Geger Black Panther Berkeliaran di Skotlandia, Ternyata...

Oleh Rizki Akbar Hasan pada 22 Okt 2018, 18:01 WIB
Diperbarui 23 Okt 2018, 14:13 WIB
Penampakan diduga black panther atau macan kumbang hitam di dua desa Skotalandia pada pekan lalu. (sumber: Facebook / Kepolisian Divisi Ayrshire)

Liputan6.com, Edinburgh - Publik Skotlandia sempat dibuat geger oleh sejumlah laporan visual tentang dugaan penampakan black panther atau macan kumbang hitam (Panthera onca atau Panthera pardus berpigmen hitam) yang berkeliaran di beberapa daerah negara itu.

Namun kini, apa yang awalnya memicu kekhawatiran, ternyata hanyalah hoaks.

Awal Mula

Sebelumnya pada 17 Oktober 2018, Kepolisian Divisi Ayrshire mengimbau via Facebook kepada penduduk di Desa Drongan dan Desa Coalhall "untuk waspada setelah polisi menerima sebuah laporan penampakan yang diyakini sebagai macan kumbang hitam di ladang dekat B730 antara dua desa.

"Daerah itu populer dengan pejalan kaki yang membawa anjing, jadi, Anda harus hati-hati dan jika ada yang melihat hewan, kami meminta Anda untuk tidak mendekatinya," kata polisi memperingatkan.

Bahkan sebuah helikopter dikerahkan untuk membantu pencarian hewan yang diduga macan kumbang hitam itu, yang pertama kali dilaporkan oleh setidaknya satu anggota masyarakat, menurut BBC.

Tetapi kemudian, organisasi kesejahteraan hewan The Scottish Society for the Prevention of Cruelty to Animals (SPCA Skotlandia) mengatakan kepada BBC bahwa foto yang beredar ternyata hanya menunjukkan "kucing besar," demikian seperti dikutip dari The New York Post, Senin (22/10/2018).

"Kami tidak memiliki laporan penampakan macan kumbang hitam di Ayrshire," kata Kepala Deputi SPCA Skotlandia Tom Gatherer.

Sementara itu, dalam sebuah imbauan terbaru pada 19 Oktober, Kepolisian Divisi Ayrshire mengatakan, "Petugas yang telah menyelidiki sejumlah penampakan di ladang dekat B730 telah berhubungan dengan seorang ahli kucing besar yang tidak percaya bahwa itu adalah macan kumbang hitam."

"Namun, kami belum dapat memastikan apa jenis hewan itu. Penduduk setempat tetap diimbau untuk menjauhi hewan tersebut," kata Kepolisian.

Satu-satunya spesies kucing besar asli daerah itu adalah 'kucing liar Skotlandia' atau Scottish wildcat (Felis silvestris grampia).

Rata-rata bobot tubuh kucing itu hanya berkisar 7-10 kg. Sementara macan kumbang hitam mampu mencapai bobot 90-100 kg.

Ternyata Hoaks...

Ternyata, penampakan macan kumbang seperti foto di atas adalah sebuah hoaks yang diciptakan oleh pemuda lokal.

Pemuda iseng itu menyebabkan panik setelah menciptakan black panther dari logam dan menempelkannya di lapangan terdekat.

Robbie Brown, 18, membuat kucing besar dengan menggunakan lempengan besi yang dipotong menyerupai tampak samping seekor macan kumbang hitam. Ia menempelkannya di lapangan terdekat, memfotonya dari kejauhan, dan mempostingnya di media sosial.

Postingan Brown mendapat banyak share setelah penduduk setempat percaya itu adalah macan kumbang asli. Satu pengguna media sosial bahkan menelepon polisi untuk melaporkan penampakan, mengawali imbauan yang kemudian dirilis oleh Kepolisian Divisi Ayrshire.

Sumber-sumber polisi pun juga menegaskan bahwa mereka memiliki satu panggilan dari seorang anggota masyarakat tentang kabar hoaks tersebut.

Robbie, dari Sinclairston, desa dekat tempat binatang itu dilaporkan terlihat, berkata: "Saya melakukannya untuk kelakar," demikian seperti dikutip dari The Sun.

"Semua orang berbicara tentang penampakan panther jadi saya menghabiskan sepuluh menit membuat satu tiruan dari logam."

"Itu mendapat reaksi gila di Facebook, dan beberapa orang berpikir itu nyata."

"Yang lain menyadari itu palsu karena ekornya berada di posisi yang sama di setiap gambar. Itu adalah lelucon yang bagus," kata Robbie.

 

Simak video pilihan berikut:

2 dari 2 halaman

Respons Warga: Avengers?

Kilas Indonesia: Macam Kumbang Masuk Pemukiman Warga di Ciamis
Ilustrasi (File / Liputan6.com)

Alan Green, yang memiliki bisnis pelapis kain yang menghadap ke ladang di mana hewan itu dilaporkan terlihat mengatakan kepada surat kabar setempat bahwa dirinya tidak khawatir tentang dugaan macan kumbang tersebut.

"Saya tidak terlalu khawatir," tambahnya. "Ketika saya pertama kali mendengar tentang hal itu, saya pikir 'macan kumbang hitam di daerah ini?' Tapi mungkin itu mungkin benar, mungkin juga tidak."

Banyak penduduk lokal di halaman Facebook Kepolisian Divisi Ayrshire mendesak pihak berwenang untuk meninggalkan hewan itu sendirian.

"Cukup yakin mereka tidak tahu bagaimana menjaga panther," tulis Deedebs Dalry. "Tinggalkan dia! Biarkan ia liar karena ia punya hak untuk berada di alam liar, jika ia tidak menyebabkan kerusakan."

Sementara warga Skotlandia lain menanggapi dengan guyonan.

"Ada tanda-tanda anggota Avengers lain yang tampak?" kata David Jnr Johnston via Facebook, mereferensi Black Panther dan Avengers dalam serial komik Amerika Serikat, Marvel.

"Saya menolak untuk percaya bahwa Wakanda sebenarnya ada di Ayrshire," Martin Black menimpali. Wakanda yang dimaksud mereferensi wilayah asal tokoh Black Panther dalam komik Marvel.

Awal tahun ini, desas-desus tentang "macan kumbang hitam dari Sierra utara" memicu kepanikan massal di Spanyol --sampai polisi mengatakan itu mungkin hanyalah anjing hitam biasa, menurut Scottish Sun.

Sementara tahun lalu, dua macan kumbang hitam dilaporkan berada di dua tempat berbeda di Inggris. Satu di lapangan golf Yorkshire dan satu lagi di lapangan Lincolnshire.

Lanjutkan Membaca ↓