Jangan Salah Kira, Cek Dulu Makna di Balik 5 Jenis Senyuman Ini

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 08 Nov 2018, 19:40 WIB
Senyum cantik

Liputan6.com, Jakarta - Senyum termasuk dalam media berkomunikasi. Kita dapat mengetahui isi pesan yang disampaikan oleh seseorang lewat pesan komunikasi non-verbalnya.

Namun, Anda jangan salah kaprah. Sebab, tiap senyuman itu beda maknanya. Senyum juga bisa berarti kebingungan hingga tak paham akan sesuatu hal.

Oleh karenanya, Anda harus tahu betul apa maksud dari masing-masing senyuman. Sehingga Anda juga bisa memahami lawan bicara Anda sendiri.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Kamis (8/11/2018), berikut 5 jenis senyum dan makna yang terkandung di dalamnya:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 of 6

1. Senyum dengan Bibir Tertutup

Senyum Zumi Zola Usai Diperiksa KPK
Senyum Gubernur Jambi nonaktif Zumi Zola usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (11/7). Zumi Zola menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk tersangka mantan Plt Kadis PUPR Jambi Arfan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Biasanya, senyum dengan bibir tertutup paling sering dilakukan oleh para politisi. Senyuman semacam ini memiliki makna tersendiri.

Senyum bibir tertutup bermakna orang itu tahu bahwa ia penting bagi Anda, tetapi ia tidak berniat untuk membagikan rahasia atau informasi yang Anda berikan.

Pesan semacam itulah yang biasa dilakukan oleh para politisi, misalnya yang sedang ditemui oleh wartawan.

3 of 6

2. Twisted Smile

Ilustrasi senyum (Pixabay)
Ilustrasi senyum (Pixabay)

Twisted Smile yaitu senyum yang memperlihatkan bibir sedikit tertarik ke atas. Senyum semacam ini menandakan sebuah makna.

Senyum itu menunjukkan bahwa mereka sedang kebingungan namun tetap berusaha untuk mendengarkan lawan bicaranya.

4 of 6

3. Senyum yang Dipaksakan

Ilustrasi senyum (AP)
Ilustrasi senyum (AP)

Ada situasi di mana Anda ingin tersenyum tapi sulit untuk dilakukan. Ketika seorang teman bercanda dan hasilnya tidak lucu, tetapi Anda berusaha menghargainya, maka hadirlah senyuman terpaksa.

Biasanya, senyuman yang terlihat dipaksakan ini terlihat tidak lepas dan terdapat bagian kaku pada bibir.

 

5 of 6

4. Senyum Tulus

Raisa
Raisa (dok. Instagram @yoland_handoko / https://www.instagram.com/p/BoqOudBAX6y/?taken-by=yoland_handoko / Putu Elmira)

Senyuman yang tulus biasanya akan terlihat natural. Memang sulit untuk digambarkan secara jelas, sebab bukan hanya bibir yang menunjukkan ketulusan.

Tetapi bagian lain dari wajah, mulai dari mata hingga alis. Salah satu contoh untuk merasakan bahwa senyuman itu tulus adalah orang yang ada di sekitar dan merasakan senyum akan turut bahagia.

Pesan positifnya juga akan mudah tersampaikan oleh banyak orang.

6 of 6

5. Senyum Mulut Terbuka

selfie
Ilustrasi Orang lagi selfie (iStockPhoto)

Senyuman dengan mulut terbuka sangat bagus untuk selfie. Yang satu ini seperti memancarkan kebahagian yang meluap-luap.

Lanjutkan Membaca ↓
Arinta AnjasmaraArinta Anjasmara

KALAU TIDAK DI COBA ? TIDAK AKAN TAHU ! LEBIH BAIK MENCOBA DARI PADA DIAM TIDAK ADA PERUBAHAN MARI BERSAMA SAMA MELAKUKAN PERUBAHAN PADA EKONOMI DAN REJEKI KALIAN ! WWW,QAQAPOKER99,NET HADIR UNTUK MEMBERIKAN ANDA REZEKI PADA PUKUL 09.00 - 23.00 WIB DEPOSIT 10 RIBU BISA BERMAIN 7 GAMES DALAM 1 W

Josephine YapJosephine Yap

Ayo segera bergabung dengan xxxxx RupiahQq$net. Dapatkan Jackpot hingga Ratusan Juta rupiah setiap harinya !! •Bonus TurnOver 0,5% & Refferal 20% . Pin BBm:2BE2B916 WA:+6281290337863