Sukses

Pembuluh Darah Terlihat Menonjol di Tangan Anda? Ini 5 Alasan Ilmiahnya...

Berikut alasan pembuluh balik atau vena kerap terlihat di permukaan kulit manusia:

Liputan6.com, Jakarta - Tubuh manusia, selain terdiri dari sel, juga disusun atas darah. Darah yang dialirkan di dalam organ diangkut oleh tiga pembuluh darah, yakni arteri, kapiler dan vena.

Arteri berfungsi membawa darah dari jantung. Kapiler bertugas sebagai tempat pertukaran air dan bahan kimia antara darah dan jaringan. Vena adalah yang membawa darah dari kapiler kembali ke jantung.

Namun di antara ketiga, pembuluh darah tersebut, yang paling sering terlihat menonjol di permukaan kulit manusia adalah vena atau pembuluh balik, umumnya tampak di telapak tangan bagian atas dan berwarna hijau atau kebiru-biruan.

Darah yang diangkut vena, adalah darah yang banyak mengandung karbon dioksida sehingga minim oksigen.

Sementara itu, vena yang menonjol kadang-kadang dapat memberitahu manusia tentang masalah kesehatan tertentu. Tetapi dalam banyak kasus, pembuluh ini mempunyai penyebab alami yang tidak berbahaya bagi kesehatan seseorang.

Lalu , apa yang menyebabkan vena kerap terlihat menonjol di dekat permukaan kulit manusia? Berikut 5 alasannya, seperti dilansir dari Bright Side, Kamis (18/10/2018).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Wajar untuk Jenis Kulit Tertentu

Spesialis vena mengatakan, orang dengan kulit yang cerah lebih cenderung memiliki pembuluh balik yang terlihat daripada mereka yang memiliki warna kulit lebih gelap.

Faktor usia juga bisa menjadi alasan. Seiring bertambahnya umur, lapisan lemak di bawah kulit akan menjadi lebih tipis. Inilah sebabnya, sebagian besar orang tua, venanya kerap terlihat jelas dan menonjol di tangan, kaki, serta bagian tubuh lainnya.

Selain itu, beberapa urat nadi manusia terletak lebih dekat dengan permukaan kulit mereka.

3 dari 6 halaman

2. Lebih Menonjol Setelah Berolahraga

Vena yang menonjol setelah latihan atau gym adalah sesuatu yang normal. Ketika Anda berolahraga, otot-otot Anda bekerja, mereka membengkak dan mendorong pembuluh darah Anda ke permukaan kulit, sehingga terlihat.

Setelah berolahraga, otot-otot Anda menarik kembali dan pembuluh darah Anda menjadi kurang terlihat.

His palms are sweaty, knees weak, arms spaghetti.
4 dari 6 halaman

3. Muncul Saat Hamil

Vena yang terlihat menonjol dengan jelas di tangan adalah masalah yang umunya dihadapi oleh banyak wanita hamil dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Volume darah perempuan yang sedang mengandung akan naik daripada mereka yang tidak hamil, dan pembuluh darahnya berusaha mengimbangi peningkatan jumlah darah.

Jaringan pembuluh bekerja lebih aktif karena mengangkut peningkatan volume darah di sekitar tubuh wanita untuk menyehatkan janin.

Tak perlu khawatir, semua ini akan normal kembali setelah bayi lahir.

5 dari 6 halaman

4. Lemak Tubuh Rendah Membuat Vena Lebih Menonjol

Lemak tubuh yang rendah juga bisa menjadi alasan, mengapa pembuluh balik Anda terlihat.

Orang kurus memiliki lapisan lemak tipis di bawah kulit. Lapisan lemak tipis ini tidak dapat sepenuhnya menutupi vena, sehingga membuatnya lebih menonjol.

6 dari 6 halaman

5. Kasus yang Membutuhkan Dokter

Dalam banyak kasus terkait vena yang menonjol, meski kerap disebut normal dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan, namun jika muncul vena yang disertai dengan gejala lain seperti nyeri dada, sesak nafas, bisul di dekat vena, atau area tersebut membengkak, maka Anda harus mengunjungi dokter.

Gejala-gejala ini mungkin disebabkan oleh masalah kesehatan seperti varises, tromboflebitis, dan penyakit vena lainnya. Ingat, ini tidak boleh diabaikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.