7 Rahasia Kode Boarding Pass Pesawat yang Belum Diketahui Banyak Orang

Oleh Afra Augesti pada 02 Nov 2018, 21:00 WIB
Diperbarui 02 Nov 2018, 21:00 WIB
Ilustrasi Tiket Pesawat

Liputan6.com, London - Pernahkah Anda memperhatikan dengan seksama boarding pass atau pas naik, usai melakukan check in di konter tiket maskapai yang Anda pilih? Atau Anda hanya fokus pada pesawat yang Anda naiki?

Sebagian besar orang mengaku bahwa mereka hanya melihat nomor kursi, nomor penerbangan, dan jam keberangkatan pesawat, tanpa memperhatikan barcode di sisi sebelah tiket, huruf, atau angka lain yang tertera di lembaran tersebut.

Setelah perjalanan rampung, tiket pesawat tersebut dibuang, disimpan, atau bahkan dijadikan koleksi.

Tapi, tahukah Anda bahwa seluruh angka dan huruf yang tercantum dalam boarding pass mempunyai makna tersembunyi? Yang belum diketahui oleh banyak orang.

Lalu, apa arti dari semua itu? Berikut penjelasannya, seperti dilansir dari The Telegraph, Jumat (2/11/2018).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 4 halaman

1. Nama Maskapai dan Nomor Penerbangan

Ilustrasi tiket pesawat
Ilustrasi tiket pesawat (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Kombinasi huruf dan angka pada setiap boarding pass menandakan nomor penerbangan. Misalnya BA2690, artinya ini adalah layanan British Airways yang menghubungkan Bandar Udara Gatwick (Inggris) dan Bandara Innsbruck (Austria).

Contoh lain ialah BA001, British Airways yang terbang dari Bandara Heathrow (London) ke Bandara JFK (New York), dengan transit di Bandara Shannon (Irlandia).

Tapi intinya adalah "BA" merupakan bagian dari nomor penerbangan. Seperti halnya nomor penerbangan yang dimulai "AA" (American Airlines), "AF" (Air France), "LH" (Lufthansa), "AR" (Aerolineas Argentinas) dan "KL" (KLM).

Namun, ada beberapa kode maskapai yang sedikit kurang jelas, seperti "QF" (Qantas) dan "VS" (Virgin Atlantic). Serta ada yang benar-benar tak masuk akal, seperti "WB" (Rwandair), "FR" (Ryanair), "SU" (Aeroflot), "AY" (Finnair) dan "U2" (easyJet).

BA364

Angka kerap menjadi indikasi tujuan. Dua digit pertama nomor penerbangan menandakan lokasi singgah sementara. Contohnya, British Airways (BA) yang diikuti angka 36 atau 37, akan berada di tanah Prancis di beberapa titik.

Sedangkan untuk BA364 artinya pesawat ini terbang dari Heathrow ke Lyon, dan BA373 adalah perjalanan dua jam antara Toulouse dan Heathrow.

MH360

Maskapai penerbangan umumnya menghentikan nomor penerbangan jika nomor penerbangan tersebut mengalami kecelakaan fatal. Jadi, MH360 adalah layanan Malaysia Airlines yang melayani rute Kuala Lumpur-Beijing untuk menggantikan MH370. 

AA1776

Beberapa nomor penerbangan dibuat berdasarkan sejarah. Misalnya, penerbangan American Airlines (AA) dari Philadelphia ke Dallas-Fort Worth memiliki nomor 1776, yang merupakan bentuk penghargaan untuk memperingati Deklarasi Kemerdekaan AS ditandatangani pada 4 Juli 1776.

UA500

Selain itu, beberapa nomor penerbangan juga dibuat untuk menghormati perlombaan bersejarah. Seperti, United Airlines (UA) yang terbang dari Indianapolis ke San Francisco, diberi nomor 500 untuk mengenang perlombaan mobil Indianapolis 500.

UA888

Delapan dianggap sebagai angka keberuntungan di Asia. Penerbangan United Airlines (UA) antara San Francisco dan Beijing bahkan menghormati penduduk di Asia dengan memasukkan tiga angka 8 sekaligus.

3 dari 4 halaman

2. Kelas

Ilustrasi tiket pesawat
Ilustrasi tiket pesawat (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Boarding pass Anda mungkin merujuk sebagai "Referensi Pemesanan" Anda. Secara resmi, pas naik berisi data-data penting, seperti nama Anda, ke mana Anda akan pergi, nomor tiket Anda, rincian kontak Anda, nama maskapai, agen perjalanan yang Anda gunakan untuk memesan tiket.

Tapi, di balik itu semua, ada rahasia tersembunyi yang didapatkan oleh pihak maskapai, yakni usia Anda, jenis kelamin, tanggal dan tempat lahir, nomor paspor, dan nomor kartu kredit Anda. Itulah mengapa Anda membutuhkan boarding pass untuk check in.

Y

Anda mungkin akan menyadari kode huruf Y pada tiket Anda. Huruf tersebut menandakan bahwa Anda mendapatkan pelayanan kelas ekonomi. Hal yang sama juga berlaku untuk H, M, dan B.

Q

Meski berada dalam pelayanan kelas ekonomi, namun Anda telah mendapatkan potongan harga untuk bisa duduk di bagian belakang pesawat --kursi yang disebut paling aman. Hal serupa juga berlaku untuk K, L, N, M, S, T, U, V, W dan X.

J

Jika di boarding pass tertulis huruf J, C, I dan D, itu artinya Anda masuk dalam pelayanan kelas bisnis.

E

Anda berada kelas ekonomi premium. 

A

Anda berada dalam kelas pertama. Selain A, F dan P juga merupakan huruf yang paling istimewa.

4 dari 4 halaman

3. Kode Lain

Ilustrasi Bandara
Ilustrasi bandara. (iStock)

1. SSSS

Kode ini hanya berlaku ketika Anda sampai di bandara tujuan, khususnya jika Anda terbang ke Amerika Serikat. Bila ada sesuatu yang mencurigakan pada tubuh Anda atau barang-barang yang Anda bawa, maka mesin yang bunyinya seperti desis ular itu akan menyala.

Itu artinya, Transportation Security Administration (TSA) telah memilih Anda untuk prosedur pemeriksaan ekstra. SSSS singkatan dari "Secondary Security Screening Selection", yang mengindikasikan bahwa Negeri Paman Sam sedang mencurigai Anda.

Lanjutkan Membaca ↓