Adu Mulut di Konpers Donald Trump, Jurnalis CNN Diboikot Masuk Gedung Putih

Oleh Tanti Yulianingsih pada 08 Nov 2018, 13:00 WIB
Diperbarui 10 Nov 2018, 02:14 WIB
Donald Trump Bertengkar dengan Jurnalis CNN

Liputan6.com, New York - Gedung Putih memboikot akses wartawan media ternama Amerika Serikat, CNN untuk meliput di sana. Penangguhan akses tersebut terjadi usai terjadi adu mulut dalam sesi tanya jawab dengan Presiden AS Donald Trump.

Seperti diberitakan BBC, Kamis (8/11/2018), seorang staf Gedung Putih mencoba merebut mikrofon yang dipegang Jim Acosta dari CNN saat konferensi pers pada Rabu 7 November. Sementara sang jurnalis berusaha mengajukan pertanyaan kedua kepada Donald Trump.

Juru bicara resmi Gedung Putih, Sarah Sanders membenarkan bahwa akses liputan Jim Acosta dihapus. Wartawan CNN itu disebut "orang kasar, mengerikan" oleh Trump pada konferensi pers hari Rabu.

Video kejadian itu dengan cepat beredar di dunia maya.

Dalam sebuah pernyataan yang diposting di Twitter, Sarah Sanders mengomentari insiden tersebut.

"Fakta bahwa CNN bangga dengan cara perilaku karyawan mereka tidak hanya menjijikkan, itu adalah contoh dari tidakan keterlaluan mereka untuk semua orang, termasuk kepada wanita muda yang bekerja di Gedung Putih," tulis Sarah Sanders.

"Sebagai akibat dari insiden hari ini, Gedung Putih melarang akses masuk wartawan yang terlibat sampai pemberitahuan lebih lanjut."

Jubir Gedung Putih itu kemudian berbagi klip insiden itu, mengatakan mereka "tidak akan menoleransi perilaku yang tidak pantas didokumentasikan dengan jelas dalam video itu".

Sementara Acosta mengunggah twit mengatakan dia dihentikan oleh Secret Service di Gedung Putih. Ia dilarang masuk ke kantor kepresidenan AS itu.

Saksikan video perseteruan Donald Trump dengan Jim Acosta berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

Dikecam Jurnalis

Donald Trump Bertengkar dengan Jurnalis CNN
Presiden AS, Donald Trump terlibat adu mulut dengan jurnalis CNN, Jim Acosta (tengah) saat konferensi pers di Gedung Putih sesaat setelah pemilu sela digelar, Rabu (7/11). Ketegangan bermula dari pertanyaan sang wartawan soal imigran. (MANDEL NGAN/AFP)

Dalam sesi tanya jawab pada konferensi pers hari Rabu itu, Donald Trump berseteru dengan Jim Acosta setelah diberikan pernyataan terkait kafilah migran yang menuju ke AS dari Amerika Tengah.

Tak lama kemudian seorang anggota staf perempuan berusaha mengambil mikrofon yang dipegang Acosta, setelah Donald Trump mengatakan bahwa jurnalis CNN itu tak diperkenankan untuk bertanya lagi.

"Sudah cukup, itu sudah cukup," kata Donald Trump kepada Acosta lalu menyuruhnya duduk dan meletakkan mikrofon.

"CNN seharusnya malu pada diri mereka sendiri, karena Anda bekerja untuk mereka". Caramu memperlakukan Sarah Huckabee (Sanders) mengerikan," tutur Trump.

Aksi pemboikotan akses Jim Acosta menuai kecaman dari sejumlah jurnalis.

Asosiasi Koresponden Gedung Putih -- sebuah kelompok yang mewakili korps pers di kediaman presiden -- menyebut keputusan itu "di luar batas" dan "tidak dapat diterima".

"Kami mendesak Gedung Putih untuk segera mencabut larangan itu."

Lanjutkan Membaca ↓