Sukses

Langka, Hiu di Irlandia Pakai Terumbu Karang untuk Sembunyikan Telur

Hiu-hiu itu memanfaatkan terumbu karang yang rusak di perairan Irlandia sebagai tempat untuk bertelur.

Liputan6.com, Dublin - Sebuah "pembibitan" alami hiu, yang berukuran besar dan dipenuhi kawanan ikan predator itu beserta telur-telurnya, telah ditemukan di terumbu karang di perairan sejauh 200 mil dari bibir pantai di Irlandia barat.

Penemuan langka ini dilakukan oleh kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh, yang menjelajahi terumbu karang di kawasan perairan dingin di kedalaman sekitar 750 meter.

Para ilmuwan mengamati sebuah 'hunian' yang ditinggali oleh gerombolan catsharks blackmouth (Galeus melastomus), spesies hiu kecil yang biasanya ditemukan di Atlantik timur laut, bersama dengan sailfin roughshark (Oxynotus paradoxus).

Meskipun tidak terlihat bayi hiu yang berenang di sekitar lokasi tersebut, para peneliti yang melakukan survei bernama SeaRover itu, ingin mengawasi hiu-hiu yang hidup di sana. Ilmuwan juga ingin menyaksikan langsung telur-telur itu menetas.

"Tidak ada bayi hiu yang terlihat jelas di tempat ini. Kami yakin bahwa hiu dewasa mungkin menggunakan terumbu karang yang terdegradasi untuk meletakkan telur mereka," kata kepala riset di SeaRover, David O’Sullivan, seperti dikutip dari The Independent, Selasa (13/11/2018).

"Sedangkan terumbu karang yang sehat di sekitarnya, dapat bertindak sebagai tempat perlindungan bagi anak-anak hiu, begitu mereka menetas. Studi lebih lanjut dari situs ini mungkin bisa menjawab beberapa pertanyaan ilmiah terkait biologi dan ekologi hiu di perairan Irlandia," imbuhnya.

Penemuan baru ini diumumkan dalam seminar INFOMAR Seabed Mapping di Kinsale, Irlandia pada minggu ini, di mana para ahli kelautan juga menyoroti kendaraan bawah laut yang dipakai mereka saat menyelam ke dasar laut: Holland 1.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa pemetaan habitat dasar laut adalah sesuatu yang penting, agar kami dapat memahami dan mengelola sumber daya laut yang luas dan berharga," ucap O'Sullivan.

"Data dan tim kami terus memberikan kontribusi signifikan untuk memanfaatkan kekayaan lautan."

Temuan baru ini akan membantu Irlandia dalam memenuhi kewajibannya untuk memantau hiu, sebagai bagian dari program konservasi laut.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melindungi Laut

Tempat pembibitan itu ditemukan di salah satu dari enam area khusus konservasi, di wilayah laut Irlandia yang sangat luas.

Daerah-daerah ini, yang ditunjuk oleh Uni Eropa, adalah rumah bagi berbagai macam biota laut dan berbagai spesies ikan. Karena statusnya yang dilindungi, kapal pukat tidak diizinkan beroperasi di zona tersebut.

"Tujuan utama kami adalah untuk menilai, melindungi dan memantau keanekaragaman hayati laut lepas pantai Irlandia, sehingga kami dapat mulai mengelola sumber daya laut secara efektif," tutur Dr. Yvonne Leahy dari Irish National Parks and Wildlife Service.

"Tanpa pengetahuan tentang makhluk yang hidup di laut, kami tidak akan pernah sepenuhnya memahami dan menghargai lingkungan perairan Irlandia," pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.