Sukses

Dubes Donovan Ajak Pelajar Pulau Natuna Mengenyam Pendidikan di AS

Berkunjung ke Pulau Natuna, Dubes Joseph Donovan ajak pelajar Natuna mengenyam pendidikan di AS.

Liputan6.com, Natuna - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr, didampingi Konsul AS untuk Sumatra, Juha P. Salin, menegaskan arti penting Kemitraan Strategis AS-Indonesia untuk mempererat hubungan antara Provinsi Kepulauan Riau dan Amerika Serikat, dalam kunjungannya ke Kepulauan Natuna pada 7-9 November 2018.

Dalam kunjungannya tersebut, Donovan mengutarakan bahwa Amerika Serikat dan Indonesia memiliki sejarah yang kuat dalam kerja sama maritim melalui upaya bersama untuk meningkatkan kesadaran lingkungan maritim, mempromosikan inisiatif lingkungan, dan memerangi penangkapan ikan illegal.

"Kunjungan ini adalah sebuah contoh yang baik akan komitmen kita terhadap kawasan Indo-Pasifik yang memungkinkan perusahaan AS dan Indonesia meraih sukses, komunitas lokal berkembang, dan kemitraan bilateral tumbuh," ujar Dubes Donovan dalam pernyataan tertulis, dikutip pada hari Sabtu (10/11/2018).

Pada malam kebudayaan yang diadakan oleh Bupati Natuna Abdul Hamid, Donovan berbincang dengan Bupati dan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, mengenai arti penting menjaga habitat laut.

Ia juga berkunjung ke SMAN 1 Bunguran Timur menghadiri pemutaran film "A Plastic Ocean" untuk meningkatkan kesadaran para pelajar akan bahaya sampah laut.

Dalam sesi diskusi, Donovan mengundang para pelajar untuk membagikan ide mereka tentang aktivitas apa yang mereka dapat lakukan untuk menangani isu penting tersebut.

Ia pun "mengajak para pelajar untuk meneruskan studi di Amerika Serikat", dengan membagikan informasi mengenai konsultasi gratis yang ditawarkan oleh konsultan Education USA dan pameran pendidikan yang dikelola oleh perwakilan AS di Indonesia.

Donovan juga menyarankan para pelajar untuk mendaftarkan diri guna mengikuti YES, sebuah program pertukaran pelajar tingkat SMA ke Amerika Serikat.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertemu TNI dan Pebisnis

Selain itu, Donovan bertemu dengan pewakilan komunitas bisnis di Natuna sambil santap siang untuk membahas dan mendapatkan informasi mengenai prospek dan tantangan dalam menarik dan mempertahankan investasi di kawasan tersebut.

Ia juga meminta pendapat tentang bagaimana perusahaan AS dapat memperkuat hubungan bisnis dan komersial di Natuna.

Donovan juga mengunjungi Pangkalan Udara dan Pangkalan Laut Natuna. Ia bertemu dengan Asisten Pengamanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muda TNI Suprianto Irawan untuk mendiskusikan kelanjutan kerja sama kemanan AS-Indonesia, seperti latihan dan pelatihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.