Sukses

Makhluk Misterius Mirip Cacing Raksasa Kejutkan Penyelam Selandia Baru

Tiba-tiba fokus penyelam ini teralihkan dengan penampakan makhluk misterius yang tak biasa itu.

Liputan6.com, Wellington - Sepasang penyelam yang berenang di lepas pantai utara Selandia Baru takjub dengan temuan mereka, makhluk misterius sebentuk cacing raksasa yang berukuran lebih dari 8 meter baru-baru ini. Mereka kemudian merekam makhluk laut aneh saat bergerak di air.

Video yang beredar menunjukkan hewan berongga, menyerupai persilangan antara kaus kaki angin dan acar merah muda, perlahan mengambang di kedalaman sekitar 10 meter.

Rekaman itu diambil oleh Steve Hathaway dan Andrew Buttle yang menyelam di perairan lepas pantai Whakaari, sebuah stratovolcano aktif di sebuah pulau di ujung utara Selandia Baru pada 25 Oktober.

Menurut The Sun yang dikutip Rabu (14/11/2018), pasangan itu awalnya melakukan penyelaman untuk merekam pulau diwariskan kakek Buttle. Tiba-tiba fokus mereka teralihkan dengan penampakan makhluk misterius yang tak biasa itu.

Dalam video pasangan tersebut, dapat terlihat makhluk misterius itu bergerak halus di air, kadang-kadang bergetar dan berdenyut ketika para penyelam berenang di sekitarnya.

"Karena tak pernah melihat secara langsung atau bahkan merekam dan memotret makhluk seperti itu sebelumnya, saya cukup ragu dan juga gembira mengetahui ada makhluk seperti itu," kata Buttle.

"Itu sangat membingungkan tetapi juga fantastis bisa melihatnya dari dekat dan menghabiskan begitu banyak waktu dengannya."

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makhluk Bernama Pyrosome?

Makhluk misterius mirip cacing berongga itu dikenal sebagai pyrosome, terdiri dari ratusan hingga ribuan organisme individu, yang dikenal sebagai zooid.

Buttle juga meyakini hal tersebut.

"Saya percaya itu mungkin adalah pyrosome - kadang-kadang mereka terjebak dalam jaring tetapi sepengetahuanku tak banyak spesimen besar yang utuh ditangkap," katanya.

Perairan yang cukup terpencil di lepas pantai Whakaari kemungkinan menyediakan kondisi ideal bagi hewan itu untuk tumbuh begitu besar.

"Pulau ini 48 km dari daratan, dan ada sejumlah besar ikan hidup dan nutrisi di dalam air yang mungkin menciptakan situasi tepat bagi makhluk tersebut berkembangbiak menjadi begitu besar," kata Buttle.

"Kadang-kadang bisa ada tersebar ribuan makhluk itu versi kecil di banyak bagian dunia, tetapi bukan sesuatu yang pernah saya lihat sebelumnya."

Steve Hathaway, yang mendirikan Young Ocean Explorers, sebuah platform hiburan pendidikan yang mendorong anak-anak untuk menjelajahi lautan dunia mengatakan: "Tak diragukan lagi, sorotan dari perjalanan itu adalah menemukan pyrosome - saya ingin melihat salah satunya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.