Sukses

Pesawat Lion Air JT 610 Jatuh, Boeing Nyatakan Berduka dan Siap Bantu Penyelidikan

Merespons kabar kecelakaan nahas Lion Air JT 610, pihak Boeing segera memberikan tanggapan melalui laman resminya.

Liputan6.com, Jakarta - Pihak Boeing, selaku produsen pesawat maskapai Lion Air Penerbangan JT 610 yang jatuh di Teluk Karawang pada Senin 29 Agustus 2018, mengeluarkan pernyataan lengkap seputar insiden nahas tersebut.

Sebelumnya, pesawat itu -- yang membawa 178 penumpang dewasa, 1 penumpang anak-anak dan 2 bayi, juga 2 pilot dan 5 pramugari-- dilaporkan hilang kontak setelah lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta sekitar pukul 06.00 WIB.

Kecelakaan itu cukup mengejutkan karena, pesawat terbang tersebut merupakan salah satu keluaran terbaru Boeing, tipe Boeing 737 MAX 8 registrasi PK-LQP.

Merespons kabar bahwa salah satu produk terbarunya mengalami kecelakaan nahas, pihak Boeing segera memberikan tanggapan melalui laman resminya:

"Kementerian Perhubungan Indonesia telah mengonfirmasi bahwa mereka menemukan lokasi puing dari Lion Air Penerbangan JT 610, sebuah (Boeing tipe) 737 MAX 8 yang berangkat dari Jakarta ke Pangkal Pinang," demikian seperti dikutip dari laman resmi Boeing, Senin (29/10/2018).

"The Boeing Company sangat berduka atas kecelakaan JT 610. Kami turut berduka kepada mereka yang ikut dalam penerbangan, juga bersimpati kepada para keluarga dan yang tercinta (dari para korban)."

"Boeing bersiap untuk memberikan bantuan teknis untuk penyelidikan kecelakaan. Selaras dengan protokol internasional, seluruh penyelidikan tentang kecelakaan aviasi, harus dilaksanakan di bawah wewenang Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT)."

Pesawat Boeing 737 MAX 8 pertama kali diperkenalkan ke publik oleh Lion Air Group pada 2017 silam, setelah dikirim langsung dari Boeing Company yang berbasis di Seattle, Amerika Serikat.

Pihak Lion Air Group, dalam postingan di Twitter resminya tertanggal 3 Juli 2017, pernah mengunggah kedatangan pertama pesawat Boeing 737 MAX 8.

Pihak Lion Air sendiri diketahui memesan total 218 unit Boeing 737 MAX 8. Pesawat itu melayani penerbangan Arab Saudi, Korea, China, dan seluruh rute domestik.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jatuh di Teluk Karawang

Tim perespons Basarnas di perairan Teluk Karawang telah menemukan puing yang diduga berasal dari pesawat penerbangan Lion Air JT 610 tersebut.

Dalam laporannya, Flight Radar 24 menjelaskan, "Data awal menunjukkan adanya peningkatan kecepatan dan penurunan altitudo pada transmisi akhir." Mengindikasikan, pesawat itu jatuh menukik.

Belum ada penjelasan resmi dari otoritas Indonesia terkait penyebab jatuhnya pesawat itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.