Sukses

Biar Enteng Jodoh, Pria Ini Menuntut Usianya Dikurangi 20 Tahun

Seorang pria lanjut usia di Belanda menuntut usianya dimudakan dengan alasan enteng jodoh.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria Belanda dikabarkan tengah mengajukan gugatan hukum untuk mengubah usia dirinya menjadi lebih muda, yang bertujuan meningkatkan potensi mendapatkan pasangan kencang. 

Emile Ratelband (69) ingin menggeser ulang tahunnya dari 11 Maret 1949 menjadi 11 Maret 1969, menjadi 20 tahun lebih muda. 

"Kita tinggal di masa ketika seseorang dapat mengubah nama dan jenis kelamin. Mengapa saya tidak dapat memutuskan usia saya sendiri?" protes Ratelband, sebagaimana dikutip dari BBC pada Kamis (8/11/2018).

Pengadilan lokal di kota timur Arnhem diperkirakan akan menyidangkan kasus ini dalam waktu empat pekan.

Namun para pejabat skeptis tentang kasus ini, yakin bahwa tidak ada mekanisme hukum yang memungkinkan seseorang untuk mengubah tanggal lahir dan usia, kata laporan setempat.

Salah satu hakim ingin tahu apa yang akan terjadi pada 20 tahun usia yang ingin dihapus oleh pengguat.

Ratelband berpendapat bahwa dia merasa didiskriminasikan karena usia drinya, dan itu mempengaruhi kesempatan kerja dan tingkat keberhasilannya di aplikasi kencan, Tinder.

"Ketika saya berusia 69 tahun, saya terbatas. Jika saya berusia 49 tahun, maka saya dapat membeli rumah baru, mengendarai mobil yang berbeda. Saya dapat mengambil lebih banyak pekerjaan," katanya.

"Ketika saya di Tinder dan mengatakan saya berusia 69, saya tidak mendapatkan jawaban. Ketika saya berusia 49 tahun, dengan wajah yang saya miliki, posisi saya akan lebih beruntung," lanjutnya.

Ratelband lebih lanjut berpendapat bahwa menurut dokternya, dia memiliki tubuh berusia 45 tahun, dan menggambarkan dirinya sebagai "dewa awet muda".

 

Simak video pilihan berikut: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingin Hidup Lebih Lama

Tahun lalu, Ratelband mengunggah status di Facebook untuk menggambarkan tentang bagaimana ia seharian berdiri di depan cermin dan merasa khawatir.  Bukan karena takut semakin tua, tetapi karena dia ingin mendapat kesempatan hidup selama mungkin.

Dia juga mengatakan akan membatalkan pensiunnya jika dia mengganti tanggal lahirnya.

Di lain pihak, konstitusi Belanda secara tegas melarang diskriminasi kerja atas dasar usia.

Ratelband, seorang tokoh media dan motivator, beralih ke ajaran Buddhisme awal tahun ini, dan memutuskan untuk menjadi seorang pelatih dalam pemrograman neurolinguistik.

Dia juga dikenal sebagai pengisi suara karakter Vladimir Trunkov dalam versi bahasa Belanda dari film Pixar Cars 2.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.