Sukses

Gempa Magnitudo 5,7 Taiwan Bikin Gedung di Taipei Bergoyang

Seorang saksi mengatakan gempa bermagnitudo 5,7 itu juga membuat gedung-gedung di Taipei bergoyang.

Liputan6.com, Taipei - Gempa bumi mengguncang Taiwan pada Selasa 23 Oktober 2018 waktu setempat. Getarannya sangat terasa di ibu kota Taipei.

Gempa bumi, yang melanda wilayah sejauh 104 km di lepas pantai kota Hualien, berkekuatan magnitudo 5,7 menurut hitungan Survei Geologi AS. Sementara Biro Cuaca Taiwan  mengatakan gempa itu bermagnitudo 6.

"Tidak ada laporan kerusakan saat ini," kata biro itu seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (23/10/2018).

Seorang saksi mengatakan gempa juga membuat gedung-gedung di Taipei bergoyang. Kendati demikian belum ada detail lebih rinci terkait gempa yang berpusat pada kedalaman 31 km.

Taiwan sejatinya terletak di dekat persimpangan dua lempeng tektonik, oleh sebab itu pulau tersebut rentan terhadap gempa bumi.

Pada bulan Februari, wilayah Hualien juga diguncang gempa berkekuatan magnitudo 6,4 yang menewaskan 17 orang. Lindu itu bahkan menyebabkan beberapa bangunan runtuh sebagian, termasuk landmark lokal Marshal Hotel.

Gempa terburuk di Taiwan dalam beberapa dekade terakhir adalah lindu bermagnitudo 7,6 pada September 1999 yang menewaskan sekitar 2.400 orang.

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.