Ini Alasan Kenapa Siku dan Lutut Orang Dewasa Cenderung Berwarna Lebih Gelap

Oleh Afra Augesti pada 29 Okt 2018, 20:10 WIB
Diperbarui 29 Okt 2018, 20:10 WIB
Tangisan Neymar Usai Lawan Kosta Rika
Perbesar
Penyerang timnas Brasil, Neymar berlutut di atas lapangan setelah mencetak gol ke gawang Kosta Rika pada pertandingan Grup E di St Petersburg, Rusia Jumat (22/6). Pada laga ini Neymar berhasil mencetak gol perdana di Piala Dunia 2018 (AP/Petr David Josek)

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar orang dewasa cenderung mengeluhkan warna kulit tak senada di bagian lutut dan siku. Biasanya, warna kulit di area tersebut lebih pekat atau hitam, ketimbang bagian lain.

"Banyak pasien yang datang ke klinik saya dan menceritakan tentang kulit siku dan lutut mereka, berkali-kali," kata Joshua Zeichner, MD, seorang dokter spesialis kulit dan direktur Cosmetic and Clinical Research di Mount Sinai Hospital, New York.

"Khususnya tentang warna kulit yang lebih gelap daripada bagian kulit yang lain," lanjutnya, seperti dikutip dai Reader's Digest, Senin (29/10/2018).

Lalu, mengapa area-area itu jauh lebih gelap dan kasar ketimbang yang lain?

Dr. Zeichner menjelaskan bahwa kulit pada siku dan lutut terkena peregangan kronis dari aktivitas seperti merangkak ketika bayi, mengepel lantai, berlutut saat olahraga, dan sebagainya.

Semua gesekan itu membuat peradangan di sekitar kulit siku dan lutut. Sehingga secara harfiah, kulit di area tersebut tumbuh lebih tebal sebagai bentuk melindungi dirinya sendiri. Itulah sebabnya, warnanya kelihatan lebih gelap.

Kulit di siku dan lutut juga cenderung lebih mudah mengering daripada kulit di seluruh tubuh, yang membuatnya lebih rentan terhadap peradangan, kemerahan, dan pengelupasan.

Siku dan lutut juga merupakan tempat di mana psoriasis --penyakit kulit yang mengerisik, kering, mungkin di seluruh tubuh (tetapi yang terbanyak di lengan dan tungkai, terutama di siku dan lutut)-- cenderung muncul untuk pertama kali.

Psoriasis dapat menyebabkan penumpukan sel kulit mati, tebal, merah, bersisik.

"Jika Anda memiliki siku dan lutut yang kering dan hitam, pastikan untuk melembabkannya secara teratur agar membantu elastisitas kulit," Dr. Zeichner menyarankan.

"Bahan-bahan seperti petrolatum, dapat membentuk 'perisai' pelindung di atas kulit dan membantu menjaga hidrasi. Generasi terbaru dari produk perawatan kulit menawarkan hidrasi kulit berkualitas tinggi dengan penyerapan cepat --mereka tidak berminyak atau berat."

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

6 Cara Alami Bikin Lutut Kaki Halus dan Cerah

Siku Tangan
Perbesar
Ilustrasi Foto Siku Tangan (iStockphoto)

Bagi Anda yang ingin mencerahkan lutut dan siku, serta membuatnya tetap halus, berikut beberapa cara alami yang bisa dilakukan di rumah.

1. Lemon

Oleskan jus lemon pada lutut yang gelap dua kali sehari. Anda dapat mencelupkan kapas dalam jus lemon dan mengaplikasikannya pada lutut. Biarkan selama 15 sampai 20 menit dan kemudian bilas.

Selain itu, Anda juga dapat langsung mengaplikasikan kulit lemon dan menggosokkannya pada lutut selama 4 sampai 5 menit. Pastikan Anda tidak menggunakan pelembab sebelum atau setelah menerapkan kulit lemon ini.

Hal ini dilakukan agar lemon langsung menyerap ke kulit dengan sempurna.

2. Minyak Kelapa

Oleskan minyak kelapa kemudian pijat bagian siku dan lutut kaki yang gelap. Diamkan selama 5 hingga 8 menit kemudian bilas hingga bersih.

Anda juga dapat mencampur minyak kelapa dengan beberapa tetes jus lemon dan lihat perubahan warna lutut Anda setelah rutin melakukan perawatan ini.

3. Yoghurt dan Cuka

Cara lainnya untuk membuat lutut semakin cerah, Anda dapat mencampurkan yoghurt dengan beberapa tetes cuka. Cara ini merupakan yang paling ampuh untuk mendapatkan lutut putih secara alami.

4. Gula dan Soda Kue

Campur gula dengan soda kue dan menerapkannya pada siku dan lutut yang gelap. Scrubing bagian bayangan hitam ini selama 3-4 menit kemudian biarkan selama 10 sampai 15 menit. Setelah itu bilas dan gunakan losion tubuh untuk melembabkannya.

5. Yoghurt dan Lemon

Pijat lutut gelap Anda dengan yoghurt yang dicampurkan dengan jus lemon selama 10 menit. Kemudian bilas dengan susu selanjutnya bilas dengan air untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

6. Minyak Zaitun dan Garam

Campurkan minyak zaitun dengan garam dan gosokkan pada lutut yang gelap selama 5 hingga 8 menit. Hal ini membantu Anda mendapatkan lutut putih dan halus.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya