Sukses

Badai Leslie Hantam Portugal, 27 Orang Luka dan 1.000 Pohon Tumbang

Badai Leslie dilaporkan menghantam sebagian Portugal pada akhir pekan lalu, menyebabkan sekitar 1.000 pohon tumbang dan 27 orang terluka.

Liputan6.com, Lisabon - Angin kencang serupa topan dilaporkan menghantam wilayah tengah dan utara Portugal pada Sabtu, 13 Oktober 2018 malam waktu setempat. Badai ini menyebabkan lebih dari 300 ribu rumah terputus aliran listrik.

Badai Leslie memicu embusan angin dengan kecepatan 176 kilometer per jam, yang menyebabkan banjir lokal, sekitar seribu pohon tumbang, dan 27 orang terluka.

Dikutip dari BBC, Senin (15/10/2018), terjangan Badai Leslie juga membuat operasional sarana transportasi terganggu, termasuk pembatalan sejumlah jadwal penerbangan hingga Minggu, 14 Oktober pagi.

Disebut sebagai salah satu badai terkuat yang pernah melanda Portugal, kini Leslie mengarah ke wilayah Spanyol utara.

Beberapa daerah yang terkena dampak badai paling parah di Portugal adalah ibu kota Lisabon, deretan distrik di wilayah utara, seperti Coimbra, Leiria, Aveiro, Viseu, dan Porto.

Sekitar 1.000 pohon yang tumbang menyebabkan beberapa jalan raya ditutup sementara, termasuk Rpute A1 yang merupakan jalur lintas darat nasional.

Sebanyak 1.900 laporan kecelakaan kecil masuk ke layanan darurat setempat, meskipun komandan pertahanan sipil Luis Belo Costa mengatakan "bahaya terbesar telah berlalu".

Ratusan orang kini tinggal di pengungsian yang dibuka di sebuah pusat seni di Figueira da Foz. Badai dinyatakan melemah pada Minggu petang.

Seorang penduduk kota mengatakan kepada televisi SIC: "Saya belum pernah melihat (badai) yang seperti ini, Kota itu tampaknya sedang dalam keadaan perang, dengan mobil-mobil hancur oleh pohon-pohon tumbang. Orang-orang sangat khawatir."

 

Simak video pilihan berikut: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jarang Terjadi Badai di Semenanjung Iberia

Sangat jarang terjadi badai Atlantik yang mencapai semenanjung Iberia, di mana sejauh ini hanya tercatat lima kejadian seperti itu.

Badai Leslie terbentuk pada 23 September, tetapi diturunkan statusnya ke badai tropis sebelum melakukan pendaratan, yang tetap mengembuskan angin kencang.

Badan Meteorologi Spanyol (Amet) mengatakan Leslie bergerak ke timur laut melalui Semenanjung Iberia, dengan kecepatan hampir 100 kilometer per jam terekam di dekat kota Zamora pada Minggu.

Amet mengatakan di hari yang sama, area besar Asturias, Castille dan León dan Cantabria juga terpengaruh badai hingga petang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.