Sukses

5 Rempah Asli Indonesia yang Terbukti Ampuh Turunkan Berat Badan

Siapa sangka ternyata lima rempah asli Indonesia ini mampu membantu turukan berat badan secara lebih efektif.

Liputan6.com, Jakarta - Jika menu terbaik untuk menurunkan berat badan tidak lebih dari daging ayam tanpa lemak dan nasi merah, maka Anda melewatkan bahan-bahan berkualitas serupa yang banyak ditemukan di Indonesia: bumbu rempah-rempah.

Selain memperkaya rasa, rempah-rempah juga bermanfaat mengontrol asupan kalori, gula, dan sodium, dalam upaya menurunkan berat badan.

Dikutip dari Prevention.com pada Minggu (14/10/2018), beberapa penelitian menunjukkan bahwa jika Anda tidak suka dengan rasa dari apa yang dimakan, maka tubuh cenderung tidak akan mengikuti pola diet apa pun, tidak peduli seberapa disiplin melakukannya.

Bumbu rempah-rempah menambahkan sejumlah rasa yang signifikan pada makanan, sekaligus meningkatkan dorongan penguat metabolisme tubuh. Hal ini, pada akhrinya, akan berkaitan langsung dengan upaya pembakaran lemak secara alami.

Jika rutin menambahkan dalam menu makanan yang Anda santap, maka impian menurunkan berat badan pun dapat terlaksana dengan baik.

Berikut adalah lima rempah-rempah asli Indonesia untuk mengefektfikan proses pembakaran lemak di dalam tubuh, seperti dikutip dari Prevention.com.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kunyit

Bumbu rempah berwarna kuning cerah ini dapat membantu tubuh membakar lemak secara lebih efektif. Menurut sebuah studi pada tahun 2009 oleh Tufts University, ditemukan fakta bahwa tikus yang diberi curcumin --bahan aktif dalam kunyit-- kehilangan lebih banyak lemak daripada mereka yang melakukan diet tanpa zat itu.

Temuan itu juga menyebut bahwa kunyit meningkatkan panas tubuh, yang pada gilirannya, dapat meningkatkan metabolisme. Rempah kuning ini juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan lainnya, seperti membantu melawan penyakit Alzheimer hingga menjaga hormon kesuburan.

3 dari 6 halaman

2. Cabai Merah Keriting

Anda tentu pernah merasa kepedasan ketika mengonsumsi rempah ini dalam jumlah banyak. Selain lidah yang 'kepananasan', biasanya rasa pedas juga memicu keringat berlebih, yang menandakan suhu tubuh meningkat. Dilihat dari sudut pandang kesehatan, meningkatnya suhu tubuh berarti membantu membakar hingga 100 kalori per saji makanan.

Hal ini setidaknya pernah teruji secara klinis melalui penelitian yang dilakukan oleh Lauren Minchen, ahli pencernaan dari University of Iowa.

4 dari 6 halaman

3. Kayu Manis

Rempah-rempah klasik ini telah terbukti mampu seimbangkan kadar gula dalam darah, sekaligus membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Ini penting untuk mempertahankan pola makan sehat yang sedang Anda jalankan. Kenyang lebih lama akan melatih otak Anda untuk menolak makan berlebih, dan secara tidak langsung juga mendorong terciptanya kebiasaan makan perlahan yang baik bagi pencernaan.

Lebih dari itu, kayu manis juga dikenal mampu menambah sedap cita rasa aneka kudapan, melembutkan serat daging, dan menjaga kualitas rasa dari bahan pangan hewani.

5 dari 6 halaman

4. Bawang Putih

Mungkin bahan rempah ini bisa menyebabkan nafas bau, namun faktanya secara ilmu pengetahuan, bawang putih diketahui mampu membantu tubuh membakar lemak lebih baik. Penelitian terkait membuktikan bahwa tikus yang diberikan pola makan berisi bawang putih, kehilangan berat badan lebih banyak dalam waktu tujuh minggu, dibandingkan hewan pengerat lainnya yang diujicoba tanpa bumbu ini.

Meskipun hasilnya belum terbukti pada manusia, tidak ada salahnya menambahkan lebih banyak bawang putih ke makanan Anda.

6 dari 6 halaman

5. Jintan

Menambahkan jintan sebanyak satu sendok teh ke dalam salah satu masakan Anda, diketahui dapat membantu Anda membakar hingga tiga kali lebih banyak lemak tubuh, menurut sebuah studi baru-baru ini, yang dilakukan pada wanita dengan kelebihan berat badan. Itu berita bagus, terutama karena jintan sangat universal, bagus untuk menguatkan rasa ke hampir semua makanan.

Jintan juga mudah diaplikasikan ke dalam banyak menu, terutama untuk memperkuat rasa dan aroma pada sup, tumisan, dan olahan daging merah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.