Sukses

4 Tokoh Dunia yang Berprestasi dan Disegani Ini Ternyata Lahir Prematur

Beberapa peneliti menyebut kondisi bayi prematur sangatlah membahayakan. Tapi sejumlah tokoh dunia ini membuktikan hal sebaliknya.

Liputan6.com, New York - Ketika bayi lahir lebih awal (prematur), perkembangan tubuhnya belum matang. Bayi prematur juga berisiko mengalami permasalahan kesehatan.

Beberapa peneliti menyebut jika kondisi bayi prematur sangatlah membahayakan. Salah satunya adalah gangguan kesehatan yang akan dialami oleh orok tersebut.

Namun siapa sangka, sejumlah tokoh dunia ini membuktikan hal sebaliknya. Mereka justru sukses di bidang masing-masing dan bahkan bisa mencetak prestasi, meski terlahir prematur.

Seperti dikutip dari laman Health24.com, Jumat (19/10/2018), berikut 4 tokoh dunia yang lahir prematur:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Stevie Wonder

Stevie Wonder adalah seorang penyanyi, penulis lagu, produser rekaman, dan aktivis sosial dari Amerika Serikat. Ia telah merekam lebih dari 30 hit lagu yang masuk dalam jajaran top 10, juga memenangi 21 Penghargaan Grammy (sebuah rekor untuk artis solo)

Namun siapa yang menduga, rupanya, penyanyi kelahiran tahun 1950 lahir secara prematur, enam minggu sebelum jadwal kelahiran. Ia lahir di Siginaw, Michigan, Amerika Serikat.

Pertumbuhan pembuluh darah yang terhambat di bagian belakang matanya menyebabkan retina-nya terlepas. Oksigen yang dia terima di inkubatornya memperburuk masalah, membuatnya buta.

Kendati demikian hal tersebut tak menghambat kehidupannya. Terbukti dengan karya-karyanya itu.

 

3 dari 5 halaman

2. Albert Einstein

14 Maret 1879 merupakan hari lahir Albert Einstein, seorang ilmuan yang dikenal sebagai pencetus teori relativitas.

Jika dilihat, sosok yang satu ini punya gaya khas. Rambutnya yang acak-acakan memang begitu lekat dengan dirinya.

Einstein juga dikenal banyak menyumbang gagasan bagi pengembangan mekanika kuantum dan statistika serta kosmologi. Pria kelahiran Ulm, Jerman ini memperoleh Penghargaan Nobel pada Abad ke-20 karena kejeniusnya menciptakan banyak ide brilian di bidang fisika dan matematika.

Di balik kecerdasaannya, pria kelahiran Ulm, Jerman ini ternyata lahir prematur. Bahkan sang ibu sempat khawatir akibat bentuk kepala anaknya yang tidak normal.

Sang ibu menilai jika kepala Einstein berbentuk aneh dan telalu besar. Mulanya, perkembangan Einstein sangat lambat, tetapi ternyata justru melaju cepat saat berusia sembilan tahun.

4 dari 5 halaman

3. Charles Darwin

Charles Darwin adalah seorang naturalis dan ahli geologi asal Inggris, yang dikenal karena teori evolusi-nya. Banyak orang yang meyakini bahwa ilmuwan abad ke-19 itu punya peran penting dalam menemukan frase "origin of spesies" -- atau asal-usul spesies.

Charles Darwin adalah orang yang logis dalam melakukan pendekatan terhadap isu-isu penting tentang perkawinan yang dianggapnya akan membuatnya menjadi masalah.

Ia juga disebutkan terlahir secara prematur pada tahun 1809. Meski demikian tidak dijelaskan berapa usia kandungan sang ibu saat melahirkannya.

5 dari 5 halaman

4. Napoleon Bonaparte

Napoleon adalah ahli strategi militer terbaik sepanjang sejarah. Karier militernya menanjak pesat setelah dia berhasil menumpas kerusuhan yang dimotori kaum pendukung royalis dengan cara yang sangat mengejutkan.

Ia juga dikenal karena tembakan meriam di kota Paris dari atas menara. Peristiwa itu terjadi tahun 1795 saat Napoleon berusia 26 tahun.

Namun siapa sangka, pria yang sangat disegani pada masanya itu juga lahir prematur. Ia lahir pada tahun 1830 di Pulau Corsica.

Tak hanya lahir prematur, pemimpin dunia yang terkenal namanya ini juga tak memiliki tinggi badan seperti pria Eropa lainnya.

Tinggi badannya di bawah rata-rata. Hanya sekitar 1,67 meter atau 167 sentimeter -- dapat dibilang pendek dibanding tinggi badan orang Eropa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.