Sukses

5 Hal Buruk yang Akan Menimpa Manusia Jika Lebah Punah

Pernahkah Anda membayangkan apa jadinya jika lebah punah atau tidak ada lagi di dunia? Sejumlah hal ini akan terjadi jika itu benar-benar kejadian.

Liputan6.com, Jakarta - Lebah adalah salah satu mahkluk hidup yang tergolong sebagai hewan menguntungkan di dunia. Sebab, ada banyak hal yang diperbuat oleh lebah untuk manusia.

Mulai dari menghasilkan madu, hal yang sangat baik untuk kesehatan manusia. Namun, pernahkah Anda membayangkan apa jadinya jika lebah punah atau tidak ada lagi di dunia?

Kekhawatiran ini tentu bisa saja terjadi. Apabila lebah benar-benar punah, maka akan ada sesuatu yang mengancam manusia.

Seperti dikutip dari laman Toptenz, Rabu (17/10/2018), berikut 5 hal yang terjadi jika lebah punah:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Hilangnya Pasokan Madu

Jelas, jika lebah punah maka madu akan menghilang dari muka Bumi. Padahal, manusia telah memanen madu sejak 9.000 tahun silam.

Tak hanya menghasilkan madu, lebah juga akan menghasilkan lilin dan berguna bagi manusia. Madu sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Bukan itu saja, madu juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Banyak produk kecantikan yang menggunakan madu sebagai bahan dasar.

Madu bisa mengobati luka bakar dan kerap ditemukan dalam balsem. Mampu melegakan tenggorokan dan menyehatkan tubuh.

Jika madu hilang, maka manusia akan kehilangan satu bahan yang bisa jadi obat baik bagi tubuh.

3 dari 6 halaman

2. Banyak Sayuran dan Buah yang Gagal Panen

Selain menghasilkan madu, lebah juga memainkan peran penting dalam ekosistem dunia.

Menurut sebuah laporan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dari 100 spesies tanaman yang menyediakan 90 persen pasokan makanan dunia, lebih dari 70 persen-nya diserbuki oleh lebah.

Menurut BBC, separuh dari semua makanan di toko kelontong akan hilang jika lebah punah. Ini termasuk makanan sehari-hari seperti almond, apel, alpukat, kacang mete, blueberry, anggur, persik, paprika, stroberi, jeruk, walnut, semangka.

Tentu saja, hilangnya makanan-makanan ini akan memiliki konsekuensi yang jauh dan sekedar mengerikan.

 

4 dari 6 halaman

3. Penyerbukan Oleh Manusia

Satu hal yang mungkin dapat kita lakukan untuk menyelamatkan beberapa tanaman jika tak ada lebah yaitu dengan penyerbukan lewat bantuan manusia.

Hal ini sudah dilakukan di China. Tetapi, jangkauan manusia tidak sesempurna lebah. Para pakerja harus melakukan penyerbukan pada setiap bagian bunga yang jumlahnya ribuan.

Jika lebah benar-benar mati, manusia dapat menggunakan metode ini untuk menyerbuki beberapa buah dan sayuran, tetapi itu hanya akan dilakukan pada tanaman tertentu.

5 dari 6 halaman

4. Kapas Akan Gagal Panen

Lebah tidak hanya melakukan penyerbukan pada tanaman yang menghasilkan buah saja, tetapi juga tumbuhan lain seperti pohon kapas.

Seperti yang kita tahu bahwa kapas adalah bahan pembuatan pakaian. Lalu, dapatkah Anda membayangkan jika tidak ada kapas di dunia ini?

Hal itu hanya akan terjadi jika lebah tidak ada lagi di dunia.

 

6 dari 6 halaman

5. Produk Susu Akan Menghilang

Produk susu Akan menghilang, bagaimana bisa?

Masalah tambahan yang akan dihadapi manusia di dunia tanpa lebah berasal dari fakta bahwa kita bukanlah satu-satunya yang makan tanaman yang diserbuki oleh mereka.

Konsumen utama lainnya adalah sapi perah. Mereka membutuhkan sekitar 100 pon makanan setiap hari.

Sebagian besar dari apa yang mereka makan, seperti alfalfa hay, perlu diserbuki oleh lebah. Tanpa alfalfa, tidak akan ada cukup makanan untuk sapi perah.

Itu berarti hal-hal seperti mentega, susu, dan keju akan hilang begitu saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.