemimpinannya. Hal ini dikarenakan, publik tidak puas dengan partai Kuomintang yang berkuasa kala itu.

Karena banyaknya sepatu yang dilempari ke arah presiden sejak memimpin, otoritas di Taiwan menghabiskan uang sekitar US$ 16.000 untuk membeli 149 jaring pengaman.

Tujuannya, untuk melindungi presien, dari lemparan sepatu, saat sedang berpidato atau berada di suatu tempat.

Lanjutkan Membaca ↓