Sukses

Jangan Salah Kira, Cek Dulu Makna di Balik 5 Jenis Senyuman Ini

Tak semua senyuman bermakna sama. Ternyata ada yang berarti kebingungan hingga tak paham akan sesuatu hal. Berikut ini penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Senyum termasuk dalam media berkomunikasi. Kita dapat mengetahui isi pesan yang disampaikan oleh seseorang lewat pesan komunikasi non-verbalnya.

Namun, Anda jangan salah kaprah. Sebab, tiap senyuman itu beda maknanya. Senyum juga bisa berarti kebingungan hingga tak paham akan sesuatu hal.

Oleh karenanya, Anda harus tahu betul apa maksud dari masing-masing senyuman. Sehingga Anda juga bisa memahami lawan bicara Anda sendiri.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Kamis (8/11/2018), berikut 5 jenis senyum dan makna yang terkandung di dalamnya:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Senyum dengan Bibir Tertutup

Biasanya, senyum dengan bibir tertutup paling sering dilakukan oleh para politisi. Senyuman semacam ini memiliki makna tersendiri.

Senyum bibir tertutup bermakna orang itu tahu bahwa ia penting bagi Anda, tetapi ia tidak berniat untuk membagikan rahasia atau informasi yang Anda berikan.

Pesan semacam itulah yang biasa dilakukan oleh para politisi, misalnya yang sedang ditemui oleh wartawan.

3 dari 6 halaman

2. Twisted Smile

Twisted Smile yaitu senyum yang memperlihatkan bibir sedikit tertarik ke atas. Senyum semacam ini menandakan sebuah makna.

Senyum itu menunjukkan bahwa mereka sedang kebingungan namun tetap berusaha untuk mendengarkan lawan bicaranya.

4 dari 6 halaman

3. Senyum yang Dipaksakan

Ada situasi di mana Anda ingin tersenyum tapi sulit untuk dilakukan. Ketika seorang teman bercanda dan hasilnya tidak lucu, tetapi Anda berusaha menghargainya, maka hadirlah senyuman terpaksa.

Biasanya, senyuman yang terlihat dipaksakan ini terlihat tidak lepas dan terdapat bagian kaku pada bibir.

 

5 dari 6 halaman

4. Senyum Tulus

Senyuman yang tulus biasanya akan terlihat natural. Memang sulit untuk digambarkan secara jelas, sebab bukan hanya bibir yang menunjukkan ketulusan.

Tetapi bagian lain dari wajah, mulai dari mata hingga alis. Salah satu contoh untuk merasakan bahwa senyuman itu tulus adalah orang yang ada di sekitar dan merasakan senyum akan turut bahagia.

Pesan positifnya juga akan mudah tersampaikan oleh banyak orang.

6 dari 6 halaman

5. Senyum Mulut Terbuka

Senyuman dengan mulut terbuka sangat bagus untuk selfie. Yang satu ini seperti memancarkan kebahagian yang meluap-luap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.