Sukses

200 Kuburan Massal Korban ISIS Ditemukan di Irak

Setelah temuan 200 kuburan massal di Irak ini, PBB memperkirakan lebih banyak lagi makam semacam itu ditemukan pada masa mendatang.

Liputan6.com, Baghdad - 200 kuburan massal telah ditemukan di Irak. PBB menyebut isinya adalah jasad korban kekerasan ISIS.

Sebuah laporan yang dikeluarkan kantor HAM PBB dan Misi Bantuan PBB untuk Irak menyatakan bahwa berdasarkan informasi dari pihak berwenang Irak dan berbagai LSM, makam itu memuat antara 6.000 dan 12.000 jasad.

PBB memperkirakan lebih banyak lagi kuburan semacam itu ditemukan pada masa mendatang.

Hampir separuh kuburan massal itu ditemukan di Provinsi Ninewa, di mana kuburan massal pertama ditemukan pada akhir 2014. Lebih banyak lagi ditemukan sewaktu pasukan keamanan Irak yang didukung serangan udara Amerika merebut wilayah dari kelompok militan itu.

Menurut perkiraan, di Ninewa saja terdapat 4.000 hingga 10.500 mayat. ISIS menguasai daerah itu selama tiga tahun lebih dan menurut PBB, sebagian pertempuran paling sengit dalam konflik di Irak terjadi di sana.

Selain Ninewa, makam serupa juga ditemukan di Provinsi Kirkuk, Salah al-Din dan Anbar.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1.300 Jasad

Sejauh ini, sebut laporan yang dikutip dari VOA Indonesia, Rabu (7/11/2018), hampir 1.300 jasad telah digali dari sekitar 202 kuburan yang didokumentasikan.

Proses penggalian itu rumit, memerlukan kehati-hatian kerja untuk melindungi bukti mengenai kemungkinan kejahatan perang dan untuk mengidentifikasi mayat agar dapat diserahkan kepada keluarga mereka.

"Di beberapa daerah di mana ISIS masih aktif, khususnya di provinsi Anbar, Ninewa dan Salah al-Din, keberadaan mereka di sana yang terus menerus dapat menghalangi penyidik untuk mengakses lokasi itu dan melakukan pekerjaan mereka tanpa hambatan," sebut laporan itu.

Badan dunia itu juga menyatakan keprihatinan mengenai masalah keamanan di beberapa daerah di mana militan tidak lagi aktif. PBB menyatakan berdasarkan pada praktik sebelumnya, bom-bom rakitan diyakini ada di lokasi-lokasi kuburan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.