Sukses

Kota Kuno Misterius Bernama Tenea Ditemukan di Yunani, Apa Isinya?

Sebuah kota yang diduga didirikan oleh orang-orang yang selamat dari Perang Troya, telah ditemukan di Yunani.

Roma - Reruntuhan pemukiman perumahan dan lusinan koin langka telah mengkonfirmasi lokasi kota kuno Tenea, demikian menurut keterangan dari Kementerian Kebudayaan Yunani.

Dalam penggalian situs di wilayah Yunani selatan, Peloponnese, muncul bukti keberadaan kota tua tersebut. Tenea diyakini didirikan oleh bangsa Troya yang ditawan selama Perang Troya pada Abad ke-12 SM.

Sampai sekarang, kota itu hanya disebutkan dalam naskah kuno dan tidak diketahui apakah benar-benar ada.

Bukti Hidup dan Mati

Penggalian utama di daerah tersebut dimulai pada tahun 2013. Penggalian terbaru menemukan tujuh kuburan yang berasal dari zaman Romawi dan Periode Hellenistik, serta sisa-sisa pemukiman perumahan.

"Sangat penting bahwa sisa-sisa kota, jalan beraspal, struktur arsitektur, terungkap," kata arkeolog Yunani, Eleni Korka, seperti dilansir dari DW Indonesia, Sabtu (17/11/2018).

Hasil penggalian menunjukkan, lantai marmer, batu bangunan dan dinding, didirikan dengan amat hati-hati. Sekitar 200 koin langka yang berasal dari Abad ke-4 SM yang juga ditemukan. Hal ini menunjukkan bahwa Tenea adalah wilayah yang sangat kaya.

Kuburan tersebut dilaporkan berisi bejana-bejana dan perhiasan --dengan kerangka seorang wanita dan anak ditemukan di salah satu makam.

Para arkeolog juga menemukan botol berisi sisa-sisa dua janin manusia di fondasi satu bangunan. Orang Yunani Kuno biasanya mengubur jenazah di pemakaman yang terorganisir di luar tembok kota.

"Kami telah menemukan bukti hidup dan mati... Semua ini hanyalah sebagian kecil dari sejarah tempat itu," jelas Korka. "Tahun-tahun mendatang akan memungkinkan kita untuk mengevaluasinya."

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.